Konten Blog yang Berkualitas itu seperti apa ?

Sebelumnya posting Evaluasi Perjalanan Ngeblog saya sampai Hari ini ada teman yang komentar panjang banget sepertinya berbeda pandangan, dari sini jadi muncul ide menulis lanjutan yaitu tentang konten blog yang berkualitas itu seperti apa ?

Berikut pendapat saya, kalau bisa diterima semoga bermanfaat, kalau ada yang salah atau beda pendapat sampaikan di kolom komentar.

Artikel berkualitas menurut saya juga bermakna luas, kalau anda blogger for money kemudian disandingkan blogger sejati sepertinya antara minyak dan air tidak ada titik temu, pendapat saya berbeda antara menulis untuk menghasilkan uang dari blog dan berkualitas untuk porsi penulis blog sejati atau blogger sejati dimana menulis ini hanya sebuah curahan apa yang ingin ditulis, tidak terkontaminasi dengan yang namanya embel-embel uang dari blog yang penting bisa terus membuat tulisan membuat konten blog.

Kalau menulis hanya untuk menyalurkan hobi menulis sekedar ingin menulis yang berarti tidak peduli trafik blog konten berkualitas menurut pandangan saya sebagai berikut :

1. Original Menulis panjang jelas detail dan lengkap
2. Memperhatikan tata bahasa agar pembaca jelas paham akan tulisan yang di baca
3. Judul bebas
4. Menulis mengalir apa adannya

Sedangkan menulis konten berkualitas untuk sebuah blog dimana blog tersebut dijadikan alat penghasil uang ini memiliki ciri kualitas yang berbeda tidak hanya menarik pembaca tetapi menarik mesin pencari google, orang menyebutnya artikelnya SEO friendly. seperti apa, artikel berkualitas dalam hal ini, berikut beberapa pandangan saya :

1. Judul menarik dan SEO menargetkan kata kunci.
Contoh menulis biasa judul "pengalaman berlibur ke pantai widuri pemalang" kalau untuk artikel SEO bisa memberi judul " wisata di Pemalang Pantai Widuri Ramai Pengunjung ini daya tariknya" judul tersebut menargetkan kata kunci "wisata di Pemalang" di mesin penelusuran.

2. Artikel Panjang, jelas dan sistematis 
Konten berisi informasi-informasi yang dicari orang menggunakan mesin pencari google, blogger pun berusaha bisa masuk di halaman pencari google dengan beberapa kata kunci lain, seperti pada contoh diatas, berusaha agar konten bisa masuk dengan kata kunci alamat pantai widuri, apa saja yang menarik di pantai widuri, tiket masuk pantai widuri dan hal-hal lain yang seringkali orang mencari informasi dengan mengetikan kata kunci dimesin pencari google.
Ilustrasinya, saya pengin berwisata di  widuri Pemalang, saya cari informasi di google lalu mengetikan kata kunci "yang bagus dari pantai widuri pemalang" bisa terjadi karena persaingan dikata kunci tersebut masih sedikit, artikel tersebut terdapat dihalaman pertama paling atas pencarian google.

Jadi artikel berkualitas untuk konten blog penghasil uang adalah menargetkan kata kunci yang jelas serta mengoptimalkan konten seperti dari penulisan, kreatifitas dengan menyisipkan gambar dan video, hingga google menyukai konten tersebut dan menempatkan dihalaman pertama.

SEO ini hanya yang tahu pastinya TIM google, blogger hanya bisa mengikuti panduan dari google, kemudian menebak melalui artikel konten yang berada dihalaman pertama google, berikut hanya sebuah pencermatan saya saja.
1. Artikel berada dihalaman pertama google, kontennya panjang ini jika persaingan dikata kunci tersebut cukup ketat.
2. Artikel berada dihalaman pertama google, konten pendek ini jika persaingan dikata kunci tersebut belum banyak yang mengulas.
3. Domain memberi pengaruh positif dalam persaingan dihalaman pertama google, misal ada domain caramembuatblog.com ketika ada orang mencari informasi tentang cara membuat blog domain tersebut bisa memenangkan persaingan.
4. Blog Setopik memliki kekuatan SEO dibanding blog gado-gado

Saya sendiri blogger for money atao blogger murni, saya keduanya kadang menulis ringan tidak menargetkan sesuatu, kadang menulis untuk sebuah trafik ada optimasi untuk blog. karena tidak bisa menutup mata, blog bisa menghasilkan uang kenapa tidak dijalankan keduanya, menyalurkan hobi dan mendapatkan uang dari hobi tersebut, dengan cara menulis biasa dioptimasi juga agar berada dihalaman pertama mesin pencari google, karena sumber trafik dari google ini menyenangkan, kalau berhasil terindek dan mendapatkan posisi dihalaman pertama blog, ini seperti alat penghasil uang yang canggih, pemilik blognya tidak promosi terus menerus. ada saatnya berhanti promosi trafik blog tetap ada.

Demikian dari saya kurang lebihnya, semoga bermanfaat.





8 komentar

Click here for komentar
4/9/18, 11:31 AM ×

Wah jadi tambah ilmu lagi dari mastah tentang penjelasan mengenai konten yang berkualitas,
Kalo saya si gak tahu apa namanya ,hehe ngeblog cuma untuk dari pada nganggur :D

Balas
avatar
admin
4/9/18, 11:42 AM ×

Berbagi pemahaman saja mas..mudah mudahan benar

Balas
avatar
admin
4/10/18, 9:26 AM ×

kalo sha mah, jarang mikirin yang kaya gini. Nulis yang ada dipikiran aja hahaha pusing malah ga jadi2 nulis kalo di pikirin mulu :P

Balas
avatar
admin
4/10/18, 10:26 AM ×

wkkk ya mba sha...yang penting tujuannya happy

Balas
avatar
admin
4/12/18, 1:13 PM ×

Yah... ngambang banget. kalau kriteria berkualitas seperti di atas mah, itu mah maunya para blogger dan jauh sebenarnya dari makna kualitas sebenarnya.

Karena kata kualitas sendiri sebenarnya berkaitan dengan seberapa jauh "harapan" dan "kebutuhan" pembaca terpenuhi dan bukan seberapa bisa memuaskan mesin pencari Google. Yang di atas lebih terfokus pada memuaskan diri sendiri terutama dalam menghasilkan uang.

Kalau dibahas mah panjang lagi nantinya..

Eniwe.. yawda.. itu mah haknya mas kok membuat kriteria sendiri-sendiri.

Selama mas Agus hepi, ya syukur lah..

Balas
avatar
admin
4/12/18, 4:31 PM ×

Sejauh ini orang cari informasi lewat google mas,sebagai penulis dua kali action dua tujuan terlampui, kualitas google juga tak diragukan. Ini terlihat mesin pencari ini masih eksis sampai sekarang. Google ini juga sangat membantu agar tulisan para blogger banyak yang baca.

Balas
avatar
admin
4/17/18, 9:51 AM ×

Terima kasih buat ilmunya mas.
Lumayan buat nambah-nambah pengetahuan biar bisa bikin karya yang lebih baik.

Balas
avatar
admin
4/17/18, 1:31 PM ×

saya ada dua blog.

satu untuk serius..generate income

satu lagi sebagai blog santai atau non profit blog

Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar