Alasan Motivasi dan Manfaat Mengikuti Ekstrakurikuler PMR di Sekolah

Anggota PMR berkumpul sedang mendapatkan Materi

Disekolah temannya ikut eskul PMR, dalam hati bertanya, apa ya Alasan seseorang ikut PMR ? kemudian merembet lagi, motivasinya apa, lalu manfaatnya apa mengikuti eskul PMR, seringkali siswa hanya sekedar ikut-ikutan tidak ada terpikir alasan yang tepat untuk mengikuti pmr, sekedar memenuhi aturan sekolah yang mewajibkan mengikuti beberapa pilihan eskul yang ada, karena dari beberapa kurang suka kemudian melirik ke PMR dengan alasan karena kebanyakan temannya memilih PMR.

Okelah, kali ini akan berbagi seputar Alasan Motivasi dan Manfaat Mengikuti Ekstrakurikuler PMR semoga dengan postingan ini punya gambaran dan tersadar dari hati kemudian bersungguh-sungguh ikut kegiatan eskul PMR, karena memang kegiatan ini penting dan bagus untuk generasi muda siswa sekolah kedepan.

Karena diawali hanya sekedar ikut-ikutan, ditengah jalan kebingungan, karena malas ingin tahu, contohnya saja sebagai anggota PMR diwajibkan menggenakan Atribut PMR di seragamnya, kemudian bertanya lagi atributnya PMR apa saja, atribut PMR yang melekat di Seragam diantaranya Logo PMI dan Atribut bertuliskan Palang Merah Remaja, lalu diatas saku terdapat logo PMI, kemudian tambahannya ada Topi PMR dan Slayer PMR, setiap Kompetisi atau lomba atau mungkin anda sudah sering dengar yaitu Jumbara PMR setiap siswa wajib mengenakan atribut PMR

Alasan yang tepat mengikuti eskul PMR itu apa ?

Karena ketidaktahuan seringkali siswa menjawabnya apa adanya, seperti misalnya banyak waktu luang setelah jam pelajaran, dari pada pulang kerumah malas jika disuruh mengerjakan pekerjaan rumah, ada juga yang karena temannya ikut PMR jadi sekedar ikut-ikutan. ada juga karena pacar atau sahabat dekatnya gabung di PMR jadi biar bareng terus ikutan gabung PMR juga dan banyak lainnya, hasilnya ada yang hanya iseng selama mengikuti kegiatannya, ada juga yang tersadar bahwa kegiatan PMR ini bermanfaat, kemudian menekuninya dan bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan eskul PMR.

Berbeda dengan siswa yang mencari informasi seputar PMR sebelum memutuskan bergabung menjadi anggota PMR, jika ingin mencari tahu, carilah pengurus PMR disekolah, tanyakan, jika malu, cara lainnnya seringkali ada ruangan tempat berkumpulnya para anggota PMR disitu terdapat mading yang berisi kegiatan eskul PMR, dengan pengetahuan yang cukup, seorang siswa bisa memberikan alasan yang tepat kenapa bergabung menjadi anggota PMR.

Beberapa alasan yang tepat sehingga seseorang benar-benar minat dengan eskul PMR diantaranya ?

1. Materi yang didapatkan, kegiatan yang diberikan pada saat jam eskul ini perlu diketahui bagi setiap orang siswa seperti salah satu contohnya materi pertolongan pertama, jika siswa PMR ini menguasai materi pertolongan pertama bermanfaat untuk dirinya sendiri dan bermanfaat orang lain bisa memberikan pertolongan. apalagi jika siswa tersebut, punya cita-cita menjadi dokter atau profesi bidang kesehatan lainnya, mengikuti kegiatan PMR ini relevan sekali mengait sehingga nantinya pada waktu menempuh jenjang pendidikan kedokteran sudah punya pengalaman dan ilmunya tentang pertolongan pertama.

2. Alasan lain seseorang benar-benar minat dengan eskul PMR adalah mendapatkan ketrampilan dan pengetahuan yang bermanfaat untuk kedepannya, seperti materi PMR perawatan keluarga, pertolongan pertama, pendidikan remaja sebaya.

3. Alasan ketiga memang tumbuh dari hati yaitu jiwa kemanusiaan pada siswa tersebut, senang kegiatan sosial kemanusiaan, maka dari itu bergabung menjadi anggota PMR disekolahnya, kemudian senang juga berorganisasi.

Itulah ketiga alasan yang tepat kenapa bergabung menjadi Anggota PMR.

Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah 
Berkunjung pada kegiatan Jumbara PMR


Motivasi Menjadi Anggota PMR apa saja ?

Selanjutnya mengulas tentang motivasi, menjadi anggota PMR disekolahnya, selain jadi punya ketrampilan dan pengalaman serta ilmu yang bermanfaat, di PMR ini juga ada jalur prestasi, di PMR ini ada kegiatan-kegiatan lomba yang nantinya akan mendapatkan sertifikat dan sertifikat tersebut nantinya bisa berguna, seperti misalnya anggota PMR Madya berprestasi bersertifikat, pada waktu pendaftaran ke SMA sertifikat prestasinya memberi nilai tambah, bisa menjadi penunjang masuk disekolah favorit atau sekolah yang diinginkan.

Lomba atau kompetisi PMR ini tidak hanya antar sekolah, tetapi bisa tingkat kabupaten kota tingkat provinsi, tingkat nasional, yaitu melalui sebuah even Jumbara PMR.

Sebuah nasehat ketika disekolah yang aktif berorganisasi, karena saya sendiri pernah punya pengalaman wawancara kerja pada saat itu yang ditanyakan organisasi apa yang pernah diiikuti, dari sinilah melalui PMR anda bisa belajar berorganisasi, karena pengalaman berorganisasi ini penting nantinya ketika memasuki dunia kerja, jadi motivasi menjadi anggota PMR ini adalah berlatih berorganisasi.

Jadi misalnya jika nanti anda ditanya "motivasi mengikuti pmr wira itu apa" jika anda belum tahu kegiatan PMR anda bisa menjawabnya sebagai motivasi, menjawab berlatih berorganisasi,  mendapatkan prestasi di organisasi PMR karena sertifikatnya bisa jadi penunjang, atau bisa juga karena ingin memberikan peran pengabdian kepada masyarakat dengan ketrampilan yang dimiliki bisa ikut bergabung dalam kegiatan bakti sosial kemanusiaan di tengah-tengah masyarakat, misalnya ada bencana di daerah tertentu, karena menguasai ketrampilan pertolongan pertama, bisa terjun langsung menolong.

Manfaat Mengikuti PMR itu apa ?

Kalau berbicara manfaat sepertinya perlu ilustrasi langsung dalam kegiatan, berikut beberapa manfaat mengikuti PMR diantaranya :

1. Ketika Upacara disekolah, membutuhkan tim medis untuk antisipasi siswa yang pingsan, Tim anggota PMR dengan perlengkapan peralatan PMR seperti tandu dan tas obat-obatan, yang mendapatkan tugas sebagai tim medis, dari sini bisa kita perhatikan manfaat mengikuti eskul PMR berguna disekolah dan bisa memberikan pertolongan kepada orang yang pingsan.

2. Salah satu materi yang didapat siswa PMR adalah salah satunya tentang kesehatan, misalnya pendidikan remaja sebaya, dengan pengetahuan yang dimiliki seorang PMR bisa mensosialisasikan atau memberikan contoh remaja sehat.

3. Kemudian materi PMR lainnya pertolongan pertama, dengan memiliki ketrampilan pertolongan pertama, siswa bisa menolong dirinya sendiri, seperti misalnya kalau ada bencana banjir, gempa bumi, kebakaran tahu bagaimana cara menyelamatkan diri, jika terluka bisa menolong untuk dirinya sendiri, serta bisa menolong teman saudaranya. contoh kecilnya misalnya adiknya terpeleset dan luka karena disekolah sudah diajari anda bisa memberikan pertolongan pertama.

Penutup

Mudah-mudahan dengan mengetahui Alasan Motivasi dan Manfaat Mengikuti Ekstrakurikuler PMR ini siswa bisa memahami kemudian minat dan bergabung menjadi anggota PMR kemudian bersungguh-sungguh dalam mengikuti materi demi materi yang diberikan disekolah.




5 komentar

Click here for komentar
7/22/18, 12:59 PM ×

kalau untuk smp kurikulum 2013 korikuler pmr dan pramuka wajib diikuti oleh siswa pak

Balas
avatar
admin
7/23/18, 12:12 AM ×

Semasa sekolah saya belum pernah ikut PMR sob, Sebenarnya saya pengen juga sih cari pengalaman disana. Namun pada masa itu saya lebih di sibukan di keorganisasian OSIS.

Balas
avatar
admin
7/23/18, 12:31 PM ×

PAda intinya bisa memberikan pertolongan pertama bagi teman atau orang yang mengalami kecelakaan. Dan menumbuhkan rasa solidaritas kemanusiaan.
Bahkan bisa mendekatkan atau semakin akrab dengan sang pacar, karena punya kesempatan bisa bertemu dan berngobrol lebih banyak, itu pengalaman saya pribadi.

Balas
avatar
admin
7/23/18, 12:31 PM ×

Wah mantap tu, jadi lebih meriah.

Balas
avatar
admin
7/23/18, 4:24 PM ×

Waktu sekolah saya ikutannya Rohis mas, banyak banget pengalaman baru yang saya dapatkan disana. Emang sih kalo motivasi kita cuma ikut-ikutan doang, maka hasilnya juga gak maksimal, kayak malas-malasan.

Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar