Pengalaman Belajar Pasang Iklan Facebook Berbayar


Sharing kali coba mengulas hasil kemarin belajar FB ads Facebook advertising, seringnya muncul di timeline beranda facebook saya, saya perhatikan orang membicarakan keberhasilan facebook ads membuat saya lama-kelamaan semakin penasaran seperti apa sih ?

Seperti pada umumnya, orang melihatnya enaknya saja, bayangannya ketika pasang iklan FB ads ini bagus menghasilkan seperti yang sering dipamerkan keberhasilan hasil iklan di facebook, ternyata dari apa yang saya simak ada mereka sebelum berhasil, awalnya rugi sampai satu jutaan, dan mereka menganggapnya itu sebuah investasi, karena ketika mengiklankan di fb ads mendapatkan pengalaman, sering gagal, mendapatkan catatan-catatan penting dan dianggapnya itu sebuah investasi.

Persiapan melakukan pemasangan iklan di facebook

Mendengar seperti itu saya pun menggebu-ngebu penasaran ingin mencobanya, lalu saya pun melakukan hal-hal sebagai berikut :

1. Menyimak tutorial dan kisah kesuksesan orang yang menjalankan facebook ads dalam bentuk video yang saya lihat di youtube.

Ada beberapa video yang saya saksikan, beberapa video saya tonton terdapat trik dan nasehat ketika beriklan di facebook, sebelum tidur sambil menunggu mata mengantuk saya buka youtube dan mengetikan "tips sukses iklan facebook" munculah beberapa pilihan videonya saya pun menyimaknya dengan seksama.

Kalau hasil penelusuran di youtube kurang sesuai keinginan, saya pun mengetikan di penelusuran google, dan ketemu banyak pilihan artikelnya lalu saya baca beberapa tips beriklan di facebook.

2. Membuat Materi iklan
Setelah dirasa cukup belajarnya dari materi yang didapatkan pada youtube dan google, saya pun mulai praktek dengan menyiapkan materi artikel, semaksimal kemampuan saya. mungkin karena bayar buat artikelnya jadi sungguh-sungguh.

3. Deposit Saldo akun Iklan Facebook
Ini yang dari dulu menghambat saya membatalkan beriklan di facebook, tidak bisa pembayarannya, dulu harus pakai kartu kredit, dan saya tidak bisa karena tidak punya kartu kredit, ada pembaharuan deposit dengan transfer bank lokal, saya pun gagal paham, dan mengurungkan niatnya lagi, kemarin waktu liburan coba belajar lagi cara pembayaran iklan facebook, saya lihat tutorialnya diyoutube, baru paham, saya praktekan dan berhasil.

4. Mulai saya pasang iklan
Ternyata meski bayar, harus mikir dan jeli juga beriklan facebook, harus cerdik menentukan sasaran yang tepat agar iklannya berhasil.

Pengalaman pasang iklan facebook pertama kali

Sebelumnya saya pasang iklan berbayar di facebook untuk menjaring trafik ke blog saya, saya lakukan penyettingan dan iklan berhasil tayang, banyak juga yang like status facebook saya sampai 600 like akan tetapi hasilnya nihil, akan tetapi meski nihil saya tidak kapok, justru saya ingin memasang iklan lagi, karena menurut saya sangat praktis, tidak cape promosi kesana kemari, anggaran beriklan saya ambilkan dari fee jasa review, separuh saya gunakan untuk deposit, asyik juga setelah pasang iklan tinggal monitor statistik penayangan iklan

Kesimpulan
Pembelajaran dari pengalaman pasang facebook ads ini adalah,
- saya harus mengetahui target sasaran yang tepat sehingga hasil iklannya efektif,
- membutuhkan uang yang banyak, karena semakin besar anggaran semakin banyak iklan dijangkau pengguna facebook,
- dengan iklan di facebook kita bisa menargetkan usia dan wilayah.




6 komentar

Click here for komentar
6/26/18, 7:58 PM ×

Membaca tulisan diatas, ternyata memasang iklan di Facebook pun harus punya trik dan strategi yang tepat, kalo gak, ya sia-sia aja uang yang udah dibayarkan. Semoga kedepannya bisa sukses lagi setelah mencoba memasang kembali iklan di Facebook ya mas Agus... Sukses terus

Balas
avatar
admin
6/27/18, 7:52 AM ×

Justru saya belum punya pengalaman. Siapkan dana itu lah yang penting. Karena semakin besar dananaya semakin besar targetnya. Tapi perlu diperhatikan juga, pengguna fb terganggu dengan penamilan iklan, Mereka tidak suka dengan iklan yang muncul. Bahkan mayoritas mengabaikan iklan.

Balas
avatar
admin
6/27/18, 9:46 AM ×

ya mas asyik pasang iklan fb, terus memperbaiki. saya jadi ingin pasang iklan lagi he,,,

Balas
avatar
admin
6/27/18, 9:48 AM ×

Pengalaman saya pasang iklan di fB yg like banyak cuma ya itu tidak konversi, iklan yang lihat sudah disetting mas, target usia ada keminatan, kalau pinter strateginya ya tepat sasaran, iklannya ga diabaikan tapi menghasilkan

Balas
avatar
admin
6/27/18, 9:59 AM ×

anggaran iklan dari pemasukan jasa review mas, 50% untuk pasang iklan 50% lagi untuk dapur he..he..

Balas
avatar
admin
6/27/18, 10:18 AM ×

Yang unik adalah, dulu sebelum saya medalami fb ads, facebokk sering ngasih free fb ads senilai $10 untuk fanspage saya. Setahun 2 kali. Namun setelah saya ikutan semol (seminar online) terkait fb ads, free tersebut sudah jarang dan bahkan saya sudah tidak pernah dapet lagi hahaha

Entahlah kenapa. Dan emang benar, beberapa kali pake fb ads, bagian targeting ini sangat penting banget, kalo saya dulu pake google analytic buat menganalisa visitor saya. Yang paling penting itu gender, usia, dan wilayah (seperti yang mas agus bilang).

Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar