Ini Perbedaan Kepribadian Pemilik Android dan Pemilik iPhone

Ada keunikan sendiri yang menjadi topik pembahasan antara pemilik android dan pemilik Iphone sama-sama handphone ternyata ada sebuah hasil penelitian yang hasilnya unik dan memiliki ciri khas dari kepribadian orang tersebut, seperti apa kepribadiaannya berikut Ini Perbedaan Kepribadian Pemilik Android dan Pemilik iPhone

Jenis ponsel apa yang Anda gunakan saat ini? Smartphone Android ataukah iPhone? Pilihan untuk menggunakan salah satu jenis  smartphone tersebut memang tergantung dengan selera masing-masing. Ada yang lebih memilih smartphone Android karena terjangkau dan mudah dalam penggunaannya, sedangkan iPhone juga tak kalah digemari karena desainnya yang bagus. Tapi, tahukah Anda terlepas dari masalah selera, pemilihan jenis ponsel  yang Anda gunakan ternyata berhubungan dengan kepribadian? Lalu bagaimana kepribadian pengguna Android dan iPhone?
 
Tak hanya jenis kopi atau pilihan gaya berpakaian, ternyata pilihan gadget pun bisa mencerminkan kepribadian Anda. Berdasarkan riset yang dilakukan tim ilmuwan dari University of Lincoln’s School of Psychology akhir 2016 lalu, pengguna iPhone dan Android memiliki kepribadian yang berbeda satu sama lain. Para ilmuwan mengungkap, orang yang lebih memilih smartphone Android ternyata lebih jujur dan rendah hati ketimbang mereka yang memilih iPhone. Studi tersebut juga mengungkap, perempuan lebih mungkin untuk memilih iPhone dibandingkan Android. Nyatanya, mereka yang memilih iPhone lebih mementingkan status daripada penyuka Android.

Kesimpulan tentang perbedaan kepribadian berdasarkan penggunaan smartphone ini muncul dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli psikologi Lancaster University. Ketika melakukan penelitian tersebut, para peneliti mengajak sebanyak 529 partisipan yang memiliki rentang umur dari 15-74 tahun. Dari semua peserta penelitian, diketahui bahwa ada sekitar 59% pengguna Android dan 41% orang menggunakan iPhone. Kemudian, seluruh partisipan diminta untuk mengisi kuesioner yang berisi pertanyaan mengenai penggunaan smartphone-nya selama ini.

Dari kuesioner tersebut, para peneliti ingin mengukur tingkat kejujuran, emosi, sifat keterbukaan (ekstrover), keramahan, ketelitian, serta apakah menganggap smartphone hanya sebagai objek untuk meningkatkan status sosial saja. Lalu apa hasil dari penelitian ini? Di akhir penelitian, para ahli psikologi tersebut menemukan perbedaan kepribadian antara pengguna smartphone Android dengan iPhone.

Kepribadian pengguna smartphone Android
Hasil penelitian menyebutkan bahwa responden yang menggunakan smartphone Android cenderung mempunyai kepribadian seperti berikut:
- Lebih jujur dibandingkan dengan pengguna iPhone.
- Lebih ramah.
- Namun cenderung melanggar peraturan untuk keuntungan pribadi.
- Tidak terlalu mementingkan status sosial.

Kepribadian pengguna smartphone berbasis iPhone
- Berbeda dengan kepribadian kelompok orang yang menggunakan Android, pengguna iPhone -cenderung mempunyai sifat seperti:
- Lebih terbuka dengan lingkungan serta pengalaman baru.
- Cenderung melihat ponsel mereka sebagai objek status sosial.
- Tidak peduli dengan perangkat yang sedang populer saat itu dan menghindari kesamaan penggunaan ponsel dengan orang-orang di sekitarnya.
 
Dalam penelitian ini juga diketahui bahwa pengguna Android lebih didominasi oleh laki-laki, sedangkan pengguna iPhone hampir lebih dari setengahnya adalah wanita. Menurut para peneliti, wanita lebih banyak menggunakan ponselnya untuk menelepon, chatting, mengambil dan mengedit foto. Sementara laki-laki sebagian besar menggunakan smartphone-nya untuk bermain games  atau menonton video lebih banyak. Selain itu, rentang usia pengguna Android lebih tua dibandingkan dengan pengguna iPhone yang masih tergolong muda.
 
Para ahli psikologi memang menyatakan bahwa pemilihan smartphone dapat memprediksi bagaimana kepribadian seseorang. Tetapi dalam hal ini, penelitian yang mendukung akan kepribadian yang telah ditemukan tersebut masih sangat sedikit. Oleh karena itu dibutuhkan penelitian dan bukti ilmiah lain agar dapat mengetahui hasil yang lebih pasti.Tidak hanya itu, penggunaan smartphone Android atau iPhone dalam penelitian tersebut, bisa saja tidak didasari oleh kemauan dari masing-masing partisipan, sehingga tidak bisa menggambarkan kepribadian mereka dengan pasti. Meskipun begitu, para peneliti mengatakan jika temuan ini merupakan hal yang penting dan berharap dapat dikembangkan lebih lanjut.





Terima kasih sudah berkomentar