Belajar Cara Membuat Website Landing Page - Cerita pengalaman

Setelah sebelumnya memposting ulasan berjudul Membuat Landing Page Dengan Hosting 10 ribu pertahun ada yang bertanya bagaimana caranya membuat landing page, landing page itu apa, dan pertanyaan lainnya, kali ini akan bercerita pengalaman belajar membuat landing page, jadi jangan salah paham ya, saya tidak mahir membuat landing page, hanya bercerita dari mempraktekan membuat landing page dari sebuah tutorial yang saya temukan di mesin pencari google dan youtube.

Website Landing Page itu apa ?
Dalam pemahaman saya landing page itu mengibaratkan dalam dunia pemasaran saya menyebutnya sales ujung tombak pemasaran, menawarkan produk/jasa disitu dari obyek langsung dapat keputusan jawaban beli atau tidak, maka dari itu dibutuhkan sales yang menarik, dan penawaran produk dengan kata-kata cerdas nan menggoda, begitu juga landing page sebuah website yang berisi halaman penawaran yang cukup persuasif memberikan penawaran sejelas-jelasnya serta semenarik mungkin  sebagai bentuk usaha penjual online, agar calon pembeli ini mengambil keputusan order, dan pemilik produk pun bahagia menyebutnya closing.

Contoh Landing page yang menarik bagus menurut saya
Sebenarnya saya malas membuat landing page, karena tidak bisa membuatnya, ilmu desain dan kode html tidak punya, serta belum paham benar tentang manfaat membuat landing page, setelah memahami apa itu landing page, seperti dijelaskan diatas, jadi berpikir sepertinya penting dan perlu belajar membuat landing page.

Malas disini mungkin gara-gara sudah melihat landing page yang sangat menarik menurut saya, contoh yang menarik menurut saya ada di landing page produk-produk ratakan, anda bisa cek disitu website landing pagenya, untuk membuatnya dalam bayangan saya membutuhkan mahir desain dan kode html, sedangkan saya sudah menyerah dengan html-html, mengerti html saya hanya mengandalkan layanan seperti blogger, menulis teks untuk mengetahui htmlnya tinggal klik halaman html disitu akan terlihat tulisan yang saya buat dalam bentuk html.



Gambar diatas bentuk promosi banner, ketika diklik akan menuju landing page, pengamatan saya dari segi bahasa, kemudian sistematika serta tampilannya sangat profesional.

Alasan pribadi kenapa buat website landing page ?
- Terinspirasi dari metode teknik pemasaran di internet dimana obyek ini karakternya bermacam-macam sehingga muncul istilah dalam pemasaran di internet soft selling dan hard selling, nah hard selling ini berarti dengan website landing page, kemudian dalam menjalankannya didukung soft selling dengan membuat artikel yang diposting di blog, media sosial kemudian menyisipkan alamat url website landing page.

- Coba mengembangkan teknik pemasaran online, sebelumnya hanya mengandalkan artikel soft selling yaitu dengan membuat artikel terus posting diblog dan cukup berhasil sih menurut saya, sekarang coba teknik pemasaran menggunakan landing page, rencananya akan saya padukan, dalam menulis soft selling akan disisipi url landing page.

- Terinspirasi dari teman blogger blogwalking yang membuat landing page jadi penasaran, ingin mencobannya.

Isi Website Landing Page apa saja ?
Dari beberapa yang saya baca isi dalam website landing page ini berisi :
1. Nama Produk
2. Deskripsi Produk
3. Manfaat / Kegunaan Produk
4. Testimoni
5. Bonus-bonus jika order
6. Yang terakhir tombol Order

Belajar Cara Membuat website landing page 

1. Siapkan Domain
Untuk membuat landing page ini ada beberapa alternatif.
- Menggunakan blogger domain dan hosting gratisan, pendapat saya kurang maksimal karena untuk keperluan komersil, meski didunia ini tidak ada yang tidak mungkin, jadi ada juga yang menggunakan gratisan bisa berhasil.

-. Menggunakan domain dan hosting, hosting pilih yang ada database agar bisa install wordpress self hosting, ini bagus karena bisa berkreasi dan didukung dengan plugin wordpress yang canggih dan banyak pilihannya.

-. Menggunakan Domain dan hosting limit (paling murah), website yang dibuat html langsung di Cpanel. ini lebih hemat dan profesional tapi kesulitan jika tidak menguasai html.

Pendapat saya, menggunakan domain TLD "com" karena dari beberapa TLD yang ada com yang familiar disebut, kemudian hosting secukupnya

Kenapa saya menggunakan hosting limit, karena hanya untuk satu halaman saja, yang terpenting fokusnya dibahasa penawaran halaman tersebut.

2. Saya coba sharing berdasarkan pengalaman saya membuat website landing page menggunakan html melalui cpanel.

- Beli domain dan hosting, kalau ada yang tanya rekomendasinya dimana belinya, saya klik disini, karena sudah merasa enak tidak berpindah lagi, itu tempat kedua saya sewa domain, tempat pertama saya tinggalkan karena menurut saya ditempat kedua lebih murah dan cepat masa propogansinya.

- Setelah sewa domain dan hosting masuk ke cpanel, disini karena saya tidak bisa membuat template html, saya download di situs penyedia, minisitegallery.com (sebelum mendownload registrasi dulu gratis), lalu
1. masuk Cpanel,
2. masuk ke file manager,
3. upload dan masuk ke publik html,
4. upload template hasil download tadi.
5. lalu kita cek websitenya mengetikan urlnya, kalau belum tampil berarti masih masa propogansi.
Ketika propogansi selesai, tampilan website sudah tampil, saya edit isinya hapus semua lalu saatnya berkreasi berkata-kata membuat landing page.

Dari pengalaman saya kalau tutorialnya dalam bentuk tulisan tidak paham, cari tutorialnya di youtube. saya sendiri setelah lihat panduan diyoutube baru bisa mempraktekannya, kata kuncinya seputar "cara upload tempalet html di cpanel"

Berikut gambar step by step proses belajar saya membuat landing page


Mulai klik file manager

Setelah klik file manager, ke menu public html, lalu upload template yang ada download tadi, setelah selesai akan muncul index.html itulah template landing page nantinya.



Saatnya berkreasi membuat halaman landing page dengan klik edit dimenu bagian atas


klik edit

Setelah klik html editor tampilannya seperti diatas


Gambar diatas adalah halaman di cpanel ternyata secara dasar sama juga sebenarnya seperti di word ada menu tebal, masukin link dan lainnya, tahapan disini yang banyak mikir karena berkreasi.


Pada gambar Terblok adalah template html, lihat gambar edit yang saya lingkari untuk menuju kode html untuk pengaturan judul dan metatag


Pengaturan kode html seperti judul dan meta tag kata kunci yang ditargetkan



Bentuk jadi masih jelek banget, karena memang saya lemah urusan kreasi template, sacara bertahap biasanya dapat inspirasi dan diperbaiki.


Penutup

Pembelajaran :

Dari belajar membuat website landing page, ternyata ada beberapa cara membuat tampilan website, yaitu dengan wordpress self hosted, didukung dengan plugin, menggunakan domain dan hosting sendiri tapi berarti masih tergantung orang lain, kemudian blogger wordpress hosting domain gratis sama bergantung orang lain, kemudian yang ketika cpanel ini yang menurut saya mandiri, jika kamu punya server sendiri kamu bisa mandiri berkreasi seperti facebook dan google yang berarti kamu harus paham mahir kode html, itu sih pemeblajarannya kalau salah dibetulin ya.

Demikian, mudah-mudahan bisa dipahami, pengalaman kemarin malam minggu belajar buat landing page dari jam 19.00 sampai jam 13.00, paginya bangun tidur lanjut lagi, jadi dimaklumi kalau sharingnya banyak kekurangan.

Karena posting saya hanya dari sharing pengalaman yang sebentar, siapa tahu pembaca disini ada yang mau lebih serius mendalami belajar landing page, berikut ada referensi panduan premium seputar landing page dibawah ini

Landing Page Domination
7 Jam Jago Bikin Landingpage Di Blogspot
Blogspot Landing Page Builder
Template Landing Page Blogspot "BLOGSPOT LANDING"

Tuh kan banyak pilihan belajar dari panduan premium belajar landing page, sepertinya memang lagi trend metode pemasaran ini.

Sekian berbagi hari ini semoga bermanfaat.





29 komentar

Click here for komentar
3/5/18, 11:29 PM ×

saya pengen bisa nih.. tapi liat tutorialnya kok kayakx ribet.. saya ngeblog aja baru belajar.. pake kode html segala.. haduh2.. saya belajar nulis artikel dulu deh.. ^^

Balas
avatar
admin
3/6/18, 7:08 AM ×

Mungkin nanti lain waktu berjalannya proses menjadi hal yang tidak ribet lagi mas.

