Tak Ingin Berat Badan Bertambah Tapi Malas Diet? Ini Caranya!


Memiliki berat badan ideal tentu jadi impian semua orang. Kalau Anda saat ini sudah memiliki berat tubuh yang pas, maka wajib untuk dipertahankan. Sayangnya, banyak orang yang enggan untuk diet alias menjaga pola makan tapi tetap berharap berat badannya bisa stabil. Nah, ada cara-cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga berat badan supaya tetap stabil tanpa harus diet. Ini caranya:

Selalu sarapan setiap pagi
Banyak orang yang sengaja melewatkan sarapan di pagi hari dengan harapan bisa mengurangi asupan kalori. Tapi hal tersebut sebenarnya malah rentan membuat Anda lapar berlebih di siang hari. Ketika menahan lapar di pagi hari, Anda bisa jadi justru kalap dan langsung menyantap banyak makanan sekaligus ketika makan siang. Tak hanya itu saja, banyak juga orang yang tidak sarapan tapi malah mengonsumsi berbagai cemilan untuk mengganjal perut. Tanpa disadari, berbagai cemilan itu juga bisa menambah kalori bahkan mungkin lebih banyak dari sepiring nasi goreng. Maka dari itu, usahakan untuk selalu menyantap sarapan sehat misalnya yang terdiri dari roti gandum dengan selai kacang dan topping aneka buah.

Biasakan makan secara teratur
Hal ke dua yang juga perlu diperhatikan untuk menjaga berat badan agar lebih stabil adalah dengan membiasakan makan secara teratur. Di pagi hari misalnya, Anda bisa sarapan di jam 7 pagi sebelum berangkat ke bekerja. Di jam 10 saat perut merasa lapar, Anda bisa minum jus atau menyantap buah potong seperti semangka dan melon. Kemudian untuk makan siang, bisa dilakukan di jam 12 atau jam 1 sesuai dengan jam istirahat kantor. Untuk sore hari saat Anda merasa lapar, bisa minum kopi atau teh dengan beberapa jenis kue dan juga biskuit. Makan malam usahakan dilakukan sebelum jam 7 malam supaya perut punya waktu untuk beristirahat sebelum tidur malam.

Waspadai kalori yang terkandung dalam minuman
Biasanya, orang menganggap minuman tidak memiliki kalori yang tinggi sehingga bebas mengonsumsinya kapan pun. Padahal, banyak juga minuman yang mengandung kalori tinggi bahkan jika memiliki label sehat seperti jus. Jus dalam kemasan umumnya memiliki tambahan gula yang sangat tinggi, sehingga kalau dikonsumsi bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Apalagi jenis minuman lain seperti minuman bersoda dan minuman beralkohol, jelas malah akan menimbun kalori di dalam tubuh. Kalau Anda memang suka mengonsumsi minuman dingin, cobalah untuk membuat sendiri jus buah atau air jeruk nipis kemudian dimasukkan dalam botol dan didinginkan.

Perbanyak porsi sayur dan buah
Saat perut sedang lapar berat, cobalah untuk mengonsumsi sayur dan buah terlebih dahulu sebelum makan nasi dan protein. Sayurnya bisa diolah menjadi berbagai jenis tumisan atau sayur berkuah dengan bumbu yang Anda suka. Sedangkan untuk buahnya, lebih baik jika menggunakan buah segar bukan yang sudah diolah menjadi jus atau smoothies. Kalau perut sudah diisi dengan buah dan sayur terlebih dahulu, maka Anda akan bisa mengerem makan nasi dan segala sesuatu yang lebih berlemak.
Nah, kalau melakukan hal-hal tersebut, Anda bisa mengontrol berat badan sehingga tetap seimbang. Pastikan juga perbanyak konsumsi air putih setiap bangun tidur, akan tidur malam, dan di tengah aktivitas. Selalu membawa botol air putih ke mana pun Anda pergi juga akan mempermudah untuk mengonsumsinya setiap saat.





Terima kasih sudah berkomentar