Petikan Pelajaran Ngobrol Dengan Pengawas Pembangunan

Ilmu tak harus didapat dari membaca buku, sekolah, ilmu bisa juga didapat dari ngobrol dengan orang yang lebih tua, kali ini ngobrol dengan pengawas bangunan, jadi ditempat saya sebuah lembaga ini sedang membangun, timnya itu ada konsultan perencana, pemborong yang melaksanakan proyek, ditambah pengawas.

Konsultan perencana yang punya rancangan gedung, pemborong bersama para tukang dan mandor yang mengerjakan, pengawas ini yang mengawasi apakah pemborong sudah melaksanakan sesuai sesuai rancangan konsultan, yang diawasi disini detail apakah materialnya sesuai spesifikasi yang dibuat konsultan.

Seringkali pengawas ini suruh membongkar bangunan yang sudah jadi karena tidak sesuai pedoman dari konsultan, disini seringkali terjadi bentrok dengan tukang dan bos pemborong, kata bapak pengawas, bahkan dilain tempat punya pengalaman pernah akan dikeroyok 10 orang gegaranya disuruh bongkar, namun dengan penjelasan bapak pengawas ini, akhirnya mau menerimanya kemudian memahaminya.

Bapak pengawas ini pernah bercerita dengan resiko pekerjaannya, ada temannya sesama pengawas pernah masuk penjara, gegaranya mengikuti arahan dari pemberi pekerjaan yang tidak sesuai pedomannya.

Cerita lain, dibayar tinggi mengawasi pembangunan menolaknya karena paham dengan karakter orang yang menugasinya, dalam benaknya akan ada arahan yang tidak benar, dan ternyata hasilnya menggunakan orang lain, benar kejadian pembangunannya bermasalah.

Prinsip dalam bekerja yang dipegang bapak pengawas ini adalah rancangan gambar yang dibuat oleh konsultan pembangunan yaitu rencana anggaran biaya dan spesifikasi materialnya. terkadang dilapangan, pemborong tentunya ingin untung, kata bapak pengawas untung sedikit itu rugi, makanya perlu diawasi dengan benar benar, fungsi pengawasan ini sangat penting dalam pembangunam gedung. sehingga sering terjadi antara pengawas dan pemborong adu mulut, pemborong berbicara untung, pengawas berbicara menjalankan tugas apa yang diperintahkan.

Pekerjaan sebagai pengawas ini yang dipegang adalah kejujuran dan kebenaran, keras sama pemborong itu sebenarnya bapak pengawas ini ada baiknya, karena ketika bangunan sudah jadi hasilnya memuaskan, ketika orang berkunjung yang ditanyakan siapa yang mengerjakan dan otomatis secara tidak langsung mempromosikan perusahaannya. sebaliknya jika asal asalan membangunnya yang penting untung banyak bisa merusak citra perusahaannya, jika bangunanya terjadi ambruk rusak imbasnya karena nama buruknya cepat menyebar tidak mendapatkan proyek lagi.

Memperhatikan kinerja bapak pengawas ini yang punya prinsip kuat, menjadikan bapak ini banyak yang menggunakan tenaganya, menjadi rekomendasi orang ketika sedang membutuhkan tenaga pengawasan pembangunan.

Penutup
Dapat saya menyimpulkan fungsi tenaga pengawas dalam pembangunan gedung ini sangat penting sekali.

Menjadi tenaga ahli dalam hal ini pengawas pembangunan, didasari dengan akhlak yang baik dan kesadaran tinggi berprinsip kuat berpedoman dengan apa yang jadi pedomannya, menjadikan bapak pengawas ini orang yang terpercaya menjalankan tugasnya. imbasnya dengan mudah mendapatkan pekerjaan, banyak penawaran yang masuk, bahkan sampai ada yang menunda pembangunan karena menunggu selesai tugas pengawasannya.

Salam Kenal saya admin agugus.com blog ini adalah media sharing saya, mudah-mudahan bermanfaat, berlangganan artikel follow akun media sosial saya dibawah ini, terima kasih sudah berkunjung

2 komentar

Pekerjaan sebagai pengawas pembangunan tentu bukanlah pekerjaan yang mudah, disatu sisi harus memperhatikan kualitas, disisi lain bisa beda pendapat dengan pihak yang mau mebgambil keuntungan.

Disini profesionalisme seorang pengawas diuji, apakah ia mampu melaksanakan tugasnya dengan baik atau tidak.

ya mas digoda diuji terus tapi tetap berpegang teguh

Terima kasih sudah berkunjung
EmoticonEmoticon