Balas
avatar
admin
3/6/18, 7:51 AM ×

landing seperti ini biasanya untuk situs yang komitmen dalam jual beli produk
biasanya obat jerawat dan sebagainya

Balas
avatar
admin
3/6/18, 7:52 AM ×

Tahapan tahapan awal memang menyita waktu, ya mirip-mirip membuat template sendiri. Sebenarnya paling asik seh, beli dan tinggal pakai. :)

Balas
avatar
admin
3/6/18, 9:08 AM ×

Pernah bantu teman jual produk dengan bantuan Landing Page...
Dan gak nyangka hasil selling nya memuaskan...

Balas
avatar
admin
3/6/18, 9:22 AM ×

cocok buat jualan produk ya,
thanks tutornya, pelan2 dipelajari

Balas
avatar
admin
3/6/18, 9:52 AM ×

Saya pengen coba, tapi belum paham mas agus

Balas
avatar
admin
3/6/18, 9:56 AM ×

Google kaya tutorial mas.
Cari tutorial lain mas semoga paham.

Balas
avatar
admin
3/6/18, 9:58 AM ×

Ya mas metode jualan to the point, sales letter

Balas
avatar
admin
3/6/18, 9:59 AM ×

Sharing lebih detail dong mas pengalamannya

Balas
avatar
admin
3/6/18, 10:00 AM ×

Ya mas keasyikan bergadang jadi masuk angin mas he...

Balas
avatar
admin
3/6/18, 11:33 AM ×

Untuk pemasaran produk atau toko online sepertinya pas tuh boleh dipelajari mas alternatif buat nambah penghasilan.

Balas
avatar
admin
3/6/18, 9:16 PM ×

Wah nice info nih, perlu di coba :)

Balas
avatar
admin
3/8/18, 6:12 PM ×

wahhh rencana juga mau bikin landing page, tapi masih konsen di blog dulu deh hhe

Balas
avatar
admin
3/14/18, 10:20 PM ×

Demi ngejar Dolar, tapi saya sarankan mah tetap pakai blogspot saja. Tidak ribet dengan urusan hosting.

Balas
avatar
admin
3/14/18, 10:22 PM ×

Sebenarnya jika lansung dipraktekan mudah.

Balas
avatar
admin
3/16/18, 7:32 AM ×

Biasanya saya beli mastah..trus tek pasang ke blog...Hahaha..

Nice posting.

Kebetulan belum beralih ke WP :)

Balas
avatar
admin
3/16/18, 7:44 AM ×

Ya mas pengembangan cara pemasaran produk dengan landing page

Balas
avatar
admin
3/16/18, 7:45 AM ×

Ya mas semoha blognya berkembang

Balas
avatar
admin
3/16/18, 7:46 AM ×

Saya ga pake wp mas pakenya html di cpanel

Balas
avatar
admin
3/18/18, 4:18 PM ×

jadi pada gambar yang paling bawah itu nantinya berisi link keluar yang mengarah situs Landing Page ya Mas

Balas
avatar
admin
3/18/18, 4:22 PM ×

cara membuatnya gambarnya apakah bisa melalui Microsoft word Mas?

Balas
avatar
admin
3/18/18, 4:38 PM ×

Bisa mas pake word kalau sudah selesai buka paint klik secrenshot jadi file jpeg tinggal di crop sesuai kebutuhan

Balas
avatar
admin
3/18/18, 4:53 PM ×

oooh..gitu ya,, ? ok sipa siap bikin Website Landing Page ala Mas Agoes Supriyono.

sip mirkisip....

Balas
avatar
admin
3/18/18, 8:39 PM ×

wah boleh dicoba juga nich, terima kasih atas ulasanya yang bermanfaat bagi saya nich

Balas
avatar
admin
3/18/18, 8:43 PM ×

Ya mas. Salam kenal terima kasih sudah berkunjung

Balas
avatar
admin
3/19/18, 12:28 AM ×

hmmm mesti begadang nih kalo ngerjain website landing hehe.. aku juga penasaran sama website yg kece seperti itu, salut deh buat yg tekun bikinnya

Balas
avatar
admin
3/19/18, 5:48 AM ×

Ya mba, kalau ada hal baru ya sudah bergadang

Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar