Saya ingin belajar menghasilkan uang dari blog bagaimana urutannya ?

Ketika saya share bukti-bukti perolehan dari blog modal akses internet (baca pada : Meraup Dollar dari internet Lalu ditabung di Paypal ), ada yang beranggapan saya seorang master senior sudah lama berkecimpung didunia perbloggeran, awalnya mikir lama juga untuk menulis penghasilan dari blog, tujuan saya waktu itu hanya mencatat perjalanan proses karena senang berlama-lama di internet, suka komputer, kemudian ada peluang menghasilkan ya sudah saya tekuni.

Agar ngeblog tetap jalan, orang lain teman saudara tidak meremehkan, kalau apa yang saya lakukan ini bermanfaat, menghasilkan, saya buat konten penghasilan dari blog meski kecil itu sudah bukti kalau ngeblog itu menghasilkan tidak hanya sekedar membuat tulisan. Sempat dulu terbayang-bayang begini kalimatnya "kamu lama-lama didepan komputer ngomongnya kerja lagi usaha cari uang mana buktinya ?" waktunya habis berlama didepan komputer, mudah sakit karena jarang gerak, kebanyakan online" kalau kamu sebagai blogger sempat kebayang seperti itu ga ?

Nah begitulah....

Maka dari itu saya melakukan sebuah cara yaitu dengan menulis perjalanan saya, kemudian pasang status difacebook, whatsapp gambar screenshot penerimaan dari internet, apa yang terjadi dilingkungan? komentar teman katanya hebat bisnis jari jemari, katanya hanya dari mengetik membuat artikel.

Kemudian didunia maya, ketika di forum grup kumpulan blogger ada pertanyaan yang melintas di time line facebook saya, karena dulu merasakan jadi pemula, rasanya tersentuh ingin menjawab pertanyaan yang diajukan blogger yang baru memulai tersebut, begitu menjawab, lanjut bertanya lagi dan bertanya lagi sampai lanjut minta nomor hp wa dan lanjut bertanya. padahal dunia digital ini dinamis terus update, yang dibilang dulu belum tentu berlaku untuk sekarang,contoh seperti cara ngeblog dulu jika dibandingkan cara ngeblog sekarang juga beda, ini dalam kaitan algoritma mesin pencari google yang update dan diikuti oleh para blogger yang menginginkan sumber trafik blog dari mesin pencari google.

Wajar sih, dulu saya juga merasakan itu bertanya ingin mendapatkan sejelas-jelasnya jawaban dari pertanyaan saya. kalau lagi teringat itu jadi terinspirasi membuat artikel mengulas sejelas-jelasnya ribuan kata seperti yang saya buat pada postingan Cara Mendapatkan Dollar dari Internet Sudah Banyak yang Berhasil Untuk Pemula dan Para Blogger

Pendapat saya ngeblog untuk uang adalah bagaimana kita bisa berkreatifitas terus konsisten, dan hasil karya kita menarik perhatian dan memberikan manfaat, sehingga orang senang dan menunggu karya-karya berikutnya, hingga pada akhirnya karya yang berupa konten teks artikel ini dibaca banyak orang, sehingga memunculkan potensi penghasilan dari iklan blog. jadi memang harus melampui tahapan proses demi proses, bagaikan menanam tanaman, tiap hari disiram dipupuk tumbuh besar berbuah baru bisa dinikmati.

Kemudian dalam prosesnya karena sebagian besar orang mencari info melalui google, blogger belajar mengamati lalu mencoba agar blognya bisa ditemukan melalui mesin pencari google, dan disinilah proses yang amat ribet bikin lelah, dimana filter google ini ada sebuah robot sistem menentukan mana artikel yang ditempatkan dihalaman pertama google.

Pemula ingin belajar menghasilkan uang dari blog

Kembali ketika ada orang ingin belajar menghasilkan uang dari blog, seperti yang saya rasakan dulu gerak langkahnya ada keraguan apakah cara ini benar atau salah, kemudian ingin ada orang yang berpengalaman menjawabnya, karena beranggapan pengalaman orang ini kemungkinan besar ada benarnya.

Ilmu ngeblog sepertinya hanya itu-itu saja kalau terus dipelajari ini luas seperti misalnya membuat blog, kemudian ada edit html habis itu buat template sendiri, kemudian ada masukan iklan di konten, kemudian widget, kemudian di wordpres ada ragam plugin maka dari itu saya mending disebut pemula saja he,,,

Kalau saya ditanya bagaimana urutannya saya ingin belajar menghasilkan uang dari blog, jawaban versi saya seperti ini
1. Bisa menulis membuat artikel
Karena blog ini hanya wadah yang penting isinya yaitu artikel, dulu saya berawal dari tidak suka menulis, menulis pekerjaan yang bikin malu saya, karena termotivasi ingin menghasilkan uang dari blog, saya berlatih terus, ketika saya evaluasi kadang suka senyum sendiri, ini tulisan maksudnya apa, bingungi dan lainnya, sampai sekarang juga menerima kritik seperti itu, tulisannya bingungi sulit dipahami, saya terima karena kadang menulis ini disaat tidak mood pikiran sedang kurang enak, hasil tulisannya sejadinya.

2. Bisa membuat blog
Yang ini tidak begitu berat, karena panduan bisa ditemukan dengan mudah dan jelas karena diserta gambar tinggal praktek saja.
Blog sebagai wadah konten artikel menurut saya point yang penting loading cepat, responsif.
Tapi yang menjadi kendala saya waktu itu saya ingin punya blog dengan tampilan yang tidak standar template dari blogger, tujuan agar percaya diri. saya cari template yang sudah jadi upload dan berhasil, waktu itu karena saya newbi ga cepat paham, dinasehatin makanya banyak baca, maka dari itulah sekarang saya juga jawabnya mudah kalau orang bertanya kesaya, banyak baca saja blog bagus banyak bisa cari lewat google.

3. Konsisten Buat Konten yang menarik dan bermanfaat
Blog ibarat jadi diri anda, jadi diri kamu sendiri buat artikel yang beda, sajikan terbaik sesuai kemampuan anda, percaya diri konsisten membuat konten terbaik berkualitas.
Ini yang sulit mungkin dalam hal ini saya hanya bisa berbicara saja, di internet ini luas ketika kamu membuat konten terbaik akan ada yang terbaik lagi, berlomba-lomba membuat tulisan baik di internet ini bak dilaut samudera luas. yang ini tidak perlu menjadi perhatian kamu hanya perlu ketekunan saja.

4. Menjadi Pengamat dan peneliti
Yang keempat ini terkadang bikin stress bagi para blogger yaitu mendatangkan trafik blog, nah untuk ini blogger menjadi pengamat, meneliti kemudian mempraktekan yaitu bagaimana agar blognya mendapatkan halaman pertama di google, karena sumber trafik dari google ini bagus untuk blog, karena kita ketahui bersama, orang cari informasi melalui mesin pencari google. dari menjadi pengamat dan peniliti ini ada muncul istilah teknik seperti seo Friendly, riset keyword

5. Terus perbaiki kualitas konten
Dari pengamatan saya blog yang mendapatkan trafik tinggi kontennya lebih baik dari konten blog saya he,,,

Meski sudah melakukan semuanya kemudian belum menghasilkan serupiah pun, atau hasilnya kecil, yang ini saya tidak hanya berpanjang lebar menjelaskannya, karena saya berkeyakinan, manusia hanya bisa berusaha untuk hasil Rezeki Kehendak Tuhan Yang Maha Esa, tugas saya hanya berusaha sebaik-baiknya tekun, kalau hasil belum baik terus berusaha. dengan keyakinan seperti ini saya pun tidak lupa berdoa dan memperbaiki Ibadah saya, semoga Tuhan Yang Maha Esa Meridohi usaha saya.

Logikannya, ada master blogger berpenghasilan besar, sudah tahu ilmunya, lalu membuka kursus, apakah rezekinya sama ? apakah bisa dipastikan membernya berhasil, maka dari itulah disini nyata rezeki itu bukan semata karena usaha manusia. maka dari itu saya menyadari usaha dibarengi seimbang dengan doa beribadah sebaik-baiknya, semoga kita semua mendapat Ridho Allah SWT sehingga kita diberikan nikmat sehat dan rezeki yang cukup dan diberkahi. amin

Jadi kalau belum juga menghasilkan dari blog dievaluasi usahanya ngeblognya dievaluasi juga ibadahnya.  update terus pengetahuannya tentang blog, banyak teman seprofesi blogger suka berbagi pengalamannya dan ini menjadi pembelajaran kita, salah satu caranya bisa rutin blogwalking, simak terkait pada postingan Sering Silahturahmi Online (blogwalking) Nambah Rezeki dari blog.

Selanjutnya.....

Mohon berkenan khusus pembaca seorang blogger juga, memberikan saran dan masukan versi anda seperti apa tentang  ingin belajar menghasilkan uang dari blog bagaimana urutannya ? mudah-mudahan bisa menjadi pembelajaran bersama.

Terimakasih bagi yang sudah meninggalkan komentar dibawah..

Salam Kenal saya admin agugus.com media ini adalah tempat nongkrong sharing seperti kantor online saya, terimakasih sudah berkunjung

8 komentar

Konsisten dan kualitas ini yang paling sulit dipraktekin ya mas :D

pusing cari uang di internet mas

iya mas kalau ini sudah kemampuan diri masing-masing

Saya juga pemula yang ingin meraup dolar mas...masih terus belajar tak ada batasan waktu. Bisnis blog menurut saya sih harus didasari rasa suka pada menulis kalau nggak repot deh

iya mas pusing - pusing asyik he..he...

Yaa!! Intinya perlu waktu dan keseriusan untuk meraih hal yang telah dijabarkan diatas...😄

Untuk menghasilkan uang dari blog starat diatas sudah bisa menjadi bekal
saya tidak bisa kasih saran apa-apa
yang pasti saya sangat menikmati karena ini mejadi wadah hiburan yang sangat positif
dan banyak ilmu baru yang saya temukan

Terima kasih sudah berkunjung
EmoticonEmoticon