Manfaat yang saya rasakan dari Aktif Blogwalking dan Saling Memberi Komentar

Manfaat yang saya rasakan dari Aktif Blogwalking dan Saling Memberi Komentar
Manfaat yang saya rasakan dari Aktif Blogwalking dan Saling Memberi Komentar

Ngeblog lama, blogwalking sering dilakukan, namun baru kali ini merasakan manfaat dari blogwalking saling memberikan komentar, mungkin karena dulu tujuan saling berkomentar di blog ini untuk tujuan backlink sedangkan sekarang memang tidak ada target, saling komentar saja mengakrabkan suasana dengan saling membalas di komentar blog masing-masing.

Yang terjadi malah ngeblog lebih asyik, setiap postingannya ada saja yang mengomentari, dari kebiasaan saling mengomentari ini ternyata ada yang saya rasakan yaitu jadi berlatih bagaimana mengungkapkan kata-kata menyimpulkan ataupun memberikan solusi, mengkritisi sebuah tulisan dengan positif sehingga etika saling menghargai itu tercipta suasana keakraban para blogger itupun tumbuh, menjadi rutinitas berkunjung kehidupan bersosial didunia maya.

Dengan sering memberikan komentar di blog, ada perubahan pada diri saya, yang awalnya pasif, pendiem dengan sering aktif mengomentari blog, seperti berlatih berkata-kata sehingga tidak kaku ketika berkomunikasi, begitu didunia nyata awalnya mulut seperti terkunci tidak bisa bicara, setelah aktifitas ini bisa lepas berbicara.

Awalnya saya juga pemalu, menunjukkan tulisan blog saya dimedia sosial, saya tidak percaya diri, awalnya saya ngeblog yang baca berharap sumbernya dari mesin pencari, karena biasanya kalau pembacanya berasal lolos dimesin pencari ini artikelnya bagus tidak malu-maluin. kemudian yang baca ini tidak kenal, jadi terhindar dari bully, pokoknya orang diem tidak percaya diri.

Dari ulasan singkat diatas dapat saya rangkum Manfaat yang saya rasakan dari Aktif Blogwalking dan Saling Memberi Komentar

1. Saling mengomentari menjadi media berlatih untuk mengungkapkan sesuatu dari pemikiran kita, jika dilakukan terus menerus, berasa terbiasa, berbicara penyusunan kalimat tidak kaku lagi.

2. Melatih diri untuk Lebih percaya diri dalam hidup bersosial didunia maya.

3. Pertemanan terjalin dan berasa bermakna saling bertukar pikiran hal bermanfaat.

Demikian catatan pribadi yang dapat saya share, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi pembaca sekalian, terimakasih.


Advertisement