Harga Sekantong Darah, Kenapa Donor Darah Gratis Butuh Darah Bayar

Harga Sekantong Darah, Kenapa Donor Darah Gratis Butuh Darah Bayar
Harga Sekantong Darah, Kenapa Donor Darah Gratis Butuh Darah Bayar
Ini sering menjadi pertanyaan Harga Sekantong Darah ? Kenapa Donor Darah Gratis Butuh Darah Bayar ? karena mungkin ada seseorang membutuhkan darah baru pertama kali terus kaget lho kok bayar, padahal orang donor darah gratis dengan niat untuk kemanusiaan harusnya gratis dong, berikut mengumpulkan informasi yang ada dan coba saya ulas dan share pada update postingan kali ini.

Donor darah untuk kemanusian memang benar, sebuah amal ibadah membantu orang yang sedang membutuhkan, kita ketahui bersama darah ini diperoleh dari kedermawanan para pendonor darah, tidak seperti produksi barang, ketika membutuhkan pabrik tinggal memproduksi kemudian menentukan harga jual, donor darah ini sentuhan hati, membutuhkan orang-orang berhati mulia yang mau mendonorkan darahnya, meski awalnya takut dengan jarumnya, rasa sakitnya, tidak menggoyahkan niatnya untuk membantu sesama melalui donor darah.

Kita bisa membahas kenapa donor darah bayar, tapi adakah yang membahas biaya operasional Unit donor darah PMI dari mana, jika yang dibahas dua sisi itu, mungkin akan memakhlumi.

Disetiap Markas UTD PMI mungkin kita sering temui, terpasang pada dinding bertuliskan perincian penjelasan Biaya Penggantian Pengolahan Darah yang disingkat BPBD, ternyata rincian cukup banyak, tidak sesederhana yang kita pikirkan, ambil darah langsung bisa di transfusi darah, ternyata banyak komponen dan biaya yang dikeluarkan, sedangkan PMI sendiri adalah organisasi kemanusiaan, tentunya untuk keberlangsungan membutuhkan  dukungan operasional yang tidak sedikit.

Kalau kata Tenaga UTD PMI Bagian pelestari donor darah yang pernah saya temui, mengibaratkan menanam padi tidak bisa langsung menjadi nasi langsung dimakan, ada namanya proses yaitu dari  pemisahan dari kulit padi melalui mesin penggilingan sampai menjadi beras, kemudian dimasak dan baru bisa dimakan, begitu juga darah ada prosesnya tersendiri.

Berikut dijelaskan rincian BPBD dari tahun 2014 sebesar Rp.360.000 sampai sekarang harga sekantong darah tahun 2018 belum ada perubahan masih sebesar Rp.360.000, mudah-mudahan dengan membaca uraiannya anda bisa mendapatkan gambaran sendiri kenapa butuh darah bayar.

Sumber foto kompilasi dari google

Kalau melihat komponen BPPD diantaranya ada kantong darah, Pemeriksaan, Cormasmatch, dan biaya-biaya lainnya, kita juga bisa perdengarkan ketika dari PMI menjelaskan, tidak mau disebut jual darah harga darah melainkan biaya pengganti pengolahan darah.

Kemudian informasi yang saya dapatkan ketentuan biaya penggantian pengolahan darah ini setiap UTD PMI didaerah tidak bisa menentukan sendiri, tetapi dihasilkan dari sebuah kesepakatan dijenjangnya sehingga PMI daerah kabupaten kota hanya mengikuti aturan pedoman yang ada.


Gambar diatas yang saya maksudkan bahwa ketentuan BPBD tidak ditentukan Kabupaten Kota tetapi di tingkatan Provinsi, gambar diatas BPPD UDD PMI Se Jawa Tengah Tahun 2014 dibawah yang bertanda tangan Ketua PMI Provinsi Jawa Tengah pada saat itu.


Kesimpulan

1. Harga Sekantong Darah dari Tahun 2014 sampai sekarang tahun 2018 masih tetap Rp.360.000

2. Donor darah gratis butuh darah bayar, memang dibenarkan sudah sesuai ketentuan, hanya saja diluruskan sebenarnya bayar kalau butuh darah untuk biaya penggantian pengolahan darah, dimana alokasinya komponennya dijelaskan dengan detail hingga tertera BPPD sekantong darah sebesar 360 ribu.

Advertisement