Dibutuhkannya Jasa Service Kulkas Untuk Mengatasi Masalah Kulkas 1 Pintu

Dibutuhkannya Jasa Service Kulkas Untuk Mengatasi Masalah Kulkas 1 Pintu
Dibutuhkannya Jasa Service Kulkas Untuk Mengatasi Masalah Kulkas 1 Pintu
Pada umumnya masalah yang akan dialami kulkas 1 pintu disebabkan oleh beberapa hal seperti terjadinya kebocoran pada bagian pipa pipanya, pengisian gas Freon terlalu berlebihan, kumparan motornya mengalami konsleting, pengisian Freon mengalami kekurangan, kompresor mengalami kebocoran, dan yang lainnya. Pada saat kulkas 1 pintu ini mengalami masalah maka akan dibutuhkannya jasa service kulkas yang profesional untuk mengatasinya.

Berikut beberapa jenis kerusakan pada kulkas 1 pintu yang perlu diketahui seperti :

1. Kerusakkan Kulkas Karena Bocor Freon
Perlu anda ketahui bahwa untuk mengatasi kulkas rusak yang diakibatkan kebocoran pada freonnya yaitu : Pertama matikan dahulu kulkas anda, lalu cari sumber bocor freon tersebut, karena biasanya freon pada kulkas tidak akan habis jika tidak ada yang bocor. Kebocoran freon ini biasanya disebabkan oleh kecongkel benda tajam, seperti obeng dan pisau pada saat mau mengambil es batu dan juga ingin membersihkan bunga es yang sudah menumpuk. Sumber kebocoran pada freon ini bisa dilihat dengan beberapa ciri yaitu berlubang atau sobek kecil, akan timbul tekanan freon/ngosos, atau juga bisa keluar oli pada sekitar lubang tersebut. Setelah diketahui sumber bocornya, langkah berikutnya adalah bersihkan sumber bocor tersebut dari cat evaporator maupun oli hingga terlihat logamnya, kemudian lakukan proses penambalan dengan menggunakan las atau lem, yang penting tambalan tersebut bisa dipastikan kerapatannya, lalu setelah itu lakukan proses pengisian freon yang dimulai dengan blessing/kuras eva-vakum-isi freon.

2. Kerusakkan Kulkas Yang Disebabkan Kompresor Tidak Nyala
Cara untuk mengatasi kerusakkan kulkas yang disebabkan oleh kompresor tidak nyala adalah :  Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan aliran listrik tersebut masuk sampai kompresor kulkas dengan cara menggunakan volmeter maupun taspen. Jika listrik tidak sampai di kompresor sedangkan kabelnya masih utuh tidak ada yang putus atau rusak, maka kemungkinan yang rusak ada pada termostat atau diptc relay.

3. Mesin Kulkas Tidak Bekerja
Masalah lainnya yang bisa saja terjadi pada kulkas adalah ketika unit kulkas tidak bekerja sama sekali saat dicolokkan ke sumber listrik, tentunya hal ini sangatlah menghkawatirkan. Biasanya jika anda tidak bisa  dapat mendengarkan pergerakan motor pada mesin kulkas dan kompresornya, maka anda perlu diadakan perkiraan atau dugaan untuk mengetahui penyebabnya. Untuk itu pertolongan pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekkan pada bagian kabel dan memastikan bahwa kabel tersebut berfungsi dengan baik, dan anda juga bisa memilih Ohm Meter di rumah untuk menguji kalayakan fuse.

4. Kulkas Tidak Terasa Dingin
Jika kulkas yang kita gunakan merasa kurang dingin,  biasanya hal tersebut disebabkan karena adanya kerusakan pada kompresor atau kebocoran refrigran yang dikarenakan tidak dapat dialiri oleh listrik secara layak, sehingga merusak bagian kapasitor. Selain itu juga, hal ini tentunya tergantung pada arus listrik yang masuk ke kompresor, kerusakan pada overload dan PTC juga bisa menjadi penyebab kulkas tidak terasa dingin.
Jika pertolongan pertama yang telah disebutkan diatas sudah dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi keempat permasalahan yang sering dialami kulkas, tidak membuahkan hasil.Maka untuk menghindari terjadinya kerusakan yang lebih parah lagi adalah berkonsultasi dengan jasa service yang profesional dan terpercaya.Kamu bisa mendapatkan jasa service yang seperti itu di Carijasa.co.id.

Advertisement