Cara Jadi Relawan Kemanusiaan di PMI


Ada sebuah pertanyaan bagaimana prosedur menjadi sukarelawan PMI ? setelah saya telusuri berikut data informasi yang saya ketahui dan coba mengulasnya, apa yang harus dilakukan.

Sebelum mengulasnya menjadi relawan ini seringkali memang tumbuh dari hati, bisa terjadi karena mungkin terinspirasi ketika melihat memperhatikan relawan PMI berperan serta membantu korban bencana alam, kemudian hati berasa puas (kepuasan batin) bisa membantu orang yang sedang membutuhkan dilokasi bencana Alam.

Masyarakat umum seringkali tidak bisa terjun ke lokasi bencana ada tim pengaman yang melakukan penjagaan dan hanya boleh masuk petugas dari TNI, Polisi dan PMI serta aparatur lainnya yang bertugas berseragam identitas dalam tugas penanganan bencana.

Kemudian muncul pertanyaan bagaimana agar bisa bergabung disana, saya ingin membantu korban bencana, kalau ingin bergabung di relawan PMI bagaimana caranya ?

Dari beberapa informasi yang saya telusuri berikut informasi prosedur cara menjadi relawan bergabung di PMI, berikut beberapa hal dapat saya catat dan rangkum, diantaranya

1. Perlu diketahui bahwa relawan PMI ada Kepengurusan Relawan yaitu terdiri dari KSR (Korp Sukarelawan dan TSR ( Tenaga Sukarela) anda bisa bergabung dulu berteman berkomunikasi dengan anggota relawan, disitu ada koordinatornya komandan KSR.
Kepengurusan tersebut tersebut dibawah PMI, sebelum menghubungi staf Markas PMI bisa melalui komandan KSR.

Sekretariat relawan sendiri selain di Markas Unit KSR PMI Kabupaten Kota atau ada juga UNIT KSR Perguruan tinggi.

2. Gabung dulu bermain disekretariat bersama kepengurusan relawan, meski belum secara resmi dinyatakan sebagai anggota relawan PMI yang teregistrasi.

3. Pada saatnya nanti ada program rekruitmen relawan, nah disinilah kesempatannya anda mengajukan diri menjadi relawan, kemudian diregister oleh markas PMI, kemudian mendapatkan orientasi kepalangmerahan, dan pelatihan dasar KSR.

4. Jadi sebelum PMI menerjunkan ke lapangan, dan orang tersebut teregister menjadi relawan PMI, orang tersebut harus melalui mekanisme, yaitu mengikuti proses rekruitmen kemudian wajib mengikuti orientasi PMI, dan Pelatihan Dasar Relawan.

5. Perlu diketahui PMI menugaskan relawan, tentunya ada standarnya dan spesifikasi bidang yang dikuasai relawan tersebut. misalnya anda seorang dokter atau medis, anda sudah bisa menjadi relawan PMI namun tetap harus mengikuti Orientasi Kepalangmerahan yaitu mengetahui tentang apa itu PMI, selanjutnya setelah mendapatkan orientasi PMI, karena sudah punya ketrampilan anda bisa masuk TSR (Tenaga Sukarela.).

6. Setelah mengikuti rekruitmen lalu orientasi kepalang merahan dan pelatihan dasar KSR, anda akan mendapatkan kartu anggota relawan, dan sertifikat pelatihan dari PMI, serta Surat Keputusan dari Pengurus PMI yang menyatakan terdaftar menjadi Anggota Relawan PMI.

7. Keanggotaan tersebut online, bahkan kartu anggota ada barcodenya, maksudnya karena tersistem secara online, melalui sistem manajemen SDM PMI yaitu MIS PMI (manajemen informasi sistem) atau anda bisa simak lebih jelasnya disini http://mis.pmi.or.id disini data relawan PMI secara global se Indonesia berkumpul, sistem tersebut terpusat jadi tidak hanya didaerah saja bisa mengaksesnya, aplikasinya misalnya anda relawan daerah punya spesifikasi khusus, kemudian PMI pusat dijakarta sedang membutuhkan, akan memobiliasi sejumlah relawan untuk bencana gempa diluar negeri maupun didalam negeri, dari PMI di Jakarta mengakses MIS PMI dan bisa menemukan anda, bisa saja karena memenuhi kualifikasi anda bisa mendapatkan tugas dari PMI Pusat.

8. Dalam pembinaan Relawan, PMI tidak hanya menugaskan untuk penanganan di bencana alam, tetapi juga tidak saat tidak bertugas di penanganan bencana yaitu dilakukan pengembangan ketrampilan dengan memberangkatkan pelatihan tidak hanya didaerah saja tetapi tingkat provinsi bahkan nasional.

Bagaimana mudah bukan ?

Yang pertama anda datang saja ke PMI berkenalan dengan anggota relawan PMI. tidak ada yang sulit, untuk kemanusiaan. saya malu, sekarang era internet anda bisa via online sebelum ketemu. misalnya gabung di grup relawan PMI.

Berikut sebagai contoh di PMI Kabupaten Pemalag, jika anda ingin bergabung menjadi relawan PMI Kabupaten Pemalang, anda berkenalan dulu digrup whatsapp, anda masuk grup, berkenalan siapa nama, dari mana, pekerjaan atau aktivitas sehari-hari, bidang yang dikuasai jika diperlukan, kemudian kemukakan keinginannya, silakan bertanya, santai saja tidak harus formal, nantinya teman-teman relawan PMI akan memberikan jawaban, membantu bagaimana menjadi relawan PMI untuk grupnya klik disini  tapi tolong ya masuk grup jika domisili asli dari Pemalang.

Berikut contoh-contoh kegiatan relawan PMI

Kegiatan Bedah rumah PMI relawan turut serta membantu bersama masyarakat


Pengembangan ketrampilan, relawan mengikuti pelatihan 

Saat terjadi angin puting beliung yang merobohkan banyak rumah,
relawan PMI terjun membantu kelokasi

Sumber foto : Dokumentasi PMI Kabupaten Pemalang

Demikian penjelasan versi saya, mudah-mudahan bisa dipahami, jika ada pertanyaan silakan langsung saja di grup relawan Pemalang yang saya sebutkan diatas.




1 komentar:

Click here for komentar
9/13/18, 9:39 AM ×

Saya ingin mengikuti bisa ya gan?


silahkan kunjungi balik ya gan
https://sakitmatabengkak.blogspot.com/

Selamat kawan lama dapat PERTAMAX...! heheheh...
Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar