Peluang Usaha Sampingan Jual Perlengkapan PMR seperti apa Potensinya ?




Setelah sebelumnya posting mengulas Rekomendasi agugus.com tempat beli Peralatan Perlengkapan PMR kali ini akan berbagi pendapat dan mengulas seputar peluang usaha sampingan jual perlengkapan PMR, seperti apa prospek atau potensinya, apakah layak untuk dijalankan sebagai usaha utama atau usaha sampingan.

Siapa yang cocok usaha sampingan Jual Perlengkapan PMR ?

Usaha sampingan menurut saya akan lebih optimal ketika relevan dengan aktivitas kegiatan sehari-hari, misalnya saja suka main futsal sepakbola, punya komunitas, punya sekolah sepak bola, usaha sampingan yang masih berkaitan contohnya membuka toko perlengkapan sepak bola, ini contoh dari teman dekat saya sendiri, dan sudah hampir bertahun-tahun berjalan berkembang, kemarin tanya kesaya mau buka cabang baru toko peralatan sepakbolanya, tanya tempat yang strategis didaerah saya, apakah ada yang masih kosong, katanya.

Bagaimana dengan perlengkapan PMR ini cocoknya untuk siapa ?

1. Punya toko disekitar lingkungan sekolah
Ini bisa untuk pelengkap saja, misalnya sudah sedia atribut pramuka, lengkapi juga atribut PMR, karena kedua kegiatan ektrakurikuler ini dari generasi ke generasi disetiap angkatannya.

2. Profesi yang berkaitan didunia Pendidikan
Misalnya saja pengelola koperasi disekolah bisa saja melengkapi koperasinya dengan menyediakan perlengkapan PMR. atau guru pembina PMR bisa juga tuh karena seringkali siswanya menanyakan tempat beli atribut PMR, agar lebih praktis dikoordinir oleh pembinannya.

3. Orang yang aktif di kegiatan sosial khususnya pengembangan sumber daya PMR KSR, sering melatih di sekolah-sekolah tentang materi ke PMR an.
Seringkali pemateri ini ditanya tempat beli perlengkapan PMR, bisa juga kan membuka usaha sampingan dengan menyetok perlengkapan PMR, yang ini ada teman saya sendiri aktif dikegiatan seperti ini, ketika berkunjung kerumahnya, ternyata tokonya lumayan besar berisi atribut PMR dan Atribut Pramuka.

Bagaimana Potensinya Usaha sampingan Jual Perlengkapan PMR ?
Berpendapat berdasarkan logika saja, dunia pendidikan ini tidak mengenal daerah, pendidikan ini kebutuhan, jadi kota maju kota tidak maju semuanya butuh pendidikan, jadi misal nih ya hidup dikota kecil dengan analisa untuk usaha sulit, perekonomian daerah berbeda dengan kota besar, tetapi ketika target marketnya anak sekolah, kebutuhan sekolah ini menjadi kebutuhan wajib. itu kalau berbicara propeknya.

Sekarang kita bisa hitung berapa jumlah siswa Se kota saja sudah ratusan, sehingga menjadi lahan prospek para sales buku masuk kesekolahan, ketika targetnya didunia pendidikan ini berkaitan faktor kali. misal setiap produk perbiji ambil laba 500 rupiah dikali 1000 siswa saja sudah, 500 ribu sekali penjualan belum untuk kebutuhan lainnya.

Begitu juga perlengkapan PMR dimana Kegiatan Ekstrakurikuler ini hampir ada disetiap sekolah, dan otomatis membutuhkan perlengkapan PMR seperti atribut, seragam, dan peralatan lainnya.

Memulai usaha sampingan Jual Perlengkapan PMR ?

