Efek Samping Dari Obat Hipertensi yang Harus Diketahui

Efek Samping Dari Obat Hipertensi yang Harus Diketahui
Efek Samping Dari Obat Hipertensi yang Harus Diketahui

Ada banyak sekali penyebab timbulnya penyakit hipertensi ini, seperti diantaranya sering berlebihan dalam memakan makanan berkalori tinggi, sering minum-minuman keras, sering merokok dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan tentunya penyakitu ini bisa diobati dengan meminum obat hipertensi dari dokter atau yang dijual di apotek. Kendati demikian setiap obat kimiawi tentunya selalu memiliki efek sampingnya masing-masing tanpa terkecuali. Pun demikian dengan obat hipertensi yang bisa menimbulkan efek samping yang cukup serius jika dibiarkan begitu saja. Adapun jenis obat hipertensi atau darah tinggi ini ada seperti jenis obat diuretik, penghambat alpha dan beta, inhibitor ACE, calcium blocker dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dan beberapa efek serius yang bisa diakiabatkan dari mengkonsumsi obat hipertensi ini seperti terkena kanker, serangan jantung, kerusakan hati dan stroke. Lalu efek obat dari hipertensi lainnya yang bisa diakibatkan dari penggunaan obat hipertensi ini bisa dijelaskan sebagai berikut :

1. Efek samping obat diuretic
Obat diuretic ini terdiri dari kandungan hydrochloroatiazide (HCT), indapamide, metolazone, bumetandine dan furosemide yang biasanya bekerja dengan cara menghilangkan kelebihan air dan natrium dalam tubuh. Sehingga efek yang langsung terasa adalah anda akan sering buang air kecil setelah meminum obat jenis ini. Dan selain itu efek samping yang bisa ditimbulkan dari obat jenis ini seperti kelelahan, kram kaki, nyeri dada dan bisa merasakan masalah pada jantung.

2. Efek samping obat ACE inhibitor
ACE (Angiotensin-converting enzyme) inhibitor adalah salah satu obat hipertensi yang bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi menyempit. Contoh obat dari jenis ini adalah seperti captopril, enalapril, lisinopril dan benazepril hydrochloride yang bisa menyebabkan efek samping seperti batuk, kehilangan nafsu makan, kehilangan indera perasa, pusing, mengantuk, sakit kepala, insomnia dan lain-lain.

Sebenarnya masih banyak sekali jenis obat hipertensi ini yang harus anda ketahui. Untuk itu dapatkan informasi lengkapnya yang bisa anda lihat di www.guesehat.com, yang mana merupakan media online dan aplikasi kesehatan, yang banyak menyajikan info mengenai kesehatan yang sangat menarik sekali untuk diikuti.

Advertisement
Buka Komentar