Mengembangkan Bisnis UMKM dengan Dapur Bersama

Pada masa pandemi saat ini tidak heran banyak yang harus bisa mencari peluang yang baik. Contohnya pengusaha UMKM, baik yang baru mau memulai maupun yang sudah lama harus bisa mencari cara untuk bisa bangkit dan bertahan. Dapur bersama/cloud kitchen/ghost kitchen adalah salah satu cara untuk UMKM makanan untuk bisa berkembang.

Bagi pengusaha yang ingin mengembangkan bisnisnya, model bisnis ini bisa menjadi salah satu pilihan yang baik. Tapi masih banyak yang belum paham akan hal model bisnis ini, apa sih sebenarnya dapur bersama atau cloud kitchen tersebut? Untuk mengetahui tentang hal tersebut dibawah ini dapat kamu simak penjelasannya nih:

1. Kitchen

Cloud kitchen atau dapur bersama adalah model bisnis yang berhubungan dengan industri makanan dan minuman. Menyediakan fasilitas seperti dapur untuk produksi, pemasaran produk tersebut dan terkadang juga menyediakan pekerja atau staff untuk pengoperasian usaha. Platform ini tentu saja bisa memudahkan dan juga memangkas pengeluaran karena tidak perlu menyediakan tempat.

Model bisnis ini sangat berhubungan dengan online atau internet, karena kebanyakan pemasaran yang dibuat adalah untuk takeout atau delivery. Aktivitas yang saat ini sangat bergantung pada internet menjadi salah satu dorongan yang membuat para milenial dengan mudah menemukan apa yang dicari termasuk makanan dan minuman. 

2. Trend

Trend teknologi yang makin berkembang pesat secara tidak langsung juga mendorong kita untuk bisa beradaptasi dengan hal tersebut. Saat ini masyarakat lebih sering memesan makanan untuk dimakan dirumah atau ditempat kerja agar lebih efektif dengan tidak menghabiskan waktu diperjalanan dan mengantri. 

Teknologi yang diciptakan untuk mempermudah manusia juga bisa diaplikasikan kendala hal tersebut. Melalui gadget masyarakat dapat dengan mudah mencari makanan yang diinginkan kemudian memesan dengan jasa delivery atau langsung ke restaurant yang kemudian akan dikirim ke pemesan. Sangat mudah bukan untuk saat ini?

3. Pemasaran

Teknologi dan pemasaran yang berkolaborasi akan menghasilkan sesuatu yang baik dan luar biasa. Pemasaran melalui teknik digital akan sangat membantu pengusaha untuk lebih dikenal dari segi produk maupun brandnya. Hal ini sangat baik mengingat hal tersebut harus dilakukan dengan strategi dan usaha yang baik pula.

Cloud kitchen biasanya menyediakan pemasaran yang dapat mereka kelola, sehingga bagi pengusaha dapat dengan tenang menyediakan produk makanan yang baik dan berkualitas kepada pelanggan yang telah memesan melalui platform tersebut. 

4. Service atau Pelayanan

Jasa yang diberikan kepada konsumen harus memiliki nilai lebih, seperti pengantaran yang baik dan cepat atau penggunaan platform yang mudah bagi banyak pengguna. Tidak hanya produk makanan yang harus baik, service yang diberikan juga memerlukan hal yang krusial dalam penggunaan model bisnis ini karena tidak bisa mengatasi konsumen secara langsung. 

Selain itu, extra service juga bisa ditawarkan kepada konsumen seperti diskon, packaging yang menarik, catatan yang menarik dan lain sebagainya. Hal ini dapat menjadi nilai tambah bagi pengusaha dari konsumen yang menyukainya walaupun tidak secara langsung dikatakan. Hasil akhir yang diharapkan dari hal tersebut adalah loyalitas. 

Salah satu platform dapur bersama atau cloud kitchen dapat juga kamu kunjungi di everplate.co.id untuk lebih memahami jasa tersebut. Peluang yang ditawarkan model bisnis ini sangat menarik karena hemat biaya dan juga tempat sehingga siapapun bisa memulainya. Apakah Anda juga tertarik untuk bergabung dalam bisnis ini?




Support Blog ini dengan berkunjung dan berbelanja online di situs www.lapakdigital.web.id klik disini Informasi Produk Digital, produk rumahan, peluang usaha online



Comments

Popular posts from this blog

Alasan Motivasi dan Manfaat Mengikuti Ekstrakurikuler PMR di Sekolah

12 Ide Usaha Jualan Dengan Menggunakan Motor Roda Tiga Viar

12 Modifikasi Motor Roda Tiga Untuk Usaha