1. Cari supplier yang sedia perlengkapan PMR lengkap dan terpercaya rekomendasi http://perlengkapan-pmr.com/ No WA adminnya 085 642 999 757

2. Catat nomor HP suplliernya dan berikan kepastian kepada cs atau admin kalau mau buka usaha sampingan perlengkapan PMR, sewaktu-waktu kalau ada permintaan mau pesan, dan jika anda menjual online konfirmasikan juga agar nantinya pada saat pengiriman, alamat pengirim atas nama anda.

3. Beli untuk stok secukupnya, seringkali calon pembeli meminta contoh wujud barangnya, ketika ada stok ini akan memudahkan.

4. Karena usaha sampingan juga perlu usaha yang sungguh-sungguh, perkenalkan dengan teman-teman anda sebanyak-banyaknya kalau anda sedia atau jual perlengkapan PMR. lakukan dengan konsisten.

Permodalan Usaha Sampingan Perlengkapan PMR ?

Jika mau tanpa modal anda order kesupplier ketika dapat pembeli atau ada permintaan, atau dalam dunia bisnis di internet sistem dropshiper, jualan online tanpa stok. sepertinya kalaupun modal tidak terlalu banyak misal belanja 100ribu untuk contoh saja.

Jadi untuk permodalan asal anda sudah punya relasi berkecimpung didunia pendidikan, seperti akan mempermudah usaha perlengkapan pmr anda.

Tips Menjalankan Usaha sampingan perlengkapan PMR ?

Untuk keberlangsungan usaha diperlukan pemamaham dan ketekunan serta berdoa berikut tipsnya

1. Pahami bahwa dalam menjalankan usaha ada sebuah proses, ketika sepi penjualan, bersabar terus konsisten berikhtiar, sambil berdoa, nikmati prosesnya.

2. Perbanyak silahturahmi dan kenalan, karena ini berkaitan dengan perlengkapan PMR maka perbanyak kenalan guru-guru, sekarang ini grup whatsapp cukup ramai, anda bisa masuk lalu melakukan japri ke tiap anggota grup, lakukan penawaran perlengkapan PMR, jangan share digrup langsung dikhawatirkan ada yang tidak berkenan.

3. Terus belajar dan mengembangkan teknik-teknik pemasaran, karena semudah produk yang dijual kalau tidak punya ilmunya ya sama saja kesulitan, misalnya saja ada yang beranggapan, wah produknya tidak terkenal tidak dibutuhkan, lalu dihadapkan dengan produk yang terkenal dan dibutuhkan beralasan lagi, wah saingannya banyak, begitulah pemasaran ketika banyak permintaan akan banyak persaingan, ketika persaingan tidak begitu banyak, permintaan tidak banyak, maka dari itu selalu evaluasi belajar tentang teknik pemasaran dan berstrategi tentunya.

Demikian semoga bermanfaat. bila salah kata mohon dikoreksi, mau menambahkan silakan di form komentar dibawah ini. terima kasih sudah berkunjung membaca sampai selesai.



Share on FB
Share on Twitter
Share on Google+

Baca Selanjutnya



Buka Komentar

7 komentar:

Djangkaru Bumi said...

Saya dulu juga menjual perlengkapan seperti itu. Karena dulu saya sempat jadi pembina pramuka bahkan pernah jadi ketua kwartir.

Agoes Supriyono said...

mantap pernah jadi kwartir keren mas.

Kang Nata said...

wah saya baru terpikir mas klu perlengkapan PMR ternyata punya potensi yg menguntungkan dan pemainnya munkin sedikit, sepertinya lokasi dekat sekolah menjadi lokasi yang tepat untuk memasarkannya.

Untungnya juga mungkin gede yach mas .... :)

Dwi Sugiarto said...

Diperumahan saya malah jarang yang jualan peralatan PMR , ada juga seragam sekolah

yanuar catur said...

Boleh juga nih insightnya, belum kepikiran kalo alat2 pmr bisa dibuat jualan.. Sipppp om

Agus Supriyono said...

Iya mas memang masih belum begitu banyak

Agus Supriyono said...

Sepintas memang tidak prospek sepertinya

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung