Cara Bagaimana Ketika Aplikasi whatsapp tidak bisa terpasang



Bercerita hari ini, tentang sebuah Cara Bagaimana Ketika Aplikasi whatsapp tidak bisa terpasang, whatsapp salah satu apliklasi media sosial yang banyak usernya, ramai orang menggunakan aplikasi whatsapp, membuat grup, saya sendiri banyak grup yang saya ikuti, mau keluar tidak enak juga ada alumni SMP, SMA, Teman Tempat Kerja dan lain sebagainya, jadi karena teman kebanyakan menggunakan whatsapp kalau tidak pakai whatsapp itu sepertinya ketinggalan zaman, dibully kesana kemari setiap berkumpul, namun apa dikata jika hpnya ada kendala Aplikasi whatsapp tidak bisa terpasang.

Whatsapp saya sih lancar-lancar saja, kadang bertemu orang baik dikenal maupun tidak dikenal ketemu dijalan ini suka bertanya kepada saya kalau aplikasi whatsapp tidak terpasang, whatsapp bermasalah dihpnya, whatsapp tidak bisa login, whatsapp error, bagaimana cara memperbaikinya.

Seperti kejadian tadi pagi padahal tidak lama kenal, minta tolong ke saya katanya whatsappnya tidak bisa dibuka, dalam hati saya wah sepertinya saya kok ahli IT sering banget orang minta tolong hal-hal yang berkaitan dengan IT, padahal ilmu saya masih dasar, makanya kadang tidak mau unjuk gigi, tetapi kenapa teman merekomendasikan saya ketika ada masalah dengan IT, apa itu komputer, hp android saya selalu yang ditanya. saya hanya berani membantu mencoba dengan ilmu dasar yang saya miliki, saya sendiri baru mengenal komputer, internet, mahasiswa semester II, sejak balik ke kampung halaman tidak update perkembangan teknologi, beda dulu jadi anak kos selalu update mengetahui kalau ada yang baru. jadi pandangan mereka saya itu ahli banget soal IT.

Pernah juga ada yang nyuruh kerumah katanya printernya ga bisa, minta tolong dibenerin padahal sama sekali tidak bisa tidak punya ilmu itu, saya hanya punya ilmu dasar saja dan mau mencoba, dan Alhamdulillah printer tersebut terselesaikan, dikasih uang padahal maksa banget, karena teman saya menolak tetap dipaksa ya sudah saya terima, rezeki.

Kembali ke panduan Cara Bagaimana Ketika Aplikasi whatsapp tidak bisa terpasang, harapan saya menulis tutorial ini, adalah sebuah catatan dimana ketika dilain waktu ada orang yang bertanya lagi, saya lebih praktis yaitu dengan menunjukkan url postingan ini, kalau tidak terselesaikan baru secara langsung saya tangani.

Study kasus Aplikasi whatsapp tidak bisa terpasang menjadi terpasang
Ada bapak-bapak minta tolong awalnya bisa whatsapp sekarang tidak bisa, lalu ditanyakan kepada saya, saya pegang hpnya wah hp jadul spesifikasi kapasitas memori rendah, tapi namanya orang tua sepertinya tidak berpikir sampai kesitu, tahunya makai saja, katanya hpnya pemberian anak. cara saya mengatasinya berpikir secara mendasar saja, awalnya bisa menjadi tidak bisa berarti kalau dibenerin ada peluang masih bisa, saya cari kendalanya, sayapun berpikir mendasar lagi, hp android ini soal memory soal kapasitas penyimpanan, kalau penuh ya otomatis whastapp eror karena butuh ruang untuk menerima kiriman gambar video ketika penggunaan aplikasi whatsapp.

Sebelumnya sudah dibawa dikonsultasikan ke counter hp, katanya beli kuota internet sekalian tanya whatsappnya tidak bisa dibuka, bapaknya mengatakan kalau petugas counter hp menyerah angkat tangan, nah kemarin kumpul pada nyeletuk nih mah agus ahlinya, lalu sebelahnya kalau sampai mas agus tidak bisa berarti hpnya yang salah minta ganti beli baru.

Saya cek hp androidnya lama ternyata memang benar, penyimpanannya kecil sudah dipakai beberapa aplikasi sudah tinggal beberapa MB, dan saya pastikan lagi pasang aplikasi whatsapp memang benar-benar tidak bisa, lalu sayapun menyarankan untuk mengurangi beberapa aplikasi dan foto video yang bisa dihapus, saya cek penyimpanannya dibagian mana yang memakan memori paling banyak, biasanya menyimpan beberapa video, saya hapus saya kurang aplikasi yang tidak perlu, setelah saya hapus saya cek kapasitas menjadi 700 mb dari awalnya hanya 100 mb, setelah saya coba pasang whatsapp dan bisa. si bapak pun terpancar kebahagian diraut wajahnya dan berucap "terimakasih mas, terimakasih"

Karena ini hp stok lama, saya sampai ganti koneksi internetnya saya pastikan koneksinya yang cepat, dari wifi kantor ganti wifi hp saya, kemudian wifi teman saya yang paling cepat, saya unduh whatsapp berhasil terunduh dan terpasang. saya verifikasi hp berhasil dan whatsapp sudah bisa digunakan.

Kendala-kendala kenapa whatsapp tidak bisa dibuka
Dari pengalaman dan pencermatan saya ada tiga yang menjadi kendala whatsapp eror, sebagai berikut:
1. Memori penyimpanan sudah hampir penuh, bukan masalah whatsapp tidak bisa diinstal di android, misalnya sudah pasang berbagai aplikasi android sampai memori hampir penuh, kemudian pasang whatsapp bisa dipastikan tidak bisa, saya punya hp android lama, saya hapus aplikasi dan hapus video agar memori penyimpanan cukup buat instal whatsapp dan berhasil, hp android jadul saya bisa buat whatsapp.

2. Whatsapp ada pembaharuan, setiap ada update whatsapp, whatsapp tidak bisa digunakan, cara memperbarui whatsapp yang kadaluarsa adalah perbarui aplikasi whatsapp jadi harus dilakukan update kalau tidak update tidak mau kebuka, caranya ikuti saja updatenya, cara mengunduh whatsapp masuk ke playstore update whatsapp (WA).

3. Yang kedua ini karena memori penyimpanan hp android sudah limit menyisakan hanya beberapa MB, ketika mau update aplikasi Whastapp tidak mencukupi akhirnya ya balik lagi berulang-ulang tidak bisa dibuka whatsappnya.


Kesimpulan Cara Bagaimana Ketika Aplikasi whatsapp tidak bisa terpasang

Dari study kasus diatas dapat saya merangkum dan menyimpulkannya sebagai berikut

1. Pastikan ruang penyimpanan masih tersisa minimal 1 G sebenarnya sih aplikasi whatsapp ini hanya butuh tidak kurang dari 100 MB, space ruang yang ada untuk kinerja hp juga dan pada saat penggunaan whatsapp seringkali berkirim foto dan video ini perlu ruang penyimpanan kalau tidak kiriman foto tidak bisa terbuka.
Kalau saya biasanya menggunakan memory penyimpanan, setengah untuk aplikasi dan penyimpanan foto video, kemudian saya sisakan batasi sampai separuh biar kinerja hanpdhone tidak lemot, ringan dan pendapat saya ini juga langkah perawatan handphone mudah-mudahan awet karena beban kinerja hp ringan.

2. Untuk mengurangi memori dengan cara
- Menghapus aplikasi yang tidak dipakai caranya masuk ke pengaturan - manajemen aplikasi - cari aplikasi tersebut - klik aplikasi - hapus instalan
- Menghapus video dan foto-foto, masuk ke galeri, pilih foto atau video dan hapus
Dengan kedua cara tersebut ruang memori penyimpanan jadi bertambah.

