Hilangkan Sakit Kepala Tanpa Obat, Lakukan Hal Ini!


Sakit kepala memang  merupakan masalah kesehatan yang terbilang sepele. Tak ada orang yang sampai harus ke dokter atau rumah sakit gara-gara sakit kepala. Tapi di sisi lain, sakit kepala ternyata sangat mengganggu bahkan bisa sampai menghalangi aktivitas harian. Nah, penyebab sakit kepala sendiri ada banyak sekali, mulai dari sekedar stres dan kelelahan hingga memang ada masalah di bagian syaraf kepala.

Untuk sakit kepala ringan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakannya tanpa perlu minum obat. Berikut informasinya:

Hindari pusat keramaian dan cari tempat sepi
Saat sakit kepala tiba-tiba menyerang, Anda sebaiknya segera mencari tempat yang sepi dan tidak penuh dengan orang. Pada beberapa orang, sakit kepala juga bisa muncul ketika tubuh tidak bisa beradaptasi dengan kondisi yang terlalu ramai dan penuh sesak, misalnya seperti saat di konser. Cobalah menjadi tempat yang tenang untuk duduk dan bersandar. Minum air putih sedikit demi sedikit dan atur pernapasan. Biasanya, cara ini akan ampuh meredakan sakit kepala Anda.

Tidur di ruangan gelap
Ada juga jenis sakit kepala yang dinamakan tension headache, ditandai dengan rasa seolah ditarik atau diberi beban berat di kepala, pundak, dan leher. Sakit kepala ini biasanya disebabkan karena terlalu banyak pikiran atau lelah berlebih. Untuk mengatasinya, Anda bisa berbaring di ruangan yang gelap dan sejuk selama beberapa saat. Kalau biasa terlelap, akan lebih baik lagi karena biasanya sakit kepala satu ini akan langsung hilang setelah Anda bisa tidur dengan nyenyak.

Kompres dingin dan panas
Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sakit kepala adalah dengan menggunakan kompres dingin dan panas. Pertama, siapkan lap handuk yang bersih dan celupkan ke dalam air hangat lalu letakkan di daerah dahi dan leher bagian belakang. Kompres ini berfungsi untuk menjadikan otot lebih rileks dan tidak tegang. Setelah itu, rendam kompres di air dingin dan letakkan di posisi yang sama. Kompres ke dua ini berfungsi untuk memperkecil pembuluh darah yang membuat tekanan di kepala menghilang sehingga sakit kepala tak terasa lagi.

Pijat dengan minyak aromaterapi
Untuk penggemar pijat, cara ini juga bisa dilakukan untuk menghilangkan sakit kepala. Anda bisa menggunakan minyak aromaterapi dengan wangi yang disukai untuk membuat tubuh lebih rileks. Ada beberapa titik pijatan yang bisa dicoba, misalnya bagian tengah antara ke dua alis, bagian samping kanan dan kiri dahi, kemudian pijat juga kulit kepala Anda secara lembut dan berulang. Pijatan ini bisa meredakan ketegangan pada otot sehingga aliran darah lebih lancar dan Anda tak lagi merasakan pusing.

Mengonsumsi makanan manis
Pusing juga bisa disebabkan karena energi yang terkuras habis sehingga Anda merasa lemas dan aliran oksigen ke otak tidak berjalan maksimal. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memperbanyak konsumsi air putih dan minum sesuatu yang manis seperti kurma atau madu. Anda juga bisa menyantap buah yang memiliki rasa manis alami. Sebaiknya hindari untuk mengonsumsi makanan atau minuman tinggi gula atau yang mengandung pemanis buatan karena kurang baik untuk tubuh.

Semoga cara-cara tersebut bisa meredakan sakit kepala yang sering Anda rasakan sehingga tak usah terlalu sering minum obat, ya. Jangan lupa selalu perhatikan juga asupan nutrisi yang Anda konsumsi pada makanan harian.





Terima kasih sudah berkomentar