Trik Mudah Bersihkan Bagian Karpet Mobil yang Sering Kotor


Mobil sudah jadi kendaraan yang banyak dibutuhkan. Alasannya tentu karena mobil ini memberikan kenyamanan yang lebih dibanding dengan motor atau kendaraan umum. Namun bagi para pemilik mobil pribadi, maka wajib sekali hukumnya untuk selalu jaga kebersihan mobil. Biasanya jika membicarakan tentang kebersihan mobil, maka yang langsung muncul di benak adalah kebersihan dari segi eksterior mobil. Padahal kebersihan yang dimaksud di sini juga adalah dalam kebersihan bagian interiornya.

Bagian interior ini akan jadi bagian yang menentukan sekali kenyamanan penggunaan mobil sehingga perawatannya juga harus maksimal. Untuk pembersihannya mungkin Anda hanya memperhatikan bagian jok dan dashboard saja, namun jangan lupa jika ada bagian yang paling sering Anda injak yakni bagian karpet. Karpet di mobil ini memang aksesoris tambahan. Karena kerap berhadapan dengan alas kaki, maka tak heran jika karpet mobil amat sangat mudah kotor.

Jika Anda ingin karpet tak terlalu cepat kotor, maka disarankan menggunakan karpet dengan bahan karet. Karpet dengan bahan dasar kain cenderung lebih sulit ketika dibersihkan namun cepat sekali kotornya. Bagi Anda yang memiliki karpet dengan bahan kain, maka berikut ini beberapa tips membersihkannya dengan mudah:

Pertama keluarkan semua karpet terlebih dulu yang ada di dalam mobil.
Selanjutnya sikat semua bagiannya menggunakan sikat yang halus sehingga debu serta kotoran bisa terangkat. Jika memang kotorannya agak membandel, sikat kembali secara berulang.
Selain itu jika ada bekas noda sulit dibersihkannya, maka bisa menggunakan cairan misalnya stain remover.
Semprotkan dulu cairan itu ke karpet yang ada nodanya lalu tunggu sebentar setidaknya 5 hingga 10 menit sehingga cairan bekerja. Selanjutnya tinggal lap sampai bersih.
Jika sudah kering dan bersih, lanjut dengan memasang kembali karpet tersebut ke lantai mobil. Tapi pastikan jika karpet sudah bebas debu serta kotoran.

Selain karpet bahan kain, ada juga karpet dengan bahan karet. Berikut ini cara mudah membersihkannya:

Pertama keluarkan semua karpet terlebih dulu yang ada di dalam mobil.
Selanjutnya bersihkan kotoran, noda dan juga debu yang menempel di bagian karpet tersebut.
Lantaran berbahan karet maka Anda pun dapat langsung mencucinya memakai air serta sabun khusus dan pakai sikat yang lembut sehingga noda dapat teratasi.
Jika sudah dirasa bersih, lanjut dengan membilasnya menggunakan air mengalir.
Jemur karpetnya sampai kering dan baru bisa dimasukkan kembali ke mobilnya.

Itulah tips mudah untuk bersihkan bagian karpet mobil. Dengan adanya karpet yang bersih di mobil, pastinya kenyamanan dalam mobil kian terasa. Bersihkan secara rutin misalnya 2 minggu sekali sehingga tak banyak kotoran menempel di sana.

Salam Kenal saya admin agugus.com media ini adalah tempat nongkrong sharing seperti kantor online saya, terimakasih sudah berkunjung

3 komentar

Karpet mobil paling sering kotor ya, karena naik turun mobil kadang ada saja kotoran yang terbawa alas kaki
nanti saya terapkan kalau sudah punya mobil
terima kasih tipsnya

lima tips sangat membantu untuk membersihkan karpet mobi, makasih bang tips nya

widih.. saya pas pulang dari liburan tahun baru kemarin mobil karpetnya penuh dengan tanah liat... susah ngbersiin, alamat bawa ke ahlinya,,, :D

Terima kasih sudah berkunjung
EmoticonEmoticon