3. Pastikan terkoneksi internet ketika ada kendala whatsapp anda, ketika tidak ada masalah berarti bukan pada akses internet, tetapi kendala lain seperti yang saya sudah saya ulas diatas.

Semoga bermanfaat, terimakasih. selanjutnya simak juga Jualan Promosi dengan menggunakan Whatsapp - Belajar Whatsapp Marketing



Share on FB
Share on Twitter
Share on Google+

Baca Selanjutnya

14 komentar:

  1. Koneksi internet, versi android serta spek hp ikut berpengaruh. Hp saya yang jadul juga susah kalau buat WA an...jalan keluarnya ya ganti yang baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas kadang gaptek tidak berpikir sampai kesitu tahunya bagaimana agar bisa. Ga tahu kalau spek hp juga mempengaruhi

      Delete
    2. yang terpenting koneksi internetnya :D

      Delete
  2. wah nemu nich artikel, jadi saya bisa sekarang instal WA yang ngak bisa-bisa dari kemaren

    ReplyDelete
  3. Saat ini media soaial whatsapp memang termasuk banyak penggunanya, saya juga kadang diminta orang untuk perbaiki whatsappnya dan rata rata karena masalah penyimpanannya yang hampir penuh. Owhg iya mau nanya Mas, kalau whatsapp apalagi kalau group sdh banyak biasanya gambar yang tersimpan di memori internal sampai ribuan, bagaimana caranya agar gambar tersimpan di memori eksternal Mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hp saya memory eksternalnya rusak belum tahu itu untuk caranya. Saya siasati dipengaturan whatsapp agar kiriman video dan foto tidak langsung tersimpan di memori

      Delete
  4. Seringnya kalo saya karna memori penuh nih mas, hp samsung gak tau kenapa cepet banget penuh
    Padahal aplikasi" sudah dihapusin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin simpananan video mas.

      Delete
    2. kalau bisa aplikasi yang jarang digunakan juga bisa di non aktifkan mas mayuf

      Delete
  5. saya juga pernah alami ini
    whatsapp tidak bisa dipakai karena perlu diupdate. Namun setelah diupdate tidak kelar karena memori cukup cekak. Dan harus dihapu dulu file-file yang tidak penting

    Sudah dihapusin ternyata masih belum bisa juga. Ternyata memori masih kurang saja. Repot, hp jadul keluaran 2013 banyak yang begitu ya

    Harus dihapus dulu aplikasi whatsappnya kemudian install lagi dan hasilnya bisa tertawa riang
    sudah bisa tuh whatsappnya

    Bulan yang lalu, masalah lagi.
    Ternyata android sudah tidak suppoert lagi untuk versi gingerbread. Repot lagi
    Buyar sudah hpku untuk whatsapp, dilelang saja kemudia ganti hp yang support

    ReplyDelete
  6. ini nih maunya aplikasi, maunya kok disuruh memperbarui versinya terus, suruh mengunduh dan mengistal aplikasi mulu, emang kuota belinya pake daun,,?


    ini yang belum diketahui para pengguna aplikasi,

    notifikasi untuk memperbarui aplikasi, sebetulnya itu hanya akal akalan saja dari pihak pengembang untuk tujuan komersil, nah akibatnya pengguna pengguna yang kurang ahli IT jadi korban.

    terbukti saya sendiri, contohnya ya...perangkat dekstop saya menggunakan chrome versi lama, lama banget , notifikasi sering muncul suruh memperbaharui, tapi saya tolak karna versi lama lebih kenceng aksesnya, digunakan tanpa ada masalah,

    begitu juga whatsapp, malah whatsapp yang saya pake versi paling lama lho...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajarin suhu caranya pake whatsapp cara lama

      Delete
    2. Aplikasi whatsapp versi lama maksud saya

      Delete
  7. Ruang kosong tidak mencukupi, apalagi WA ini sering sekali minta up date. Pastinya menjengkelkan juga, sudah gitu WA terbaru membutuhkan memory yang lebih besar pula. Peninglah bagi pemilik hape jadul.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung