Cara Hapus Cache Aplikasi pada Android dan Kenapa harus di Hapus

Berawal dari kapasitas memori yang limit, ketika limit kinerja android berasa berbeda jadi lemot, dari situ jadi berpikir solusi bagaimana mengembalikannya, setelah informasi didapatkan lemot ini terkait dengan memori jadi perlu diperhatikan space memori, untuk mengefektifkan perlu menghapus file yang perlu dihapus agar space memori memiliki ruang dan kinerja handphone android tidak lemot, dari situ lalu cari informasi bahwa file yang bisa di hapus itu cache, dari sini jadi mengenal apa itu cache, kalau versi saya menjelaskan apa itu cache adalah setelah menggunakan aplikasi akan muncul cache dan cache ini kalau dibiarkan akan munumpuk dan menjadi banyak memakan memori padahal memori ini berkaitan dengan kinerja handphone dari cara pikir seperti itulah, menghapus cache pada aplikasi android rutin saya lakukan.

Pengalaman dengan data cache yang perlu dihapus, beli handphone baru karena sedikit banyak tahu perawatan tentang handphone android ini, setiap saat saya monitor dan rutin melakukan hapus cache aplikasi android, setiap hapus cache android, ruang space memori pun berkurang, kinerja handphone pun bagus cepat.

Nah pada saat tukeran handphone, saya lupa memberi tahu kalau harus rutin menghapus cache karena setiap penggunaan aplikasi akan meninggalkan cache dan kalau lama tidak dihapus akan memakan memori akan penuh, dan lebih parahnya lagi cache rusak tidak bisa dihapus.

Ini terjadi pada handphone saya karena dibuat mainan anak yaitu youtube, dimana youtube ini file video sehingga cache cepat banyak, lupa menghapus, saya cek handphone dan coba menghapusnya tidak bisa nol tidak bisa bersih, coba membersihkan aplikasi lain coba bersihkan cache bisa dihapus, berarti ini ada persoalan pada memori kemungkinan tebakan saya rusak sebagian. Sehingga cache tidak bisa dibersihkan atau dihapus.

Dengan pengalaman ini saya pun rutin menghapus cache, apalagi handphone yang saya miliki memiliki memori yang kecil, buat beberapa aplikasi saja sudah menyisakan ruang memori yang limit, sehingga setiap saat harus membersihkan agar ruang memori tetap terjaga dan kinerja handphone tidak lemot.

Lalu bagaimana caranya menghapus membersihkan cache pada android ?

Beberapa handphone dengan merk yang berbeda dari Oppo dan samsung, pada dasarnya sama yaitu masuk ke pengaturan, pilih manajemen aplikasi, kemudian pilih aplikasi yang akan di hapus data cachenya, kemudian tekan "hapus cache", jika berubah jadi nol berarti normal, jika tidak bisa dihapus ini ada masalah pada memori.
Jadi sebelum terjadi dengan apa yang saya alami yaitu tidak bisa hapus cache lakukan rutin hapus cache jangan menunggu lama menumpuk.

Berikut dari gambar berikut ini bisa saya jelaskan

Pada gambar sebelah kiri terlihat cache 685 GB (saya lingkari merah) ketika saya klik hapus chace tidak bisa terhapus, sedangkan gambar sebelah kanan saya klik hapus cache angka berubah menjadi 0,00 B

Menjadi catatan saya adalah aplikasi yang cepat menumpuk cachenya, aplikasi yang sering dipakai yaitu aplikasi youtube dan facebook, anda bisa cek sekarang, cache kedua aplikasi tersebut dan jika banyak segera hapus saja.

Pengaruh dari menghapus cache pada android adalah, space memori berkurang kemudian kinerja hanphone cepat, khusus pada handphone android dimana bawaan memori dari pabrikannya sudah besar, tidak begitu terlihat, tapi ketika memori kebanyakan foto dan gambar mendekati limit, handphone berasa berat loadingnya, jadi pastikan ruang memori cukup untuk menjalankan sistem android.

Studi kasus, saya sendiri pernah dimintain tolong teman, salah satu aplikasinya yaitu whatsapp tidak bisa dibuka padahal sebelumnya tidak ada masalah whatsapp bisa digunakan, kebanyakan setelah saya cek ternyata memorinya tidak cukup, setelah sebagian saya hapus dan space memori cukup untuk menjalan sistem, whatsapp bisa digunakan kembali.

Kesimpulan

Cara Hapus Cache Aplikasi pada Android adalah masuk kebagian pengaturan, buka file aplikasi dan akan terlihat data cache klik hapus cache, kemudian kenapa data cache aplikasi android harus dihapus, karena berkaitan dengan memori hp, jika memori hp mendekati penuh maka kinerja hp akan lemot, ternjadi eror seperti yang terjadi pada studi kasus aplikasi whatsapp diatas, data cache memang tidak seberapa namun jika dibiarkan akan menumpuk dan bisa terjadi kerusakan file sehingga tidak bisa dihapus dan berlanjut seterusnya memakan ruang memori padahal file tersebut tidak bermanfaat bisa dibilang file sampah.





2 komentar

Click here for komentar
8/5/18, 6:43 AM ×

sampai besar banget ya cachenya

Balas
avatar
admin
8/8/18, 10:51 PM ×

Iyaa kadang cache di aplikasi bisa sampai ratusan size nya..
Jadi menuh-menuhin memori doang..

Pokoknya harus selalu rutin bersihin cache aplikasi deh..

Btw, keren artikelnya..
Thanks, sangat bermanfaat..

Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar