Cara Donor Darah di PMI Pemalang dan Pertanyaan Lain Seputar Donor Darah


Bagaimana Cara Donor Darah di PMI Kabupaten Pemalang ? pertanyaan itulah yang membuat saya tergerak untuk mengulasnya, selain itu seringkali ada pertanyaan lain seputar proses donor darah, apa saja pemeriksanaan sebelum donor darah, lalu prosedur donor darah, ulasan ini juga bermanfaat bagi saya ketika ada pertanyaan yang sama saya tinggal kasih link https://www.agugus.com/2018/06/cara-donor-darah-di-pmi-pemalang-dan.html diklik linknya dan baca mudah-mudahan orang yang tanya bisa mendapatkan jawaban jelas dan lebih lengkap.

Kesadaran Donor Darah Tumbuh dengan Sendirinya

Awal mula saya donor darah, kasihan ada orang butuh darah, sedangkan stok waktu itu sedang kosong, saya pun mendonorkan darahnya, jadi berlanjut saya donor ketika ada pasien yang sedang butuh darah saja, dilain hari dapat nasehat dari teman yang mengingatkan kalau donor itu ibadah, karena nasehat baik saya pun ikuti sekarang donor tidak hanya pada saat orang butuh tapi mencoba rutin 3 bulan sekali, awal-awal ada kendala, HB tidak memenuhi syarat sampai beberapa kali sampai dikatain orang kurang gizi, malu lah saya, tapi tidak menyerah akhirnya pun bisa, ternyata itu diawal  donor yang 2 kali sampai 4 kali saja selanjutnya sampai ke yang 16 kalinya selalu memenuhi syarat.

Dari pengetahuan yang saya ketahui, saya dapat menyimpulkan pendapat saya, kenapa orang sadar dengan sendirinya untuk berdonor darah, diantaranya sebagai berikut.

1. Donor darah apa yang ada dibenak anda, sebuah ilustrasi kamu punya kecukupan uang tercatat kekayaannya 1 milyard, tak diduga suatu hari membutuhkan darah, uang 1 milyard itu tidak punya manfaat apa-apa, jika tidak ada orang yang mau menyumbangkan darahnya, maka dari itulah postingan ini terinpirasi bahwa berbuat baik, beramal, beribadah bisa anda lakukan dengan ber donor darah, darah yang anda sumbangan lebih berharga karena sangat dibutuhkan mereka yang sedang membutuhkan transfusi darah.

2, Kemudian lagi, ini bagi yang sudah rutin donor darah, mereka merasakan manfaatnya, sehingga dengan rasa sadar tumbuh dari kesadaran hatinya, kegiatan donor darah ini selain Ibadah juga salah satu aktivitas cek kesehatan, karena diketahui rutin pemeriksaan sebelum donor darah, jika kurang sehat maka darah tidak diambil dan orang tersebut melakukan langkah-langkah untuk memperbaiki kebugaran tubuhnya.

3. Satu lagi pengetahuan yang saya ketahui, donor darah ini memberikan inspirasi dan teladan, ketika anda rutin donor darah sampai 25 kali akan mendapatkan Piagam penghargaan dari Bupati, 50 kali dan 75 kali mendapatkan Piagam penghargaan dari Gubernur, Kemudian donor 100 kali bertemu dan mendapatkan Piagam penghargaan dari Presiden RI, apakah benar ? apa yang saya ketahui itu adalah bagian program pembinaan pendonor salah satunya mengadakan kegiatan tahunan seperti itu, yaitu pengakuan dan penghargaan kepada pendonor, kita bisa bayangkan ketika piagam tersebut dipasang dinding itu akan menginspirasi dan teladan bagi anggota keluarga kita.

Apa saja Proses Donor Darah ?

Seringkali yang menjadi momok bagi yang pertama kali sakit pada saat pengambilan darah, lihat jarumnya besar, menurut saya yang saya rasakan proses donor darah yang paling sakit adalah pada saat cek HB diambil sample darahnya di bagian jari, rasanya cetit...sakit, tapi hanya beberapa detik saja, justru pada saat mengambil darahnya tidak begitu dirasakan.

