Buat Katalog Produk dan daftar harga buat Jualan Online

Biar jualan online tidak membosankan seringkali saya menggunakan cara-cara baru, berpikir dan berkreasi salah satunya kali ini membuat katalog produk, setelah kemarin sharing berjualan di instagram sampai closing, dan lumayan lah ada yang tanya-tanya, nah pada saat banyak yang tanya kemudian yang ditanyakan itu sama akhirnya dibuatlah katalog produk, agar ketika ada chat wa saya langsung kirim saja gambar katalog.

Katalog produk tersebut berisi nama-nama barang yang saya jual disertai langsung harganya, cara seperti itu agar tidak menguras energi membuat praktis, harapan saya ketika membuka katalog sudah paham tingal keputusan beli atau tidak, menjenuhkan juga kalau menjawab pertanyaan yang sama, meski itu sudah pekerjaannya seorang cs toko online.

Membuat Katalog Produk
Saya akui dalam urusan membuat dan kreatifitas masih lemah, jiwa seni kreatifitas saya masih kurang, begitu juga dalam membuat katalog masih sederhana dengan menggunakan microsoft word lalu pakai insert buat kotakan masukin gambar dan nama barang, berikut hasil jadinya



Saya punya kelemahan seperti yang saya sebutkan diatas, tetapi dilain hari berusaha memperbaiki ketika dapat inspirasi, saya update perbaiki lagi katalognya, katalog diatas saya buat versi cepat saja sejadinya. seperti contoh membuat landing page jualan online awalnya menurut saya tidak bagus dari kata dan lainnya, berjalannya waktu saya pun update terus perbaiki. simak ulasanya postingan sebelumnya Belajar Cara Membuat Website Landing Page

Menggunakan Katalog Produk untuk jualan Online
Kalau cara saya untuk meyakinkan orang, dalam membuat katalog tidak cukup dengan gambar dan harga tapi disertai juga alamat toko online, kemudian didalam website toko online ditampilkan testimoni para pembeli, sehingga membuat calon pembeli lainnya terasa nyaman, karena toko onlinenya benar-benar terpercaya.

Membuat katalog produk ini bagi saya untuk memudahkan, ketika ada orang bertanya saya tidak menjawab lama lagi karena harus ingat-ingat harga, karena jenisnya banyak awalnya mau tidak mau harus hafal, dengan katalog ini ketika ada yang bertanya saya tinggal kirim katalognya.

Berikut ini salah satu contohnya dibawah ini, percakapan chat di wa ketika ada calon pembeli saya langsung kirim katalognya, tidak perlu ingat harga lagi atau buka nota, hal ini bertujuan juga siapa tahu tertarik dengan produk lainnya yang tertera di katalog tersebut.



Katalog produk ini juga menjadi alat promosi, saya buat dalam format pdf simpan di google drive lalu link google drive tersebut disetting agar urlnya bisa didownload secara umum, selanjutnya url tersebut saya share diblog misalnya membuat postingan dengan judul postingan download katalog produk perlengkapan PMR. harapannya ketika orang tidak langsung membeli menyimpan katalog tersebut, dilain waktu ketika membutuhkannya tinggal membuka katalog produk tersebut.

Penutup

Berjualan online ini terus berinovasi baik dari produk ataupun cara pemasaran karena lambat laun akan ditiru orang kemudian persaingan menjadi ketat, sebagai contoh jualan di instagram dengan produk tas, lambat laun waktunya nanti muncul usaha jenis banyak saingan dan pemodal yang besar yang menang karena punya anggaran iklan yang besar, maka dari itu perlu terus berinovasi, harapannya selangkah kedepan memunculkan peluang-peluang baru, seperti misal dengan cara jualan online menggunakan katalog, ketika file digital katalog produk ini didownload banyak orang, ini menjadi sebuah peluang, jadi memperbesar celah tidak hanya di pengguna instagram tapi dari potensi lainnya di internet.





2 komentar

Click here for komentar
4/10/18, 10:36 PM ×

sangat direkomendasikan ini bagi yang punya bisnis online ya mas :D

Balas
avatar
admin
4/11/18, 10:50 PM ×

wah jadi tertarik untuk mencoba jualan online sekarang

Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar