Jangan Lupakan ini Persiapan Sebelum menggunakan Transportasi Kereta Api

Punya pengalaman yang kurang menyenangkan untuk diri saya sendiri bukan dari Kereta Apinya, Kalau Kereta Api sekarang sudah bagus sekali ada pembenahan kearah kenyamanan penumpang, dulu waktu saya masih anak kuliahan tahun 2002-2006 sering menggunakan transportasi kereta, luar biasa masih suka berdiri dan berdesak-desakan, sekarang bagus ber AC dan cukup nyaman satu orang satu tempat duduk, membuat saya memilih kereta Api jika berpergian ke Semarang.

Dari kenyamanan menggunakan kereta api sepertinya tidak dirasakan saya saja, tapi kebanyakan orang, ini terlihat ketika memesan tiket waktu libur panjang misalnya jumat sabtu minggu habis terjual, karena terdapat perubahan, dulu penjualan tiket hanya distasiun sekarang sudah online dan pesan dijauh hari seminggu sebelumnya bisa juga sebulan sebelum keberangkatan.

Senangnya naik kereta Api ini meski terbatas jadwalnya sudah ditentukan, naik kereta ini lebih cepat, lebih nyaman, dan hemat energi juga jika dibandingkan dengan mengendarai mobil sendiri. itu jika keperluan diluar kota hanya sebentar dan tidak ada acara lain.

Pengalaman yang tidak menyenangkan
1. Waktu berangkat kehabisan tiket, terpaksa beli tiket untuk hari berikutnya.
2. Waktu pulangnya beli online, padahal sisa 7 kursi lagi proses pengetikan dan deal, eh tidak kebagian, keduluan sama pembeli online lainnya. akhirnya pulangnya mundur lagi rencana minggu sore jadi pulang senin pagi.
3. Beli Tiket disaat liburan panjang ramai, saya naik kereta bersama keluarga bawa anak kecil pada saat berangkat tempat duduknya berpencar, ini karena memang pilihan kursi tidak ada lagi, sedangkan pulangnya karena pesan lebih awal dapat tempat duduk yang berdekatan.

Persiapan Sebelum menggunakan Transportasi Kereta Api
Dengan pengalaman yang kurang menyenangkan itulah maka dari itu saya share, agar tidak merasakan hal yang sama, yang saya ulas adalah Jangan Lupakan ini Persiapan Sebelum menggunakan Transportasi Kereta Api, antara lain :

1. Matangkan rencana berpergian

2. Jika sudah matang menentukan tanggal berpergian meski masih lama, segera membeli tiket saja, karena dari pengalaman pergi pada saat liburan, ini ramai juga, antisipasi kehabisan tiket.
Pengalaman pada saat perjalanan dari stasiun sampai kerumah, driver ojeg online bercerita kepada saya katanya ada orang tegal mau ke jakarta naiknya kereta dari Pemalang karena di tegal sudah habis tiketnya.
Misalnya apabila terjadi sesuatu membatalkan keretanya, meski rugi tidak masalah masih ada pengembalian kalau tidak salah 75% dari harga tiket, atau kepotong 25 %

3. Cek identitas / KTP anda dan nomor HP, ini penting karena pada saat pembelian tiket mengisi form diantaranya NIK dan Nomor HP
Saya sendiri ketika beli sudah mempersiapkan tulisan dikertas dari rumah yang berisi nama nomor hp dan nik jadi tinggal serahkan petugas loket tiket.

4. Jika rencana berangkat dan pulang sudah jelas, beli langsung saja tiketmya, misalnya perjalanan dari pemalang ke semarang, dari pemalang berangkat jam 06.00 sorenya mau langsung pulang kereta sore jam 5 maka beli sekalian tiketnya, jadi lebih praktis dan tidak was-was lagi kehabisan tiket kereta. simak juga postingan terkait : Jadwal Kereta Api dari Pemalang Tujuan Semarang Poncol

Demikian share pengalaman hari ini, semoga bermanfaat.

Salam Kenal saya admin agugus.com blog ini adalah media sharing saya, mudah-mudahan bermanfaat, berlangganan artikel follow akun media sosial saya dibawah ini, terima kasih sudah berkunjung

3 komentar

Saya belum pernah mudik naik kereta mas Agus, masih nyaman naik bus, itu menurut saya sih. Soalnya menentukan jadwal cuti saya yang cukup sulit bagi karyawan shift, beda cerita kalo karyawan kantoran, cutinya sudah bisa dipastikan. Inilah salah satu kendala ketika mau pesan tiket kereta api.

But nice info mas

Sekarang pesan tiket harus 2 bulan sebelumnya kadang-kadang baru dapat, apalagi tanggal2 liburan dan lebaran.

Wah saya malah belum pernah mudik pakai kereta mas...penyebabnya jauh dari stasiun dan itu dia repot beli tiketnya

Terima kasih sudah berkunjung
EmoticonEmoticon