Cara Tepat Mengemudikan Mobil Matic


Mobil matic merupakan salah satu jenis mobil dengan transmisi yang lebih memudahkan penggunannya. Tetapi kadangkala justru kendaraan mobil jenis transmisi matic ini malah mempersulit penggunannya. Hal tersebut tidak lepas dari penggunanya itu sendiri yang belum terbiasa menggunakan kendaraan mobil jenis transmisi matic. Bagi mereka yang terbiasa mengendarai kendaraan mobil jenis transmisi manual, pastinya akan cukup kesusahan untuk mengendarai kendaraan mobil jenis transmisi matic. Padahal jika kita ketahui lebih lagi mengenai cara mengemudi mobil matic, akan lebih mudah jika Anda mengendarai kendaraan mobil jenis transmisi matic jika dibandingkan mobil dengan transmisi manual.

Ada banyak perbedaan memang antara kendaraan mobil jenis transmisi matic dengan transmisi manual, perbedaan yang paling mencolok antara keduanya sudah pasti tuas giginya. Supaya lebih jelas lagi mengenai cara tepat dalam mengendarai kendaraan mobil jenis transmisi matic, berikut ulasannya.

Untuk cara tepat mengendarai mobil tipe matic yang pertama yaitu dengan memahami dahulu posisi dan juga urutan yang benar pada tuas transmisi. Maksud dari cara tepat mengendarai mobil tipe matic satu ini yaitu mulai dari aspek pemindahan transmisi yang digunakan untuk maju, penambahan kecepatan, dan juga perpindahan tuas saat ingin memundurkan mobil.

Tentunya tahap atau cara tepat mengendarai mobil tipe matic satu ini harus betul-betul Anda pahami supaya ketika sedang mengemudi tak akan ada kesalahan. Untuk Anda yang dari dulu memakai mobil manual dimana kaki kirinya dipakai untuk menginjak pijakan kopling, dengan memakai mobil transmisi matic maka bisa membebaskan kaki Anda tersebut. Tentunya cara tepat mengendarai mobil tipe matic satu Ini perlu dilakukan latihan yang benar dan tepat. Hal tersebut supaya ketika mobil melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi, maka pengemudi pemula ketika ingin melakukan rem, tidak harus lagi berpikir menggunakan kaki seperti menginjak pedal. Jika cara tepat mengendarai kendaraan mobil tipe matic satu ini tidak dibiasakan atau jika sampai hal tersebut terjadi pada kendaraan mobil matic Anda, maka hal tersebut pastinya dapat membahayakan.

Ada lagi cara tepat mengendarai kendaraan mobil tipe matic lainnya yaitu dengan membiasakan diri Anda untuk menginjak bagian pedal rem terlebih dahulu dulu baru Anda memindahkan tuas transmisinya ke posisi D. Tujuan dari cara tepat mengendarai kendaraan mobil tipe matic satu ini yaitu untuk dapat mencegah mobil matic Anda melaju sendirinya.

Selanjutnya, cara tepat mengendarai kendaraan mobil tipe matic yaitu tuas transmisi lebih baik dipindahkan menjadi posisi netral jika Anda sedang berada pada jalanan yang macet.  Biasanya jalanan yang sedang macet akan memakan waktu kurang lebih sekitar setengah jam. Tujuan dari cara tepat mengendarai kendaraan mobil tipe matic satu ini yaitu supaya nantinya tidak akan terjadi berbagai hal-hal yang bisa membahayakan para pengemudi lainnya.

Sebagai contoh manfaat dari cara tepat mengendarai kendaraan mobil tipe matic satu ini yaitu misalnya dikarenakan tuas transmisi pada mobil matic Anda belum dipindahkan menuju posisi netral serta kaki sudah lelah meminjak bagian pedal rem, maka akhirnya malah menjadi lepas kendali. Itu saja ulasan mengenai cara yang tepat dalam mengendarai kendaraan mobil jenis transmisi matic. Bagi Anda pengendara mobil matic yang masih pemula, Anda bisa memanfaatkan beberapa tips atau cara di atas supaya Anda tidak kesusahan lagi dalam mengendarai mobil jenis matic.





Terima kasih sudah berkomentar