Jika kita mau donor darah melalui proses apa saja ? berikut pemeriksaan sebelum donor darah beberapa tahapannya

- Masuk ruangan mengucap salam tentunya kepada petugas yang ada, utarakan keinginannya, bilang saja mau donor darah, setelah itu petugas akan memberikan form donor darah, anda isi, jawabannya mudah jika ada kesulitan tanyakan petugas, selesai diisi tanda tangan dibagian bawah form dan berikan pada petugas dan menunggu dipanggil.

- Proses yang kedua anda akan di cek sample darahnya, kemudian dilakukan tensi jika memenuhi syarat akan dilanjutkan diambil darahnya.

- Dibersihkan area tangan sebelum diambil darahnya, petugas akan mengarahkan seperti salah satunya mengepalkan tangan pada saat ditusukan jarum donor dan lainnya.

- Pada saat proses darah mengalir ke kantong darah ini, petugas biasanya mencatat identitas pendonor dan memberikan kartu donor, agar nantinya untuk donor darah berikutnya pendonor tahu kapan waktunya donor darah kembali.

- Donor darah selesai, pendonor diberi menu donor yang disediakan oleh petugas.

Cara Donor Darah di PMI Pemalang

Saya ingin donor darah tapi tidak tahu caranya ? Pendapat saya jika ingin donor darah datang langsung ke Markas yang beralamat di Jl. Jenderal Gatot Subroto, No 78 Bojongbata Pemalang atau depan RSUD M Ashari Pemalang, karena ruangannya cukup nyaman.

Kemudian ada Pertanyaan lagi Lokasi Markas PMI jauh dari tempat tinggal saya?
Solusinya adalah PMI mengadakan donor darah keliling (mobil Unit) menggunakan bus donor darah, anda bisa tanyakan jadwal donor darah di 0284-321431 cari jadwal lokasi yang terdekat dengan tempat tinggal anda.

Jadwal Mobil Unit Donor darah yang dekat dengan tempat tinggal saya tidak ada bagaimana caranya agar Tim PMI mau ke tempat tinggal saya kebetulan lingkungan saya juga menginginkan donor darah.
Bisa saja usulkan permohonan melalui kepala desa atau atas nama sebuah lembaga, mengajukan surat permohonan ke Kepala Unit Donor Darah PMI Pemalang, akan tetapi untuk permohonan ini ada syarat yang harus dipenuhi yaitu minimal orang yang mau donor darah berkisar minimal 50 orang sepertinya  =TIM PMI mau mendatangi lokasi, alangkah baiknya sebelum mengajukan permohonan konsultasikan terlebih dahulu ke nomor yang disebutkan diatas.

Pertanyaan lain-lain seputar donor darah

Saya pendonor darah sukarela, kenapa saya butuh darah membayar ?

Darah sebelum disalurkan ke pasien ada biaya yang dikeluarkan yang disebut dengan BPPD ( Biaya Pengganti Pengolahan Darah) yaitu ada alat untuk mengecek apakah cocok pendonor darah dengan darah pasien, apakah aman dari bakteri sejenisnya yang berarti darah harus dicek ini ada alatnya, kemudian petugasnya profesional yang harus digaji, dan biaya lain-lain, dan dalam hal ini juga ada ketentuannya, yang diatur tidak per wilayah kabupaten Pemalang saja, misalnya Pemalang ketentuannya biaya Penganti Pengolah Darah ini Di tentukan oleh Surat Keputusan  ditingkatan Provinsi Jawa Tengah.
Jadi berkaitan dengan Biaya Pengganti Pengolahan darah ini tidak menentukan sendiri tapi ada ketentuan yang mengaturnya di Tingkatan Provinsi dan Pusat.

Ketika Butuh Darah Bagaimana caranya ?

Pihak rumah sakit yang akan mengurus kebutuhan darah yang dibutuhkan, dari rumah sakit yang nanti minta darah ke PMI, hal lain kemungkinan terjadi adalah jika stok darah sedang kosong adalah mencari donor darah pengganti dari keluarga itu sendiri saudara, teman yang mempunyai golongan darah yang sama. jika membutuhkan informasi stok darah anda bisa cek setiap harinya secara online dihalaman ini cek stok darah kabupaten kota se Jawa Tengah

Saya cukupkan dulu sharing hari ini, lain waktu akan admin update jika ada hal baru yang admin ketahui, jika ada yang ditanyakan silakan tinggalkan dikolom komentar dibawah ini.




Terima kasih sudah berkomentar