Mencari Solusi Tepat Agar Anak Mau Makan ?

Mencari Solusi Tepat Agar Anak Mau Makan ?

Banyak sekali momen yang dilupakan orangtua dimana mereka tak memperhatika pola makan anak mereka. Seperti halnya di sekolah maupun di lingkungan bermainnya. Jika salah mengkonsumsi makanan, seperti terlalu banyak makan camilan, maka bisa mengganggu pola makan dan nafsu makan anak. Jika hal ini terjadi, maka barulah orangtua bingung untuk mencari solusinya. Sangat penting untuk membuat anak kembali memiliki pola makan yang baik dan teratur. Hal ini dikarenakan anak sedang dalam pertumbuhan terutama anak dalam usia emas pertumbuhannya yaitu usia 0 – 5 tahun. Anak memerlukan asupan gizi dan nutrisi yang lengkap, seimbang yang didapat dari makanan. Jika pola makan terganggu otomatis asupan gizi yang dibutuhkan tubuh juga terganggu.

Solusi Untuk Atasi Masalah Anak Susah Makan

Bagi orangtua yang sudah terlanjur memiliki anak yang nafsu makannya buruk, maka perlukan dilakukan beberapa upaya untuk membantu mengatasinya. Berikut langkah langkah yang bisa dilakukan :
  • Konsultasi ke dokter Jika anda ingin mendapatkan kepastian akan kondisi anak, baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Baik dengan dokter anak maupun konsultasi ke dokter gizi. Cari tahu penyebab anak tak mau makan. Dan konsultasikan apa yang harus dilakukan orangtua untuk mengatasi hal ini. Dokter ahli akan bisa mengarahkan lebih bijak untuk mengatasi masalah ini. Jika perlu tanyakan ke dokter apakah perlu memberikan pada anak penambah nafsu makan, seperti multivitamin di apotek. Jika dokter menganjurkan maka orangtua bisa melakukannya guna memperbaiki kondisi nafsu makan anak.
  • Atur Pola Makan Anak Bagi orangtua juag perlu tahu bahwa, jika seorang anak umumnya enggan makan, maka peran orangtua sangat penting dalam mengatur pola makan. Jadi, bukan hanya memasak menu yang enak dan juga bergizi tapi juga mengatur waktu makannya. Salah satu triknya ialah hanya menawarkan pada anak menu makanan utama saat wkatunya makan. Dengan demikian, maka anak hanya akan makan makanan yang sehat yang orangtua hidangkan saat waktu makan tiba. Perlu pula diketahui bahwa mengatur pola makan yang sehat bisa membuat anak untuk tumbuh dengan sehat dan menjaga organ tubuhnya selalu fit. Seperti halnya memaksimalkan kesehatan ginjal dan organ vital lain dalam tubuh.
  • Konsumsi Buah sebelum makan Tips ini sebenarnya terdengar aneh, tapi layak dicoba. Kebiasan kita adalah makan buah setelah makan besar. Namun hasil penelitan menunjukkan kalau hal ini salah. Justru yang benar adalah makan buah sebelum makan. Selain bisa memperbaiki usus dan saluran pencernaan, makan buah sebelum makan juga baik untuk menyeimbangkan nafsu makan sekaligus mengoptimalkan penyerapan nutrisi. Bagi anak ini bisa merangsang selera makannya sebelum makan makanan utama, sajikan dalam jumlah yang cukup dan jangan terlalu banyak. Atur jarak antara ½ - 1 jam setelah makan buah baru makan makanan utama.
  • Memberi Vitamin Penambah Nafsu Makan Jika langkah-langkah di atas tidak bisa menangani masalah anak kurang nafsu makan, maka bisa mengambil tindakan lain. Misalnya ialah dengan memberinya vitamin penambah nafsu makan anak Pemberian vitamin ini bisa menggunakan vitamin yang sudah tersedia di apotik atau menggunakan sumber bahan alami seperti Madu, Temulawak, Adas dan lain sebagainya.
Demikian tadi berbagai langkah yang bisa menjadi solusi untuk mengatasi anak yang susah makan. Sekali lagi segera ambil langkah langkah yang tepat ketika anak terlihat terganggu pola makannya, jangan dibiarkan dan dianggap sepele karena bisa berkibat tidak baik dikemudian hari. Semoga bermanfaat.

Salam Kenal saya admin agugus.com blog ini adalah media sharing saya, mudah-mudahan bermanfaat, berlangganan artikel follow akun media sosial saya dibawah ini, terima kasih sudah berkunjung

6 komentar

Anak saya tipenya susah makan mas, tapi solusinya saya ajak makan bareng sepiring berdua wah makannya lahap loh
Saya hampir nggak kebagian hehe

bener juga bisa dicoba, ini lagi lahap makannya soalnya sedang latihan puasa.

Ikut bingung dan kasihan kalau ponakan lg ga doyan makan. Jd rewel dan gampang sakit. Biasanya sih dikasih vitamin penambah nafsu makan gitu jg

Kata ibu. Aku tu dulu susah bgt makan, smpe sekarang pun masih susah makan. Karena jajannya banyakk, udah kenyang sama jajan jd malas makan, apalagi makan nasi dan sayur. Lha ini kenapa curhat. Wkwkwk
Ada baiknya pola makan memang harus diperhatikan org tua ya

nah itu yang suka bikin pusing orang tua, makan susah jadi cemas karena efeknya jadi gampang sakit

mangkanya langsing mba he,,,ga usah diet

Terima kasih sudah berkunjung
EmoticonEmoticon