Pendapat Kenapa Saya Pakai Domain Berbayar Meski ada Gratisan


Kalau berbeda pendapat tuangin dikomentar dibawah ya, mudah-mudahan memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca yang berencana membeli domain tapi sedang bingung bimbang mau pakai domain gratisan atau domain berbayar, karena berbagai ulasan menyatakan pendapat yang berbeda-beda ada yang merekomendasikan ada juga tidak perlu dengan pertimbangan berbagai alasan.

Domain berbayar terkenal dengan sebutan TLD (top level domain) com, id, web.id dan lainnya saya yakin para blogger punya maksud dan pemahaman sendiri-sendiri, ada yang memilih gratisan ada yang memilih domain TLD, itu keputusan mereka, saya hanya mencoba berbagi catatan pribadi saja tentang domain.

Menggunakan Domain TLD adalah berbicara masa depan Ngeblog
Pikiran ini muncul setelah beberapa waktu yang lalu ada banned massal dan terberitakan cukup booming juga dikomunitas blogger Indonesia, domain gratisan blogger banyak yang tumbang dari yang terkenal sampai yang biasa saja, bagi saya sendiri sebenarnya tidak begitu, karena saya rasanya optimis tidak dibanned, ngeblog saya terbilang ngikuti aturan, ngeblog cuma menulis antara penting dan tidak penting, tapi perlu antisipasi juga, pemahaman saya antisipasi tersebut sekaligus branding, hosting bisa gratisan tetapi domain berbayar, kalau ada masalah dengan konten, domainnya sudah terkenal, mudah untuk melanjutkannya.

Ilustrasinya, kalau semuanya gratisan dari hosting dan domain blogger, yang punya blogger mendeteksi pelanggaran, sedang adminblognya tidak tahu kalau itu melanggar, blog dibaned hilang sudah, sedangkan jika domainnya berbayar, domain masih bisa terselamatkan, konten tinggal diperbarui, namanya sudah tersebar jadi ya lumayan lah tidak begitu sulit melanjutkannya, dan untuk antisipiasi selalu backup konten blog yang ada, jika dirasa sudah saatnya beli hosting sendiri, tinggal transfer kontennya, mudah-mudahan bisa dipahami.

Tetapi tidak terlalu dipikirkan menurut saya, karena niat blog juga berbagi informasi yang bermanfaat, kalau yang blognya hasil karya sendiri, sepertinya tidak akan memikirkan hal beginian.

Domain TLD untuk keperluan komersil
Bagi yang memang punya dasar hobby menulis, tidak memikirkan penghasilan dari blog tidak menjadi perhatian serius happy blogging saja, tapi kalau tahu secara pasti kalau ngeblog juga ada peluang mendapatkan uang, kenapa tidak dilakukan.

Dari pengalaman yang saya rasakan para advertiser lebih senang beriklan di blog yang sudah berdomain TLD, maka dari itulah perlunya menggunakan Domain TLD, begitulah kenapa saya sebutkan Domain TLD untuk keperluan komersil.

Jika anda masih belum juga menghasilkan uang dari blog, berikut simak pengalaman saya semoga mendapatkan gambaran, simak disini 10 cara mendapatkan uang dari internet.

Domain TLD lebih keren dan enak disebut.
Ini hanya tambahan saja sebenarnya yang inti cuma dua diatas, dengan domain TLD ketika mengenalkan memperomosikan blog kita itu juga percaya diri, dan enak menyebutnya.
Meski punya domain TLD tetap saja belum berbangga, karena ada yang lebih penting lagi untuk melengkapinya yaitu konten, Konten yang membawa nama sebuah blog menjadi terkenal, disukai banyak orang didunia maya.

Tempat Sewa Domain TLD.
Sebelum merekomendasikan sewa, harga domain sendiri rasanya tidak berat, terakhir saya pertahun 120ribu dibagi pertahun berarti 10ribu perbulan, masa iya berat, beli mie ayam sudah hilang, kalau buat beli domain berpeluang mempopulerkan nama anda, mendapatkan hasil dari blog.

Banyak penyedia hosting dan domain, kalau masih bingung, kalau mau ikut tempat sewa domain, saya pernah transaksi dikedua penyedia domain ini yaitu boc dan idwebhost, untuk berkunjung kesitus resminya

IDwebhost situs resminya untuk beli domain disini

BOC situs resminya untuk beli domain disini

Demikian pendapat saya kurang lebihnya seperti itu, jika ada yang perlu ditambahin atau dikoreksi tinggalkan jejak dikolom komentar dibawah ini, seperti apa pendapat anda tentang domain berbayar ini, terimakasih bagi yang sudah berkomentar.

Comments

  1. Domain gratisan itu juga punya peluang besar. Adal nama domainnya singkat dan tidak terlalu panjang. Syukur-syukur satu kata, wah itu sungguh luar biasa.
    Teman saya yang hanya menggunakan domain bawaan blogspot, tiap dua bulan saja mampu cair itu iklan google adsensenya. Yang pakai TLD saja kalah.
    Dengan domain gratisan tidak perlu lagi mikirin soal perpanjangan :D
    Sebenarnya saya nyesal telah pakai TLD, ah apa boleh buat terlanjur sudah. Dan setiap link dalam artikel saya masih suka dengan menggunakan link gratisan, untuk jaga-jaga jika nanti TLD tidak diperpanjang lagi.

    ReplyDelete
  2. Iya mas, memang ada, makanya saya ungkapkan disini
    "Meski punya domain TLD tetap saja belum berbangga, karena ada yang lebih penting lagi untuk melengkapinya yaitu konten, Konten yang membawa nama sebuah blog menjadi terkenal, disukai banyak orang didunia maya."

    ReplyDelete
  3. Bener bgt, meski blogku cuma buat nulis curhatan doang tp tetep dong harus tdl. Biar apa? Biar keren, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya prediksi meski nulis curhatan, pasti pernah dapat tawaran advertiser, pernah dapat pemasukan dari blog

      Delete
  4. Domain ltd emnk lbh komersil, tapi klo gak di dukung konten yg memadai mah percuma jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. konten yang menjadi indikator bagusnya blog, yang menjadi pertarungan didunia perbloggeran, konten yang bagus akan memenangkan perhatian pemirsa

      Delete
  5. Dari pengalaman saya sendiri dan orang lain, blog yang berdomain TLD berbayar menjadi incaran pertama oleh pihak luar untuk diajak kerja sama.

    Dapat duit itulah salah satu manfaat TLD, tapi bagi yang mau sich.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas, dari perjalanan saya pake blogspot ga pernah dapat tawaran advertiser

      Delete
  6. TLD punya ,Gratisan juga punya.Pilih TLD memang orientasinya bisnis terutama Brandingnya...hasilnya kelihatan 3 Blog TLD saya sudah sering Mendapatkan Artikel Review

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas 3 blog saya juga dapat semua, yang masih domain gratisan blogspot ga pernah dapat.

      Delete
  7. Suka dengan kata punya domain TLD saja tetap saja belum berbangga.. memang betul sekali kenapa harus bangga hanya karena bisa membayar beberapa ribu rupiah setiap tahun.

    Tidak masalah dengan domain gratisan kalau isinya memang top markotop.

    Nice writing om.. mencoba mengcover banyak sisi dan juga tidak memvonis yang mana yang baik dan yang mana yang buruk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba menjelaskan apa adanya pengetahuan yg saya miliki om

      Delete
  8. TLD akan terlihat lebih berkesan di pengunjung, saya saja kalau cari infromasi di google search ngga asal buka page, saya lihat dulu alamat blognya,

    saya lebih memilih membuka yang tld dari pada gratisa,, meskipun gratisan di posisi teratas google search.

    Biasanya TLD lebih bisa dipertanggungjawabkan, apalagi kalau TLD itu menggunakan nama sendiri, tentu isi artikelnya lebih bisa dipercaya daripada yang gratisan.

    Menurut saya ini sih dari segi pencarian di google search

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga pamornya memang terdengar seperti itu.

      Delete
  9. TLD Emang mantep mas banyak keuntungan yang didapat :)

    ReplyDelete
  10. semoga mampu mempertahankan dalam sepuluh tahun mendatang ya mas
    TLD memang lebih bagus namun terkadang karena sibuk offline, kita jarang ngeblog lagi dan hingga akhirnya pada suatu saatnya nanti untuk memperbarui kita lupa

    Hal tersebut sangat tidak menguntungkan ketika itu terjadi
    ini berdasarkan pengalaman saya pribadi saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa domain juga tidak saya perpanjang karena tidak menguntungkan mas, kalau ada pemasukan rutin dari blog mudah mudah terus bertahan, karena teranggarkan

      Delete
  11. alasan saya dulu di kustom domain ke TLD biar adsense bisa non hosted full approved hahahaha

    walaupun kenyataannya, yang blogspot bisa ngasilin lebih gede daripada yang TLD.Mungkin karena perbedaan konten. hihi

    Tapi so far, ya biar keren aja sih. Walaupun harus ngeluarin duit buat perpanjangan domain ... tapi worth it kok kalo cuman untuk domain saja mah.

    ReplyDelete
  12. Klo saya, lebih suka memilih domain TLD karena lebih mudah & ringkas klo ngetik nama domainnya dan lebih mudah ngapalinnya....hehehe

    ReplyDelete
  13. Yang penting biar keren hahaha

    ReplyDelete
  14. Kalau saya maunya TLD tapi belum kesempatan sekarang masih gratisan Alhamdulillah baik banget nie Blogspot semoga kedepan bisa beli Domain sama Hostingnya, Terimakasi rekomedasi penyedia Domainya Mantap mas.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung

Popular posts from this blog

Alasan Motivasi dan Manfaat Mengikuti Ekstrakurikuler PMR di Sekolah

Jasa Tambah Kontak BBM agugus.com Murah hanya 50 ribu rupiah

12 Ide Usaha Jualan Dengan Menggunakan Motor Roda Tiga Viar

Tips ketika perjalanan membawa printer

12 Modifikasi Motor Roda Tiga Untuk Usaha