Tips Pencari Pekerjaan Untuk Fresh Graduate Non Pengalaman

Pekerjaan untuk Fresh graduate dari apa yang saya alami tidak mudah untuk diterima kerja, saya sendiri bisa masuk kerja dengan posisi pekerjaan yang kemungkinan orang lain tidak minat, yaitu sales, berjalannya waktu melalui kenalan relasi orang perusahaan saya pindah kerja bisa masuk diterima kerja tanpa ribet, Alhamdulillah dua kali masuk kerja tanpa membayar, kebetulan kenal dekat, jadi tidak ada suap menyuap agar bisa diterima kerja, yang satu teman kuliah kakak saya jadi pimpinan perusahaan dan yang kedua tetangga dekat lagi butuh tenaga akuntansi, kebetulan saya lulusan akuntansi dan diterimalah saya bekerja



Dari pengalaman singkat diatas coba berpendapat memberikan Tips Untuk Pencari Pekerjaan Fresh Graduate Non Pengalaman, Fresh graduate ini saya artikan seseorang yang baru lulus, bisa fresh graduate SMK, fresh graduate SMA, ataupun bisa fresh graduate Sarjana.

Saya mengkategorikan anda fresh graduate unggul atau biasa-biasa saja, fresh graduate unggul seperti dulunya aktif berorganisasi sebagai ketua organisasi seperti OSIS, Pramuka, PMR dan lainnya, kemudian prestasinya juga ada, misal pernah juara lomba pidato, mewakili kompetisi untuk sekolah / perguruan tingginya, seringkali fresh graduate unggul ini tidak sulit mendapatkan pekerjaan bahkan bisa memilih pekerjaan yang sesuai dengan yang diinginkan. ternyata itu penting,  saya pernah membaca sebuah informasi masuk perguruan tinggi favorit jalur khusus jika disekolahnya menjadi ketua OSIS bisa masuk tanpa tes.

Tips Untuk Pencari Pekerjaan Fresh Graduate Non Pengalaman
Bagaimana dengan Fresh Graduate yang biasa-biasa saja, inilah yang coba saya ulas, sesuai dengan pengalaman saya sendiri yang juga masuk kategori Fresh Graduate biasa-biasa saja, tipsnya saya rangkum sebagai berikut :

1. Jangan sesali masa lalu, kenapa dulu tidak aktif organisasi, kenapa dulu belajarnya tidak bersungguh-sungguh, dulu sekolahnya begini begitu membicarakan kelemahan diri, sekarang semangat belajar mulai dari nol lagi dengan bersungguh-sungguh, ada rasa ingin terus memperbaiki diri.

2. Cari lowongan untuk  Fresh Graduate Terima dulu pekerjaan apa adanya yang penting halal, sales, penjaga toko, staf dan lainnya, karena pertimbangan anda tidak punya kompetensi yang punya nilai jual, daya tarik kalah bersaing dengan SDM lainnya didunia kerja, dan seringkali seorang Fresh Graduate dipandang sebelah mata, setelah melamar dan dapat kerja jalankan dengan tekun, jujur dan bersungguh-sungguh pekerjaan itu, coba setiap pekerjaan yang diberikan dari bos anda, anda mengerjakan dengan baik, hasilnya baik dan bos senang, terus berkelanjutan seperti itu berusaha jangan sampai bos kecewa dengan hasil kerja anda, buat bos percaya dengan cara kerja anda. Proses ini membutuhkan kesabaran ekstra.

3. Terus belajar perbaiki diri tingkatkan skill, misalkan mengerjakan sesuatu biasanya membutuhkan waktu 5 jam, dengan terus berlatih 2 jam sudah selesai. seperti contohnya yang saya lakukan, ketika ada tugas mengetik awal dulu saya lama, semakin kesini saya bisa kerja cepat, ini menjadi perhatian pimpinan, dulu membuat surat penawaran dibuatkan draf konsep oleh bosnya saya tinggal ngetik doang, sekarang bosnya apa-apa tinggal bilang tolong buatkan surat penawaran untuk ini, tanpa konsep bisa membuatkan, jadi pada intinya terus berkembang kemampuannya.

4. Biarkan orang lain berkata apa, jadikan motivasi, misalkan saja seorang sarjana kok pekerjaannya ditempat seperti itu, hibur diri dengan ungkapan banyak sarjana yang masih menganggur, bekerja tidak hanya soal gaji, tetapi mendapatkan pengalaman, pengembangan diri, kalau kelamaan menganggur buang-buang waktu, hidup ini perlu belajar dan berlatih dan tempatnya ada dipekerjaan tempat kita bekerja. kalau anda merasa sudah hebat punya skill yang unggul, seorang yang ahli dibidangnya anda bisa melamar memilih pekerjaan ditempat yang lebih bagus.

