Evaluasi Perjalanan Ngeblog saya sampai Hari ini

Evaluasi Perjalanan Ngeblog saya sampai Hari ini
Evaluasi Perjalanan Ngeblog saya sampai Hari ini
Setelah kemarin-kemarin postingannya perkenalan produk (yang mau baca disini Jual Atribut Badge PMR Untuk Seragam SMP dan SMA ) kali ini akan sharing mengulas evaluasi ngeblog saya sampai hari ini, merenung sejenak dan membaca-baca blog bertrafik tinggi jadi terinspirasi sepertinya ada yang kurang dari cara ngeblog saya, biar mengingatkan diri saya dan mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca saya buat artikel saja.

Setiap lelah saya selalu membuat catatan pribadi yang saya share yang berisi evaluasi cara ngeblog saya, dengan begini menumbuhkan semangat baru dalam ngeblog untuk lebih baik lagi. catatan saya yang lalu saya tulis pada bulan september 2017 bisa disimak disini 4 Catatan Evaluasi dari cara menghasilkan uang dari blog google adsense

Terkadang saya pun menduga-duga apakah saya tidak cocok sebagai publisher adsense simak disini Sepertinya saya tidak cocok jadi Publisher Google Adsense namun karena ngeblog ini terasa happy jadi jalan terus, terus menulis, kemudian blogwalking berkunjung ke teman-teman blogger terkadang mendapatkan inspirasi baru kemudian semangat lagi, begitu seterusnya sampai sekarang sudah berjalan empat tahun. tidak hanya uang yang saya rasakan tapi manfaat secara psikologi menulis ini seperti terapi kalau tidak menulis rasanya pikiran berat, tapi kalau sudah menulis ini terasa ringan dan menulis ini terasa nikmat.

Cara ngeblog perlu diperbaiki

Berikut beberapa cara ngeblog saya yang menurut saya ada yang kurang diantarannya adalah membuat konten original tapi tidak memperhatikan kualitas artikel, sharing membuat konten sesuai apa yang ingin ditulis menyampaikan pesan informasi, tetapi tidak memperhatikan sistematika konten yang Seo Friendly, pada akhirnya sumber trafik organik stagnan.

Contohnya saya dapat pengetahuan baru pengalaman tentang membuat blog, kemudian saya buat konten dengan judul panduan membuat blog, isi kontennya ala kadarnya saja biasa, informasi singkat, sedangkan artikel kualitas yang saya maksudkan adalah artikel dibuat sedetail mungkin tahap demi tahap disertai gambar, kemudian sampai pada akhirnya terbuat sebuah konten dengan panjang lebih dari 500 kata. disini bisa diperhatikan mesin pencari dengan update algoritmanya canggih bisa membedakan dan bisa secara sistem artikel yang panjangnya lebih dari 500 kata itu mendapatkan dihalaman pertama google. meskin faktornya tidak hanya konten ada juga DA PA blog, kemudian loading blog, tapi konten menjadi senjata untuk persaingan mendapatkan tempat dihalaman pertama google.

Langkah baru semangat baru, itulah yang ada dalam pikiran saya, ketika ada sesuatu baru selalu kepo dengan hasilnya sehingga termotivasi agar tidak kepo yaitu segera menjalankan langkah baru tersebut.

Bagi yang hobby menulis, ngeblog dikatakan aktivitas happy blogging, sebagian mereka menjalani menikmati dan bahagia, menulis apa yang ingin ditulis dengan gaya bahasa dan sistematika penulisan sendiri, mengabaikan tidak perlu tahu apa itu seo, trafik, loading blog dan lain sebagainya, yang penting bisa menulis saja sudah senang, bagi saya tidak cukup dengan happy blogging ada rasa tantangan menghasilkan uang dari blog, sehingga trafik selalu menjadi perhatian, apalagi kalau dirinci ternyata untuk konsisten ngeblog ada pos-pos yang membutuhkan biaya seperti diantaranya listrik, biaya berlangganan internet, kemudian jamuan snack kopi teh agar suasana ngeblog semakin asyik, dan tentunya pengganti perhatian karena banyak waktu didepan komputer sewaktu-waktu mengajak jalan atau membelikan sesuatu, ketika semua itu tercukupi kegiatan ngeblog pun jadi lancar lingkungan jadi support, efeknya akan fokus bekerja dari mengelola sebuah blog,

Nah karena ngeblog tidak sekedar happy tapi tertantang bagaimana menghasilkan uang dari blog, perlu adanya perbaikan evaluasi dari waktu kewaktu, semoga ngeblognya semakin lebih baik lagi, dan penghasilan pun meningkat.

Apa sih evaluasinya perjalanan ngeblog kali ini ?

Jawaban singkatnya adalah "Kualitas"

Jawabannya panjangnya sebagai berikut, diera internet yang semakin canggih nan inovatif ini otomatis persaingan begitu ketatnya, siapa yang mengedapankan kreatifitas inovasi dan kualitas sepertinya akan memenangkan persaingan, sepertinya halnya konten sebuah blog, artikel yang beda lebih berkualitas akan menduduki singgasana mesin pencari.

Saya sendiri sempat bingung, karena belajarnya otodidak, konten artikel dengan jumlah kata kurang dari 300 bisa mendapatkan halaman pertama, ternyata dari pengamatan saya karena persaingan yang ringan dalam artian bisa jadi belum terlalu banyak persaingan di kata kunci itu, masih jarang blogger yang mengulas hal itu, dalam perkembangannya akan tersalip dengan artikel kualitas dimana dengan pembahasan yang sama, dibuat sejelas mungkin hingga tersusun lebih dari 500 kata.

Cara ngeblog saya memang mengedepankan original konten, tetapi lupa akan kualitas lupa akan kompetisi di mesin pencari sehingga dalam perkembangannya lemah terkapar dalam perlombaan lomba kualitas.

Untuk meyakinkan saya pelajari amati sebuah blog dengan pengunjung ratusan ribu perhari, saya cermati dari posting satu ke posting lainnya, terdapat ciri-ciri mengarah kesebuah kata kualitas, pembeda dan punya sistematika penulisan yang SEO friendly, dengan pengamatan ini sepertinya saya pun akan mengubah pola ngeblog saya.

Dari evaluasi apa perbaikan kedepan ?

Setelah dilakukan evaluasi saya pun punya langkah-langkah kedepan yaitu
1. Jangan terburu-buru mengakhiri sebuah tulisan, ingat artikel kualitas agar bisa berkompetisi, minimal 500 kata atau simpan postingan didraf lanjutkan nanti jika belum target kata segitu.
2. Lebih baik membuat konten panjang, perhatikan kualitas, berjam-jam hanya membuat satu konten tidak masalah asal konten yang dibuat maksimal.
3. Membuat konten yang maksimal secara tidak langsung bersungguh-sungguh dalam membagikan informasi kepada publik.

Penutup
Evaluasi Perjalanan Ngeblog saya sampai Hari ini adalah tentang sebuah kualitas, buat konten berkualitas dalam membangun blog, dengan membuat konten kualitas juga secara tidak langsung kita sudah sepenuh hati maksimal berbagi informasi kepada khalayak didunia maya.

Kalau ada yang salah dikoreksi ya, tambahkan dikomentar dibawah, semoga bermanfaat menjadi pembelajaran bersama.

Advertisement
Buka Komentar