Ragam Jenis Saham yang Harus Diketahui Investor Pemula

Ragam Jenis Saham yang Harus Diketahui Investor Pemula
Ragam Jenis Saham yang Harus Diketahui Investor Pemula

Saham merupakan bukti kepemilikan seseorang di dalam sebuah perusahaan. Bila Anda mempunyai saham, Anda juga bisa disebut sebagai pemilik perusahaan, bergantung dari besarnya porsi kepemilikan yang Anda miliki. Wujud dari saham ialah selembar kertas yang dikeluarkan perusahaan serta menyatakan jika pemilik kertas tercantum namanya dalam surat.
Bila perusahaan tersebut sehat, saham akan memiliki nilai jual yang tinggi karena dapat menghasilkan laba cukup besar. Inilah sebenarnya daya tarik dari investasi saham. Apakah Anda tertarik? Banyak orang yang mencari informasi mengenai cara menabung saham, namun tidak membekali diri dengan informasi jenis saham yang ada terlebih dahulu. Ada beberapa jenis saham yang harus Anda ketahui:

Jenis Saham dari Segi Kemampuan Tagih

Untuk jenis saham yang termasuk dalam kategori ini ialah saham biasa serta saham preferen. Saham biasa memiliki karakteristik dapat melakukan klaim kepemilikan ada seluruh penghasilan serta aktiva yang dimiliki oleh perusahaan. tetapi, pemilik maupun pemegang saham jenis ini hanya mempunyai kewajiban terbatas.

Sedangkan untuk jenis preferen, saham ini di desain gabungan antara saham biasa serta obligasi. Beberapa investor sangat menyukai saham ini karena dapat menghasilkan pendapatan tetap. Secara umum saham ini sama seperti saham biasa.

Jenis Dari Segi Peralihan

Jenis yang lain dilihat dari cara peralihan, dibagi menjadi dua yakni saham atas unjuk dan saham atas nama. Untuk saham atas unjuk, secara fisik saham ini tak tertulis nama pemiliknya, hal tersebut bertujuan agar lebih mudah dipindahtangankan dari satu investor ke investor yang lain. Banyak investor yang mempunyai saham ini dengan tujuan diperjualbelikan.

Jenis lainnya adalah saham atas nama. Jenis ini kebalikan dari saham atas unjuk. Saham atas nama, si nama pemegang saham akan tertulis dengan jelas, selain itu cara peralihannya juga harus dilakukan dengan prosedur tertentu.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi makmur dan kaya dari segi finansial. Salah satunya dengan mengikuti tips menabung saham ini. Jika Anda ingin menabung saham, dan mencoba melakukan investasi seperti Obligasi Ritel Indonesia, platform Tanamduit bisa dijadikan sebagai pilihan.

Advertisement