Ilustrasinya meski anda bekerja ditempat biasa, perusahaan kecil, tapi dalam bekerja anda total bersungguh-sungguh, hingga berjalannya waktu, anda sangat ahli dibidang yang anda kerjakan, kemampuan memberikan pengaruh kemajuan perusahaan anda menjadi perhatian dan pembicaraan pimpinan, ini secara tidak langsung sudah mempromosikan diri kamu.
Ada sebuah cerita, kisah nyata saudara saya sendiri. dimana ada karyawan kerjaannya bagus, berjalannya waktu ada yang fitnah, kemudian merasa tidak nyaman sudah difitnah lalu mengundurkan diri dari perusahaannya, apa yang terjadi begitu keluar berhenti dari perusahaan, ada seorang investor pemodal yang mengajak kerjasama untuk mengelola perusahaannya, ternyata investor tersebut mendapatkan informasi dari temannya kalau ada orang yang cara bekerjanya bagus, SDM berkualitas, investor tersebut begitu tahu resmi keluar dari perusahaannya langsung dihubungi saudara saya untuk mengelola perusahaannya

Permasalahan lain jika belum diterima kerja
Seringkali sudah kesana kemari, kemudian sudah niat kerja apapun mau, tetapi belum diterima kerja juga, beberapa saran yang bisa dilakukan adalah :

1. Sering bersilahturahmi perbanyak pertemanan, utarakan kalau anda sedang mencari pekerjaan. manfaatkan informasi lowongan kerja di internet dengan bergabung grup lowongan kerja, situs-situs yang berisi lowongan kerja, menjadi follower fanpage facebook yang berbagi informasi lowongan kerja, berikut referensi : fanpage facebook berbagi informasi lowongan kerja.

2. Wirausaha mandiri, menunggu diterima kerja bisa membuang-buang waktu, anda bisa membuka usaha, berikut referensi artikel semoga bermanfaat baca pada 12 Ide Usaha Jualan Dengan Menggunakan Motor Roda Tiga Viar

Kesimpulan
Tips Untuk Pencari Pekerjaan Fresh Graduate Non Pengalaman saya mengibaratkan, seperti orang bodoh yang nerima manut apa yang ada didepan mata, tetapi dibalik itu sedang bersemangat bekerja keras, berproses orang bodoh yang bekerja itu sedang menyerap ilmu, hingga akhirnya menjadi orang yang terlatih, seperti ibarat ketika berhadapan dengan orang yang banyak ilmu, gelasnya dikosongkan agar bisa menampung ilmu.

Karena saya sendiri demikian, walaupun sarjana awal dulu terbilang kerjaan saya jauh dari standarisasi, tapi saya lakukan dengan sungguh-sungguh ketika mendapatkan tugas, saya kerjakan dengan sebaik-baiknya tugas demi tugas, berjalannya waktu berproses, ketika ada promosi jabatan, saya yang diberi amanah itu, padahal rekan-rekan kerja saya, lebih lama bekerja ditempat itu, dan saya karyawan paling baru.




4 komentar

Click here for komentar
5/27/18, 3:59 PM ×

Saya punya teman yang tamatan sarjana, tapi dia justru lebih suka menjual kangkung. Sehari bisa seratus gabung ( 25 ikatan kecil ). Satu gabung untungnya 2000 rupiah. Jualannya dalam hitungan jam.
Terus belajar, dan meningkatkan skil. itu yang baru saya terapkan.

Balas
avatar
admin
5/27/18, 9:52 PM ×

pandangan orang tua dulu meski tidak semua, setelah kuliah harapannya bekerja, padahal berwira usaha juga kerja, bagi saya yang penting ada yang dikerjakan, dan terus dikembangkan

Balas
avatar
admin
5/28/18, 2:54 AM ×

betul apa yang telah di jelaskan, uraian demi uraian hingga sampai memiliki satu pekerjaan tetap meskipun skil belum begitu mumpuni, namun berkat kegigihan kita yang menekuni sebuah anugerah pekerjaan, maka pekerjaan itupun nantinya akan mengantarkan kita ke tingkat pekerjaan yang lebih tinggi

Balas
avatar
admin
6/2/18, 5:06 AM ×

Aku sepertinya termasuk beruntung pas melamar kerja dulu :).apalagi kampus di Malaysia tempat aku kuliah ga banyak organisasi yg hrs diikuti. Jd bisa dibilang, pengalaman organisasiku nol sih.

Udh 11 thn kerja di bank asing ini, sejak fresh grad. Pdhl awalnya pas dipanggil interview ga inget samasekali masukin lamaran kesini, saking banyaknya yg dikirim. Pertanyaan interview juga ga susah, kliatannya dia cuma mau tes kemampuan bahasa inggris saja secara oral. Tes psikotes juga lulus, dan menurutku dari sekian bnyk psikotes yg aku ikutin, ini juga yg termudah, yg bikin aku PD lulus. Trakhir tes kesehatan. Lulus juga. Makanya aku ngerasa, dilancarkan banget saat itu. Bersyukur sih. Sampe skr malah betah di bank asing ini dan blm ada niat pgn kluar :D.

Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar