Tips Hemat Agar Bisa Keliling Dunia


Kamu punya impian keliling dunia bersama pacar, keluarga, atau pun sendirian? Jika iya, maka tak ada hal yang lebih penting selain agar kamu mesti menghemat uang. Keliling dunia merupakan hal yang sangat sulit dilakukan, bahkan bagi mereka yang kondisi finansialnya cukup kuat. Itulah mengapa dibutuhkan kerja keras dan juga cerdas agar bisa mewujudukan hal tersebut.

Travelling keseluruh belahan dunia tentunya membutuhkan budget yang sangat besar. Kebanyakan orang yang bisa keliling dunia, terkait dengan pekerjaan tertentu misalnya seperti menteri, duta besar, travel blogger, dan lainnya. Jadi dibutuhkan kerja ekstra agar bisa keliling dunia dengan dana pribadi. Namun tak ada yang mustahil di dunia ini, jika kamu ingin keliling dunia maka segera cek beberapa tips hemat agar bisa keliling dunia berikut ini.

Bandingkan Dengan Penghasilanmu
Keliling dunia akan terdengar seperti cerita dongeng jika kamu tidak menetapkan rencana penghematan. Iya betul sekali, kamu tak serta merta bisa keliling dunia kecuali jika kamu punya plan yang sangatmatang. Pertama, tentunya kamu tentunya mesti mengetahu jumlah biaya yang mesti dikeluarkan agar bisa keliling dunia. Jika sudah ketemu, maka bandingkanlah dengan pendapatan bulanan yang kamu miliki. Apakah memungkinkan atau terlalu mengada-ada?Buatlah keputusan sedini mungkin dan cobalah untuk realistis. Agar semakin terarah, sebaiknya kamu buat spreadsheet antara biaya travelling dengan pendapatan yang kamu miliki. Jika selisih antara biaya keliling dunia dengan total pendapatanmu cukup sedikit, itu artinya kamu mesti ada sumber pendapatan lain agar keliling dunia bisa kamu realisasikan.

Tentukan Target Penghematan
Jika menurutmu kamu sanggup keliling dunia dengan pendapatanmu yang sekarang, maka kamu tinggal menentukan target penghematan. Terkait target penghematan ini, kamu mesti menentukan target jangka pendek dan target jangka panjang. Coba catat berapa kira-kira target penghematan yang bisa kamu canangkan untuk jangka pendek dan jangka panjang. Karena membutuhkan budget lumayan besar, maka jangan takut untuk menentukan target penghematan dalam jumlah besar. Target penghematan dalam jumlah besar bisa membuatmu tetap antusias. Namun pastikan nominalnya masih dalam batas realistis, sehingga kamu tak terlalu terbebani dengan hal tersebut.

Buat Perencanaan
Setelah kamu menentukan target penghematan jangka pendek dan jangka panjang, maka kamu harus segera membuat perencanaan. Terkait perencanaan keliling dunia ini, maka kamu mesti membuatnya se spesifik mungkin. Misalnya, kamu bisa memutuskan untuk tidak belanja di mall karena biayanya sangat mahal. Kamu bisa menggantinya menjadi belanja online. Salah satu marketplace yang bisa kamu manfaatkan yaitu Blibli dot com.Iya betul sekali, dengan belanja online murah di blibli dot com ini, kamu bisa menghemat banyak sekali pengeluaran. Selain itu, buat perencanaan lain dengan detail seperti jumlah listrik bulanan yang mesti digunakan, jumlah biaya kursus untuk sang anak, biaya transportasi, dan lainnya.

Implementasi
Nah setelah kamu memiliki perencanaan keliling dunia, maka kamu tinggal mengimplementasikannya. Namun biasanya, seseorang akan menghentikan pengimpelemtasian ini ditengah jalan. Mengapa? Karena kurangnya komitmen. Jadi agar keliling dunia bisa terwujud, maka sangat penting bagimu untuk selalu menjaga komitmen yang sudah kamu bangun dari awal. Pastikan kamu selalu mengingat impianmu keliling dunia ketika mengimplementasikan berbagai rencana penghematan ini. Bayangkan bahwa di depanmu terdapat menara Eiffel, Burj Khalifa, atau sungai Venesia. Anggap saja kamu sedang menggapai berbagai destinasi wisata tersebut namun kamu terhalang oleh biaya perjalanan, sehingga kamu semakin semangat mengimplementasikan berbagai rencana penghematan.

Monitor dan Kaji Ulang
Selama kamu mengimplementasikan rencana penghematan, maka kamu pun menjadi terbiasa dengan hal itu. Coba terus monitor seluruh penghematan yang telah kamu lakukan. Selain itu, cek juga apakah ada kesalahan yang membuat targetmu tidak tercapai. Jika ada, maka kamu mesti mengkaji ulang rencana penghematan dan temukan solusi yang paling tepat dan cepat.

Jika kamu menerapkan beberapa tips hemat agar bisa keliling dunia diatas, maka impianmu bukanlah omong kosong belaka. Ingat, sangat mudah merencanakan sesuatu, namun biasanya sulit dalam pengimplementasiannya. Jadi tetap semangat ya!

Salam Kenal saya admin agugus.com blog ini adalah media sharing saya, mudah-mudahan bermanfaat, berlangganan artikel follow akun media sosial saya dibawah ini, terima kasih sudah berkunjung

7 komentar

Jika kamu gagal membuat rencana. Sama saja dengan kamu merencanakan untuk gagal. Itu pepatah yang sering saya dengar mas. Dan untuk perencanaan emang krusial banget ... apalagi berhubungan dengan uang ...

Mantap Mas Nugraha, Pengalaman banget sepertinya he..he.. saya senang membaca komentarnya.

Nabung.. Kadang sudah disisih2kan tapi terpakai jua 😂
Harus dg niat kuat dan tahan godaan biar tabungan cepat terkumpul

sekedar saran sich mas ' agar jalan2nya lebih hemat cari sponsor atau nebeng keluarga yg berduit , hehehe....

Godaan makan enak dicafe and resto godaan terberat he...he..

Betul bisa saja.ikut kuis semoga beruntung

Amin kak makasih yaaaa. intinyamah nabung nabung dan nabung hehehee.. yaa itu nabung suka susah kak,, suka banyak anu anu nya hehehe.. moga deh bisa main keluar negeri dan keliling dunia hhe

Terima kasih sudah berkunjung
EmoticonEmoticon