Cara Saya meningkatkan reputasi toko online mulai dari nol

Meski sudah ada marketplace besar, tinggal posting lalu menunggu ada order, karena market place sekarang promosinya iklannya luar biasa, pedagang online seperti dimanjakankan dengan situs marketplace ini, tapi untuk saya sendiri tidak tahu kenapa, kok malas banget posting produknya, padahal dulu sebelum marketplace sepopuler sekarang, saya pernah jualan di situs marketplace dan berhasil closing sekali, saya tahu jualan di market place juga tidak perlu testimoni atau ngurusin reputasi toko online lagi, karena sistem market place ini sudah disistem sedemikian rupa dan canggih.

Saya memilih membuat membangun toko online dari nol, mendatangkan trafik dan meningkatkan reputasi toko online agar orang nyaman belanja di toko online saya, ini cukup ribet tapi menurut saya ada seninya, hal yang sulit ketika memulai dari nol adalah menjelaskan kalau toko onlinenya ini terpercaya, tidak ada bukti transaksi jadi hanya kata-kata saja untuk menyakinkan calon pembeli.

Berikut coba sharing pengalaman bagaimana Cara Saya meningkatkan reputasi toko online mulai dari nol.

Testimoni toko online pertama kali rasanya sulit, karena begitu orang mau beli ragu, karena toko onlinenya baru, belum ada bukti transaksi sama sekali, takut penipuan, hal wajar bagi seorang pembeli online.

Yang penting terus berusaha sampai dapatkan pembeli pertama

Dengan pengalaman jualan yang saya miliki, meski jualan produk baru lagi, Alhamdulillah tidak terlalu lama mendapatkan pembeli pertama, caranya sudah pernah saya bagikan juga di blog ini, bisa disimak disini Cara Saya Jualan di Instagram sampai Closing

Langkah kedua setelah mendapatkan pembeli pertama
Saya optimalkan ketika mendapatkan pembeli pertama, chat wa saya screnshot, bukti resi pengiriman saya foto, bukti transfer pembayaran order saya screnshot, dan itu saya jadikan dokumen saya buat artikel dan posting.

Contoh seperti yang sudah saya lakukan yaitu pada jualan perlengkapan PMR, begitu ada pembeli bukti transaksi saya buat artikel, ternyata cukup efektif untuk memberikan rasa nyaman calon pembeli, kemudian Alhamdulillah closing berikutnya pembeli kedua ketiga dan seterusnya, setiap transaksi saya publikasikan khusus disatu halaman blog (bisa dilihat dihalaman ini), jadi seperti buku catatan penjualan.

Penutup
Cara Saya meningkatkan reputasi toko online mulai dari nol adalah dengan berusaha meraih pembeli pertama, kemudian dari pembeli pertama itu dioptimalkan menjadi bukti dan testimoni yang menarik lalu dipublikasikan dihalaman blog untuk memberikan bukti toko online terpercaya dan kenyamanan calon pembeli, tidak ada kekhawatiran lagi orang mau beli online ditoko online saya, karena sudah melihat langsung history transaksi toko online.


Salam Kenal saya admin agugus.com blog ini adalah media sharing saya, mudah-mudahan bermanfaat, berlangganan artikel follow akun media sosial saya dibawah ini, terima kasih sudah berkunjung

11 komentar

Pembeli pertama dengan pelayanan dan kesan yang memuaskan kelak akan datang lagi sebagai pembeli kedua dan bisa menjadi virus untuk mendatangkan pembeli-pembeli yang lebih banyak, sukses untuk tolo online nya ya

terimakasih ilmunya.... sebenarnya kalau tokok online bisa manfaatkan blog, atau bisa juga manfaatkan media sosial.. tinggal bangun komunikasi yang baik dengan klien saja ntar juga reputasinya mulai diakui

Amin..terima kasih mba ummi hani

Ya mas.. ada prosesnya ya.

Aku belum pernah jualan online sih. Tapi ilmunya berguna banget. Inshaa Allah ilmunya akan saya praktekkan
Makasih

Jiwa bisnisnya memang bagus mas agus. kemauan yg kuat jg sih yg menentukan.
Saya belum pernah berhasil di bidang ini. Terlalu cepat mutungnya,gagal trus males 😁

Ini bisa saya praktekan juga, Mas. Terlebih ada teman yang baru mau membuat toko online. Semoga membantu juga, setidaknya harus yakin dan sabar perlahan ya, Mas..

Terima kasih sharingnya, Mas..

Semoga bermanfaat, jualan online ini tantangan memacu adrenalin he...he..

Jiwa bisnis mungkin hasil latihan gagal coba lagi cari jalan lain cari solusi lagi mba.

Ya mas banyak mencoba praktek ilmu yang dapat dari search google, gagal coba lagi cari cara lain begitu seterusnya mas.

Wah mantep mas toko onlinenya, sukses selalu,
Jadi tambah wawasan lagi buat saya yang masih belum mencoba toko online :D

Terima kasih sudah berkunjung
EmoticonEmoticon