Pertanyaan seputar menjahit bahan baju sendiri

Pertanyaan seputar menjahit bahan baju sendiri
Pertanyaan seputar menjahit bahan baju sendiri
Terheran heran ketika menjahit bahan buat baju, kok jadinya empat hari, kemudian analisa bisnis saya pun berkata, biaya jahitnya 50rb jadinya 4 hari, berarti perhari 12.500, kenapa penjahit itu tidak mengejar pemasukan dengan bekerja lebih cepat lagi.

Berlatih bagaimana pola kerjanya ketika mengerjakan bahan dan jadi baju dengan cepat, biasanya karena sudah terbiasa, akan menjadi ahli, dan karena ahli bisa mengerjakan sesuatu dengan cepat.

Kemudian saya bertanya lagi, kenapa penjahit rumahan lebih mahal dari pada konveksi, apakah karena konveksi ini partai besar, sehingga dapat murah, kalau dihitung ya sama dengan penjahit rumahan.

Ongkosnya 50 ribu, dikonveksi 50ribu bisa jadi beberapa potong, sepertinya saya bingung, matematika saya tidak jalan menghitung biaya jahit rumahan lebih mahal, konveksi lebih murah.

Konveksi sendiri dari apa yang saya tahu, diproses dengan perencanaan pembuatan 100 potong, jadi motong kainnya sekalian banyak, tinggal jahit, mungkin karena tinggal jahit jadi murah.

Seperti yang saya tahu jual rompi PMR yang saya pasarkam via online di www.atributpmr.blogspot.com padahal lihat biaya jahit rumahan 50 rb, bahan sendiri, kalau dihitung saya jual 100rb berarti ongkos 50rb bahannya 50rb sepertinya tidak cukup kalau buat sendiri, bahannya tidak cukup seharga 50rb, jadi orang lebih memilih beli jadi.

Jadi kalau produksi konveksi masih ada laba, pantas jadinya orang lebih memilih beli jadi, dari pada menjahit bahan sendiri, lebih praktis dan murah.

Berbeda kasusnya jika memiliki ukuran diatas atau dibawah rata-rata, sebagian orang memilih jahit bahan agar pas menyesuaikan ukuran tubuhnya.

Mungkin teman pembaca ada yang lebih tahu menjelaskan tentang jahit menjahit silakan tinggalkan masukannya dikolom komentar yang sudah disediakan.
Advertisement