Mengetahui Tahap Perkembangan Buah Hati Anda


Umur 3 bulan ke atas merupakan momen yang memperlihatkan banyak perkembangan pada si bayi. Setelah mampu mengangkat kepala, menutup atau membuka telapak tangan, menendang, meluruskan kaki ada, ada tahap perkembangan bayi pada usia 3 bulan ke atas lainnya. Bagi Anda para ibu yang ingin mengetahui apa saja tahap perkembangan si bayi pada usia 3 bulan ke atas, simak ulasan di bawah ini.

1. Memasukkan Sesuatu ke Mulut
Pada usia 3 bulan ke atas, bayi akan merasakan ketertarikan yang sangat pada kedua tangannya. Disamping meraih benda yang terdapat di sekitarnya, ada tahap perkembangan si bayi pada usia 3 bulan ke atas lain yaitu si bayi mulai bisa juga memasukkan berbagai benda yang sudah diraihnya ke mulutnya. Maka dari itu, sangat perlu perhatian yang khusus pada tahap perkembangan si bayi pada usia 3 bulan ke atas satu ini. Sang ibu harus selalu memperhatikan berbagai gerakan si bayi serta melihat benda-benda atau barang apa saja yang dimasukkan ke dalam mulut si bayi. Bagi para ibu, juga harus memastikan untuk menjauhkan bayinya dari berbagai benda-benda yang tajam atau berbagai benda yang berbahaya lainnya. Hal tersebut dikarenakan pada tahap perkembangan si bayi pada usia 3 bulan ke atas ini, bayi tersebut tidak mengenal benda yang bahaya atau yang tidak.

2. Lambung Bayi Yang Mulai Sempurna
Untuk tahap perkembangan si bayi pada usia 3 bulan ke atas selanjutnya yaitu berkenaan dengan organ dalam yaitu lambung. Pertumbuhan lambung serta saraf pada bayi umur tiga bulan ke atas akan semakin sempurna. Dengan tahap perkembangan si bayi pada usia 3 bulan ke atas satu ini, maka  dapat membuat si bayi mulai dapat menerima asupan susu lebih banyak. Susu yang semakin bisa banyak dicerna tersebut baik itu susu ASI ataupun produk susu formula.
Tidak hanya itu saja, dengan tahap perkembangan si bayi pada usia 3 bulan ke atas satu ini, maka akan memungkinkan untuk si bayi tidur pada jangka waktu yang semakin lama. Jangka waktu istirahat tidur yang dimaksud yaitu di antara 6 jam hingga 7 jam pada satu waktu. Disamping itu, dengan adanya tahap perkembangan si bayi pada usia 3 bulan ke atas ini, maka jadwal tidur siang si bayi lama kelamaan bisa mulai teratur. Hal tersebut dikarenakan si bayi akan istirahat tidur selama 2 jam kurang lebih yang dilakukan beberapa kali seharinya.

3. Mata Yang Mengikuti Obyek Bergerak
Pada tahap perkembangan si bayi pada usia 3 bulan ke atas ini, dua mata bayi juga telah mulai dapat berkoordinasi dalam bergerak serta menentukan fokus bersama. Untuk cara melatih tahap perkembangan si bayi pada usia 3 bulan ke atas satu ini adalah dengan memberi mainan gantung bayi yang dapat digerakkan. Biasanya mainan ini ditempatkan di atas crib atau kendaraan bayi. Sebagai awalnya, Anda bisa mengatur gerakan mainan gantung tersebut dengan menggunakan kecepatan yang sedang untuk dapat melihat fokus si bayi serta gerakan matanya. Jika si bayi sudah terbiasa, maka baru Anda dapat menambah kecepatannya.

Sekian saja artikel tentang beberapa tahap perkembangan si bayi pada usia 3 bulan ke atas ini. Semoga dengan ulasan ini, bisa bermanfaat untuk Anda para ibu yang ingin tahu apa saja tanda kembang si bayi.





Terima kasih sudah berkomentar