Visi Misi Bercocok Tanaman Buah di Pekarangan

Sebutan visi misi ini biasanya melekat pada lembaga ataupun pilkada pada masing-masing calon, saya sebut juga pada pembahasan bercocok tanam karena saya menanam sendiri punya mimpi, maka dari itu saya beri judul postingan ini Visi Misi Bercocok Tanaman Buah di Pekarangan.

Menanam ini tidak langsung berbuah, lama berbuahnya, kata orang "nambahin pekerjaan saja" tapi karena ada visi misi yang jelas bercocok tanam bisa dijalani penuh dengan kesabaran dan menjadi hiburan pada saat menyiram, memupuk, mengamati tumbuh kembang tanaman. terkadang muncul pendapat ngapain repot-repot beli buah saja praktis, ada hal lain dari tanaman tidak sekedar buahnya.



Untuk kegiatan selain ngeblog dirumah saya menanam tanaman buah-buahan di pot, antara lain jambu kristal, belimbing, jambu air, pepaya, ini ada kaitannya dengan ngeblog sebelumnya pernah saya tulis pada ulasan Cara Melatih Kesabaran ala saya dan Pelajaran dari Menanam dan Merawat Tanaman

Apa Visi Misi Bercocok Tanaman Buah di Pekarangan

Visi misinya adalah bermimpi suatu saat nanti tanaman itu berbuah, kita bisa berbagi buah-buahan tersebut kepada tetangga lingkungan sekitar. ini sudah terwujud untuk tanaman pepaya ada dua, Alhamdulillah buahnya banyak ada terus, ada yang matang saya petik bagikan pada lingkungan sekitar, ada tetangga yang anaknya lagi ngidam pepaya saya ambilkan, ada tetangga yang sakit kritis katanya pengin pepaya, kebetulan pepayanya ada yang matang saya berikan. kemudian mau buat sayur asem, tinggal ambil. belum bisa bersedekah pakai uang kita bisa sedekah buah-buahan. dari situ ada nilai manfaat.

Dari merasakan berbagi buah pepaya, saya pun mencoba tanaman lainnya, saya beli bibit tanaman jambu kristal, pepaya, dan jambu air.

Harapan sharing ulasan Bercocok Tanaman Buah di Pekarangan

Dari apa yang saya rasakan kegiatan tanam-menanam ini terdapat pembelajaran menumbuhkan kesadaran, ada nilai manfaat dari tanam menanam ini, yaitu :
1. Melatih kesabaran memperhatikan proses dari bibit tanaman, disiram setiap hari kemudian tumbuh besar dan berbuah. kita bisa merasakan dengan sepenuh hati menerima dengan lapang dada, bahwa semua itu berproses.

2. Ketika berbuah kita bisa berbagi, sedekah bisa selain uang, seperti ulasan sekarang ini bersedekah dari buah yang kita tanam.

3. Dengan menanam, udara dilingkungan menjadi segar, lingkungan menjadi asri, dimata juga adem tidak sebaliknya jika tidak ada tanaman berasa gersang panas.

4. Membayangkan jika setiap orang sadar nilai manfaat dari menanam, kemudian setiap rumah memiliki tanaman buah-buahan, kemudian berbuah dan saling berbagi dengan tetangga, sepertinya memberikan sumbangsih kesejahteraan lingkungan, uang yang tadinya buat beli buah bisa ditabung atau untuk pengeluaran lainnya, bahkan kalau buahnya melimpah bisa dijual.

Semoga menginspirasi...




6 komentar

Click here for komentar
6/2/18, 3:45 PM ×

Melatih kesabaran dan untuk kegiatan biar tidak jenuh dari rutinitas. Obat stres juga bisa.

Balas
avatar
admin
6/2/18, 6:00 PM ×

kalau tanaman di pekarangan depan rumah saya, yang banyak Jambu merah delima, buat Tin, sama kumis kucing maa.

Balas
avatar
admin
6/2/18, 7:29 PM ×

ya mas hiburan kalau lagi jenuh.....

Balas
avatar
admin
6/2/18, 7:31 PM ×

manfaatin mas bibit tanaman buah buah berkualitas masih kecil sudah berbuah

Balas
avatar
admin
6/3/18, 5:14 AM ×

ini namanya cerdas dalam tata kelola ruang mas. hlaman rumag saya pun banyak ditanami sayuran dan buahm jadu hemat gitu, pengen masak sayur gak perlu keluar duit lagi heheh

Balas
avatar
admin
6/3/18, 10:28 AM ×

ya mas jadi pengin menambah luas pekarangan he..he.

Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar