Kenali Penyebab Kram perut

Kenali Penyebab Kram perut
Kenali Penyebab Kram perut

Penyebab perut kram pada wanita ternyata bukan karena faktor menstruasi saja. Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui bila kram menyerang namun anda tidak sedang menstruasi. Anda bisa mengalami kista, konstipasi, sedang hamil, atau bahkan terkena kanker. Tetapi, jangan paranoid dulu. Kram bisa pula tidak menandakan ada sesuatu yang serius pada tubuh anda, seperti contohnya anda hanya sedang ovulasi. Untuk lebih detilnya, kita bahas apa saja penyebab perut kram pada wanita.

Crohn’s Disease 
Crohn’s Disease atau penyakit Crohn adalah adanya iritasi dan pembengkakan di beberapa bagian saluran pencernaan. Penyakit ini memunculkan kram perut setelah iritasi dan pembengkakannya terjadi sekian lama. Kram yang dirasakan di perut bagian kanan bawah atau di tengah. 

Ovulasi
Ovulasi bisa juga menimbulkan kram perut pada wanita. Rasa sakitnya biasanya menyerang di perut bagian kanan atau kiri dan berlangsung selama beberapa jam. Kram saat ovulasi bisa sangat sakit, terasa seperti ditusuk-tusuk dan terjadi tiba-tiba. Atau, bisa juga rasa sakit kramnya terasa tidak terlalu sakit, namun berlangsung lama.

Kista Ovarium
Kista ovarium bisa menjadi penyebab perut kram pada wanita. Kista adalah kantung berisi cairan, terkadang terbentuk di dalam ovarium. Normalnya kista folikular memecah ketika sel telur dilepaskan, kemudian terserap kembali di dalam tubuh. Apabila tidak kembali diserap oleh tubuh, maka terbentuklah kista ovarium. Kista jenis ini biasanya tidak berbahaya, namun bisa membesar dan pecah. Ketika kista ini pecah akan terasa kram perut yang sangat tajam. Terutama di bagian bawah pusar. Diikuti juga dengan rasa sakit dan pegal di bagian paha dan tulang punggung bawah.

Radang Panggul
Radang panggul biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Lokasi infeksi bisa ada di tuba falopi, rahim, ovarium, vagina, atau serviks. Kram yang dirasakan ada di bagian kanan dan kiri perut bagian bawah dan tulang punggung. Rasa sakitnya bisa muncul sewaktu-waktu setiap saat. Gejala ini juga diikuti oleh keputihan, rasa sakit saat berkemih dan saat berhubungan seks.

Usus Buntu
Usus buntu adalah iritasi atau pembengkakan di kantung yang ada di bagian ujung usus besar. Rasa sakitnya mula-mula di bagian pusar, kemudian semakin memburuk dan berpindah ke perut bagian kanan bawah. Penderitanya akan merasakan sakit bila batuk, bersin, atau pun bergerak.


Advertisement