Tujuan Donor Darah PMI itu Apa ?



Setelah sebelumnya mengulas cara donor darah di PMI kali ini berlanjut masih terkait yaitu tujuan donor darah PMI itu apa ? karena seringnya mendadak orang donor darah kalau sedang dimintain tolong teman saudara. habis itu selesai tidak ada niatan untuk donor darah lagi, tidak mau tahu tentang donor darah lebih dalam lagi, maka dari itu pada postingan kali ini admin coba mengulasnya berdasarkan pengetahuan admin.

Semoga dengan ulasan Tujuan Donor Darah PMI ini mudah-mudahan menjadikan rutin berdonor darah untuk ibadah dan kemanusiaan menolong sesama.

Tujuan donor darah PMI 
PMI adalah penyedia darah dari para pendonor darah sukarela, kemudian PMI melakukan pengolahan, pengecekan darah, lalu disalurkan ke rumah sakit sesuai permintaan golongan darah pasien yaitu A, B, AB atau O.

Biasanya yang sering atau saya ketahui permintaan darah di PMI untuk pasien yang sedang proses persalinan, ada juga yang cuci darah, ada juga yang kecelakaan keluar darah banyak, lalu membutuhkan di transfusi darah, adapun alurnya dari pasien - rumah sakit - PMI, jadi pasien tidak bisa meminta ke PMI tapi dari Petugas rumah sakit  dengan surat dari dokter yang ke PMI, kejadian biasanya anggota keluarga langsung ke PMI dikarenakan stok golongan darah yang dibutuhkan sedang kosong, jadi anggota keluarga saudara datang ke PMI untuk donor atau biasanya yang di butuhkan adalah trombosit maka darah yang dibutuhkan harus darah yang masih baru yang diambil dari pendonor.

Pendonor Sukarela yang menginspirasi
Ada sebuah cerita dari teman yang masih teringat di memori saya. yaitu pada waktu itu hari libur, bersama keluarganya datang ke PMI untuk donor darah, jadi teman saya, istrinya dan anaknya mau donor darah, kebetulan ada seorang bapak yang sedang membutuhkan darah untuk persalinan istrinya, bapak itu merasa dibantu, istrinya tercukupi kebutuhan darahnya, persalinan berjalan lancar, yang berkesan bagi teman saya disini adalah, si Ibu yang baru melahirkan itu meminta kepada teman saya untuk memberikan sebuah nama untuk bayinya, diikutilah permintaan ibu itu, dan berlanjut ke persaudaraan.

Simak juga :

Opini : Donor Darah Amalan yang perlu dipamerkan

Bangga Jadi Relawan Donor Darah

Manfaat Donor Darah Yang saya rasakan
Donor darah kalau secara kesehatan dari apa yang pernah saya baca banyak dijelaskan baik untuk jantung, dan lain sebagainya, karena saya bukan ahli kesehatan, maka saya utarakan manfaat donor darah bagi saya ada beberapa hal yang saya rasakan manfaatnya antara lain sebagai berikut :

1. Cek Kesehatan rutin 3 bulan sekali, karena setiap 3 bulan sekali saya donor darah dan sebelum diambil darahnya saya di cek HB kemudian ditensi, jika sehat bisa diambil, jika tidak memenuhi syarat saya jadi tahu bahwa saya sedang tidak sehat dan saya pun melakukan upaya untuk kebugaran kesehatan tubuh saya.

2. Yang ini tentunya Ibadah kemanusiaan yang tak ternilai membantu sesama dengan donor darah, melihat salah satu anggota keluarganya yang sedang sakit membutuhkan darah, kemudian ada stok ini sangat meringankan dari kekhawatiran kecemasan.

3. Memberikan contoh yang baik. sebagai bentuk pembinaan PMI kepada pendonor ada kegiatan pemberian penghargaan bagi pendonor darah 25 kali oleh Bupati, 50 kali dan 75 kali oleh Gubernur Jawa Tengah, dan 100 kali oleh Presiden RI, ini kalau piagamnya di pasang di dinding dilihat orang lain bisa saja menginspirasi orang lain memberikan contoh yang baik.

Semoga bermanfaat.

Salam Kenal saya admin agugus.com blog ini adalah media sharing saya, mudah-mudahan bermanfaat, berlangganan artikel follow akun media sosial saya dibawah ini, terima kasih sudah berkunjung

4 komentar

Saya sama sekali belum ikut donor darah. Walau keinginan itu ada tapi kok ya belum kesampaian. manfaat dari donor darah itu ternyata sungguh luar biasa juga.

saya dulu awalnya was-was juga, takut lemes, sakitlah, karena lihat orang panik membutuhkan darah jadi berani donor darah

Wah, selain bermanfaat untuk orang lain ternyata donor darah juga bermanfaat untuk diri sendiri ya

Saya selama ini belum pernah ikut program donor darah Mas, padahal sebagai warga yang memiliki rasa kepedulian dan bersosial, donatur darah itu bagus dan sangat dianjurkan

Terima kasih sudah berkunjung
EmoticonEmoticon