Waktu/Timing yang Paling Tepat untuk Melakukan Proses Recruitment

 Agar bisa mendapatkan kandidat karyawan terbaik untuk suatu perusahaan, maka Anda membutuhkan waktu yang tepat. Untuk bisa memaksimalkan kinerja tersebut, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan bantuan platform hiring terbaik saat ini. 

Waktu yang Tepat untuk Merekrut Kandidat Karyawan Perusahaan 

Sebagai seorang HRD yang juga ingin berkontribusi bagi kemajuan suatu perusahaan, maka harus mengupayakan berbagai cara demi menemukan kandidat karyawan terbaik. Salah satunya dalam rangka menggunakan waktu yang tepat ketika melakukan proses penerimaan tersebut. Misalnya:

1. Ketika Karyawan Kewalahan dengan Tugas-Tugas 

Salah satu timing terbaik untuk dapat merekrut karyawan ialah ketika karyawan perusahaan kewalahan dengan tugas-tugas yang diberikan. Sebagai HRD, Anda harus jeli apakah karyawan di perusahaan mampu menghandle tugas-tugas tersebut atau justru terlalu overload.

Perhatikan dengan baik apakah mereka mampu melakukan manajemen waktu dengan baik atau justru terasa sangat dibebani dengan tugas-tugas yang diberikan. Apabila Anda melihat mereka kewalahan, maka berarti Anda perlu merekrut karyawan baru. 

2. Ketika Perusahaan Mulai Mengembangkan Bisnis

Timing terbaik berikutnya yang menjadi masa paling ideal untuk merekrut karyawan adalah saat perusahaan mulai mengembangkan suatu bisnis. Tentunya ketika ingin melebarkan sayap bisnis, perusahaan membutuhkan SDM yang berkualitas. 

Lagipula, siapa yang tidak ingin mempunyai bisnis yang jauh lebih bagus daripada sebelumnya? Maka dari itu, penting sekali untuk membuka lowongan pekerjaan baru untuk mengisi posisi-posisi yang dibutuhkan perusahaan. 

3. Saat Karyawan Lama Kurang Kompeten 

Sebagai HRD, Anda juga harus objektif. Apabila ada karyawan yang terlihat kurang kompeten menangani tugas-tugasnya, maka sebaiknya bersiaplah untuk menemukan kandidat baru. Tentunya jika karyawan lama kurang produktif, hal tersebut akan mengganggu keberlangsungan perusahaan.

Jika hal tersebut terjadi, maka Anda harus segera menemukan kandidat baru yang tentunya sesuai dengan kualifikasi posisi pekerjaan tersebut. Anda perlu merekrut karyawan baru yang baik, tepat sasaran dan pastinya tidak akan membuang waktu percuma. 

4. Saat Karyawan Lama Resign 

Ketika ada karyawan lama yang mengundurkan diri dari posisi pekerjaan tersebut, maka Anda perlu segera menemukan karyawan baru. Jangan sampai posisi tersebut kosong terlalu lama. Anda harus segera menyiapkan penggantinya yang sesuai dengan kriteria perusahaan. 

Apalagi jika posisi kosong tersebut sangat krusial seperti purchasing, manager maupun accounting. Apabila dibiarkan terlalu lama kosong, takutnya hal tersebut akan sangat mengganggu kelancaran kinerja karyawan lainnya di perusahaan. 

5. Ketika Karyawan Dimutasi 

Selain pengunduran diri secara pribadi yang dilakukan oleh karyawan lama, mutasi juga bisa menjadi alasan bagi Anda untuk segera menemukan karyawan baru. Misalnya, perusahaan membuka cabang baru di kota lain sehingga membutuhkan tenaga ahli untuk mengembangkan cabang tersebut. 

Kemudian, daripada memilih karyawan baru tentu ada baiknya untuk memutasi karyawan lama kesana. Dalam hal ini Anda bisa langsung membuka proses penerimaan karyawan di perusahaan dengan memperhatikan segala hal yang menjadi kriteria posisi tersebut. 


Cara Paling Efektif Merekrut Karyawan Baru 

Merekrut karyawan baru tentu tidak semudah yang dibayangkan. Hampir selalu ada kendala ketika proses penerimaan karyawan berlangsung. Jika sudah begini, maka sebaiknya cobalah menemukan software maupun tools berteknologi mutakhir yang bisa membantu Anda. 

Salah satunya adalah Shortlyst. Lewat AI recruitment software ini Anda bisa dengan mudahnya mengakses profil karyawan yang sesuai dengan kriteria perusahaan Anda. Di samping itu, Shortlyst juga dibekali dengan kemampuan terbaik yang mampu mengkoneksikan Anda ke banyak platform. 

Dengan kata lain, kini Anda bisa merekrut karyawan secara mudah dan praktis menggunakan Shortlyst. Kecerdasan buatan manusia ini pastinya mampu menemukan kandidat kompeten sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 




Support Blog ini dengan berkunjung dan berbelanja online di situs www.lapakdigital.web.id klik disini Informasi Produk Digital, produk rumahan, peluang usaha online



Comments

Popular posts from this blog

Alasan Motivasi dan Manfaat Mengikuti Ekstrakurikuler PMR di Sekolah

12 Ide Usaha Jualan Dengan Menggunakan Motor Roda Tiga Viar

12 Modifikasi Motor Roda Tiga Untuk Usaha