Prosedur PMI Pemalang Jika Membutuhkan Darah untuk Pasien


Dalam sebuah Pertemuan Penggalangan Dana yang dilakukan oleh PMI disitu ada yang bertanya bagaimana prosedur di PMI jika membutuhkan darah untuk pasien yang dirawat dirumah sakit, kemudian Ketua PMI Pemalang Drs. H. Abdul Kadir menerangkan bahwa bagi anggota keluarga yang sedang dirawat di rumah sakit kemudian membutuhkan ditransfusi darah, dari Pihak rumah sakit yang akan menghubungi PMI, bukan dari Pihak Keluarga, dijelaskan pula jika anggota keluarga yang mengurusnya dimana kondisi pikiran seringkali sensitif, karena pikiran sedang terfokus pada yang sakit, harus mencari darah sedangkan proses pengolahan darah ini membutuhkan kurang lebih 2 jam, ini seringkali memicu amarah dari anggota keluarga karena belum memahami terus ditambah menunggu lama.

Dulu memang seperti itu, dari anggota keluarga yang datang ke PMI untuk mengurus kebutuhan darah, bahkan seringkali seorang suami antisipasi ke PMI berkomunikasi dengan petugas untuk persediaan stok darah untuk persalinan istrinya. sekarang sudah tidak bisa, pengambilan darah harus ada pengantar dari dokter yang menangani pasien tersebut.

Sekarang ini sudah dilakukan kerjasama MOU dengan semua rumah sakit yang ada di Pemalang, bahkan ada salah satu rumah sakit yang sudah punya bank darah, sehingga PMI hanya distribusi ke Bank darah, jadi jika membutuhkan darah, petugas dari rumah sakit yang datang ke PMI. imbuhnya

Jika terjadi stok darah di PMI sedang kosong, seringkali pihak keluarga dihubungi untuk mencari pendonor. 

Kemudian Abdul Kadir menambahkan, donor darah gratis, kenapa butuh darah bayar, pertanyaan ini pun diluruskan, yaitu uang yang dikeluarkan untuk biaya penggantian pengolahan darah, karena darahnya tidak bisa langsung di transfusikan kepasien, perlu di cek cocok tidak dengan darah pasien, kemudian aman tidak dari penyakit, lalu petugas yang mengecek SDM adalah tenaga ahli tentunya membutuhkan gaji, kemudian untuk prasarana dan pengembangan karena alat-alat tersebut biayanya tidak murah. jadi bisa diistilahkan bukan beli, tapi biaya pengganti pengolahan darah, lalu untuk besarnya biaya penganti pengolahan darah se Jawa Tengah juga sama, jelasnya.

Kesimpulan 

Prosedur PMI Pemalang jika membutuhkan Darah untuk Pasien adalah dari pihak rumah sakit yang akan mengurusi kebutuhan darah, petugas dari rumah sakit dengan membawa surat pengantar dari dokter yang menangani pasien, dengan syarat itu PMI akan mencukupi kebutuhan darah sesuai golongan yang di butuhkan.

Jika stok darah di PMI kosong seringkali dari keluarga akan diberitahu. lalu saudaranya seringkali berdatangan untuk donor darah, dan zaman media sosial seperti sekarang ini, jika stok darah kosong, lalu diunggah di media sosial menjadi viral, lalu banyak berdatangan orang untuk donor darah.




4 komentar

Click here for komentar
8/3/18, 4:24 AM ×

jadi harus petugasnya ya ya datang. ato bisa oleh keluarganya asal bawa surat dokter?

Balas
avatar
admin
8/3/18, 5:40 AM ×

Sekarang prosedurnya lebih enak, kalau jaman dulu iya, keluarga pasien yang harus ke PMI. Bahkan harus dengan nada marah biar cepat dilayani.
Saya juga sempat berpikir, kenapa itu darah beli, sedangkan dapatnya gratis. Betul juga itu biaya pengolahan atau perawatan stok darah.

Balas
avatar
admin
8/3/18, 8:43 AM ×

Saya pernah mengambil darah saat bapak dirawat dan itu memang difasilitasi rumah sakit jadi tinggal mengambil

Balas
avatar
admin
8/3/18, 11:06 AM ×

iya mas petugasnya dari rumah sakit, sepertinya ga mungkin keluarganya mas, di RS pasti ada petugasnya yang sudah bolak-balik ke PMI

Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar