Cara Cerdas Ambil Pinjaman Dana Cepat Secara Online

Cara Cerdas Ambil Pinjaman Dana Cepat Secara Online
Cara Cerdas Ambil Pinjaman Dana Cepat Secara Online

Meskipun keberadaan dari lembaga keuangan seperti bank yang ada di Indonesia terbilang begitu banyak, dengan penawaran produk keuangan yang juga beragam, dari KTA, KMG sampai dengan KPR. Hanya saja tidak dapat dipungkiri jika seandainya cukup sulit untuk mendapatkannya, ada banyak sekali syarat yang harus dipenuhi untuk mengambil pinjaman uang ke bank. Ditambah lagi proses pencairannya sendiri juga memakan waktu yang cukup lama. Itulah yang membuat banyak masyarakat, khususnya yang butuh pinjaman dana cepat tidak menjadikan bank sebagai solusi atau alternatif dalam berhutang.

Apalagi pada dasarnya selain bank sendiri sekarang ada banyak sekali diantara lembaga keuangan lainnya non bank yang juga tak kalah dalam menawarkan pinjaman, dengan nominal atau plafon yang cukup besar, ditambah dengan syarat mudah dan juga proses pencairannya juga terbilang cepat. Seperti diantaranya adalah dari lembaga pinjaman online atau yang dikenal juga sebagai fintech. Belakangan ini cukup banyak diantara perusahaan keuangan yang bergerak di bidang pemberian pinjaman berbasis teknologi.

Dengan syarat yang lebih mudah dan proses pencairan cepat, maka banyak yang kemudian ambil pinjaman dana cepat online ini tanpa mempertimbangkan resiko-resikonya. Seperti diantaranya adalah suku bunganya yang terkadang cukup besar melebihi kemampuan dalam membayar, tenornya yang relatif cukup pendek ditambah lagi dengan nilai dendanya yang cukup besar. Agar terhindar dari jebakan yang tentunya sangat merugikan ini. maka berikut diantaranya ada beberapa kiat cerdas jika Anda ingin ambil pinjaman berbasis online tersebut, diantaranya adalah:

1. Kenali terlebih dahulu fintech atau perusahaan yang menawarkan produk pinjaman online tersebut. Karena memang pilihannya ada banyak sekali, maka untuk Anda calon debitur diwajibkan paling tidak selektif di dalam memilih. Kenali terlebih dahulu lembaga yang menerbitkannya, apakah termasuk perusahaan yang terpercaya ataukah tidak. Jangan asal ambil hanya karena kemudahan yang ditawarkan.

2. Lihat berapa besar biaya-biaya tambahan yang dikenakan dalam transaksinya, tak hanya suku bunga saja, karena terkadang perusahaan yang satu ini menerapkan prinsip uang tambahan atau pengganti jasa, bukan uang bunga. Untuk itu setidaknya Anda harus mencermati besaran biaya tambahan mulai dari administrasi, bunga sampai dengan biaya denda keterlambatan pembayarannya sehingga nantinya tidak akan rugi. Apakah masih tergolong sehat ataukah tidak, bandingkan dengan yang lainnya.

3. Pastikan bahwa perusahaan tersebut sudah terdaftar dalam OJK, hal lainnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah apakah perusahaan ini sudah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan, sehingga Anda harus mengeceknya terlebih dahulu. Jika seandainya belum terdaftar dalam OJK, maka patut untuk dipertanyakan keamanannya. Berbeda halnya jika sudah terdaftar dalam OJK, berarti perusahaan tersebut sudah dijamin legalitasnya oleh hukum.

4. Pinjam hanya dalam jumlah yang Anda butuhkan, artinya jangan serakah atau berlebihan di dalam mengambil pinjaman di fintech ini. Karena memang tidak ada jaminan bahwa kedepannya nanti Anda mampu untuk mengembalikan uang pinjaman tersebut, apalagi ditambah dengan bunganya. Meskipun mereka memberikan penawaran yang besar, namun jangan mudah tergoda.

Cerdas dalam memilih dimana akan mengambil pinjaman dana cepat, carilah yang sudah terbukti aman seperti dari Maucash. Salah satu fintech yang menawarkan produk pinjaman dengan plafon yang cukup tinggi, ditambah dengan bunga bersaing. Perusahaan ini juga sudah terdaftar di OJK, sehingga lebih terjamin keamanannya, langsung download aplikasinya sekarang juga untuk permudah transaksi.
Advertisement