Solusi Air di Rumah Yang Kurang Bersih


Kadang saya berpikir dulu waktu kecil ga ada masalah dengan air, air buat masak, buat air minum sehari-hari nyaman, buat mandi air sumur membasahi tubuh membuat badan terasa segar, dari masa ke masa berbeda ada perubahan di era modern canggih sekarang ini, saya rasakan tidak nyaman menggunakan air sumur ada rasa bau dan sebagainya, kini air untuk minum beli, kemudian menggunakan air PAM untuk kebutuhan sehari-harinya.

Ada sebuah cerita dari seorang bidan yang pekerjaannya sehari-hari memandikan bayi baru lahir dari satu rumah kerumah lainnya, pada suatu waktu ada salah satu keluarga yang pernah ditangani bayinnya, karena suaminya tugas diluar jawa, dikalimantan, biar tidak berpisah, sang bayi dan istrinya di boyong ke sebuah perumahan di kalimantan, yang terjadi ada masalah dengan airnya, kata ibu bidan tersebut bercerita airnya hitam, buat mencuci popok bayi, popoknya sampai kehitaman. karena bermasalah dengan air akhirnya kembali ke jawa dengan membawa bukti-bukti berupa popok hitam tersebut.

Dari cerita diatas, betapa pentingnya air untuk keseharian kita, pertanyaannya lalu bagaimana Solusi Air Rumah Yang Kurang Bersih ? ketika ada kesulitan distu ada cara untuk mengatasinya, sebagai berikut :

1. PDAM
Ini yang saya lakukan ketika air bawah tanah, dirasakan sudah tidak bikin nyaman lagi, mendaftarkan diri untuk mendapatkan sambungan air PDAM, karena pipa belum ada saluran di rumah saya, akhirnya kesulitan dan harus menunggu, tidak lama kemudian ada program pemerintah saluran pipa baru masuk ke desa akhirnya bisa terpasang juga aliran air PDAM. menggunakan PDAM ini juga cukup menjadi solusi untuk air di rumah yang kurang bersih, bisa untuk mencuci, memasak dan kebutuhan air lainnya.

2. Air Minum Komersial
Meski ada PDAM seringkali aliran air tersendat, kemudian terkadang seperti ada kaporitnya berbau, solusi berikutnya adalah membeli air isi ulang untuk keperluan memasak. untuk minum menggunakan air galon. meski tergolong harga bisa dijangkau, tak disadari terkadang penggunaan berlebih, besar juga hitungan perbulannya.

3. Filter air
Dimana ada kesulitan, disitu ada peluang bisnis, itulah jiwa bisnisman, ketika ada kebutuhan air bersih, padahal stok air berlimpah, permasalahannya ada pada kualitas air, munculah alat-alat sejenis yang berfungsi untuk membersihkan air, alat tersebut bernama filter air, untuk kualitasnya juga terdapat pilihannya, umumnya semakin mahal alatnya semakin bagus kualitas hasilnya. simak juga ulasan terkait dengan filter air ini pada postingan Filter Air dan 5 Benda Penting yang Bermanfaat untuk Melindungi Keluarga dari Penyakit

Meski air melimpah tapi kualitas air kurang bersih patut disyukuri ada ketiga solusi diatas, karena ada daerah pegunungan yang memprihatinkan, benar-benar kekurangan air bersih, air didapat dari penampungan air hujan, kalau musim kemarau berharap bantuan dari donatur, begitu air datang, dirigen air berjejer untuk mendapatkan air bersih.

Salah satunya didaerah dataran pegunungan 12 Desa di Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang Provinsi Jawa Tengah masih banyak warga yang kekurangan air bersih, untuk solusi sementara menjadi Program Tahunan PMI dan BPBD turun ke warga untuk memberikan droping air bersih. kemudian para lembaga perusahaan turur serta membantu warga yang kekurangan air bersih.






1 komentar:

Click here for komentar
9/16/18, 4:18 PM ×

Lebih kasian yang krisis air bersih di daerah, mereka mau nyari air kemana lagi, sementara sumber air yang ada kurang memadai. Mau beli air tiap hari juga nguras biaya. Makanya sangat perlu untuk hemat air, jangan buang-buang air, selagi air melimpah.

Saya pernah beli filter air, begitu dipasang, ukurannya kegedean, filternya melorot terus, padahal udah dikencengin, hahaha.. tapi alhamdulillah air di tempat saya sekarang sudah bersih, walau gak sebersih air PDAM

Selamat Hendra Suhendra dapat PERTAMAX...! heheheh...
Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar