Cara Agar Siswa Tertarik Bergabung Ekstrakurikuler PMR

Ada beberapa orang yang bertanya Cara Agar Siswa Tertarik Bergabung Mengikuti Ekstrakurikuler PMR (Palang Merah Remaja) seperti apa ? karena disekolahnya kegiatan Ektrakulikuler ini kurang menarik sehingga anggota PMRnya sedikit, kalau banyak sebagian besar perempuan. Tidak tahu kenapa kalimat  pertanyaan tersebut tersimpan dimemori seperti ada bisikan saya harus memberikan penjelasan.

Terpendam lama dimemori coba mengungkapkannya dalam bentuk postingan blog, kalau salah dikoreksi ya, biar lebih bagus lagi harapan penulis ditambahin juga lewat kolom komentar seputar kiat agar siswa tertarik ektrakulikuler PMR, semoga memberikan manfaat lebih bagi para pembaca.

Sebelumnya saya tidak menguasai hal Ekstrakurikuler PMR tapi saya punya pengetahuan hasil mengikuti diklat kehumasan tingkat Provinsi, pengalaman ini kalau saya kaitkan bisa untuk menjawab pertanyaan tersebut diatas.

Inti dari bagaimana Cara Agar Siswa Tertarik Bergabung Mengikuti Ekstrakurikuler PMR adalah PENCITRAAN PMR

Apa yang dilakukan untuk kegiatan pencitraan ini ?

Informasikan dilingkup sekolah bahwa Ekstrakulikuler  PMR itu bermanfaat, itu bekal, menambah ketrampilan, menambah pengalaman, bermanfaat untuk diri sendiri dan lingkungan.

Ilustrasinya misalnya pembina PMR membuat berita kegiatan PMR disekolahnya kemudian dipublikasikan di media sosial (blog, facebook, twitter, instagram), atau kirim berita tersebut ke wartawan, bisa juga dikirim ke PMI di wilayah anda agar bisa meneruskan informasi kegiatan PMR yang bermanfaat itu. kemudian secara tidak sengaja kepala sekolah mengetahuinya membaca berita tersebut, dan memberikan komentar "wah ternyata kegiatan PMR bermanfaat dan menarik ya, bagus untuk pengembangan generasi muda" sudah tahu itu bisa saja kan Kepala Sekolah lalu mengambil kebijakan support memberikan perhatian kegiatan Ektrakurikuler PMR.

Atau bisa juga bagi pembina PMR berikan tugas kepada Anggota PMR untuk menulis artikel kesan dan pesan menjadi Anggota PMR kemudian kesan-kesan tersebut tempel di Mading Sekolah, media informasi sekolah, isinya memberikan pemahaman kepada pembaca bahwa kegiatan PMR ini penting untuk individu, dengan bergabung kita tahu mengobati luka, pertolongan pertama, pengetahuan remaja sebaya, kepemimpinan, tentang ke PMR an lainnya yang pada intinya mengembangkan skill genarasi muda, yang punya ketrampilan untuk menolong sesama dan berjiwa kemanusiaan.

Contoh tulisan untuk percitraan PMR
Saya orang tua dulu ikut PMR kemudian menjadi Sukarelawan PMI, saya paham ikut aktif dikegiatan PMR dan Sukarelawan PMI ini banyak pembelajaran yang saya dapatkan, bisa dibilang mencetak generasi pribadi yang bermanfaat dan kemandirian serta kemanusiaan. ketika saya merantau diluar kota jadi anak kos, tidak kaget hidup mandiri, ketrampilan yang didapat ketika aktif di PMR dirasakan seperti bisa mengobati diri sendiri ketika luka sakit, mengobati teman yang luka dan pengetahuan PMR lainnya bisa saya aplikasikan.

Maka dari itu dari apa yang saya rasakan dulu, anak saya nanti berharap mau aktif mulai dari PMR MULA waktu SD, kemudian PMR MADYA waktu SMP dan WIRA waktu SMA bahkan setelah itu kalau ada waktu dan mau kegiatan lagi gabung menjadi Sukarelawan PMI.



Demikian buat pencitraan dalam bentuk tulisan karena kegiatan PMR ini ektrakulier yang penting karena mengarah kepada ketrampilan hidup, karena tidak selamanya kita dekat dengan keluarga teman dekat yang sewaktu-waktu bisa menolong kita, dengan ketrampilan itu setidaknya ketika bisa menolong untuk dirinya sendiri.

Kesimpulan
Cara Agar Siswa Tertarik Bergabung Mengikuti Ekstrakurikuler PMR adalah bagaimana kita berkreasi dalam pencitraan bagaimana kita menyampaikan informasi kepada umum tentang ajakan bahwa kegiatan ektrakulikuler ini kegiatan yang penting untuk diikuti, karena diajarkan ketrampilan diri yang bermanfaat untuk diri sendiri dan juga orang lain.

Kegiatan PMR ini kegiatan pengembangan diri, isi waktu dengan kegiatan yang positif untuk bekal dimasa depan dengan kegiatan PMR. optimalkan waktu sebaik mungkin dimasa muda.

Kegiatan pecitraan ini perlu dilakukan secara konsisten, tidak instan perlu proses untuk meyakinkan. bisa dilakukan dengan setiap kegiatan PMR publikasikan foto kegiatannya dan tulis beritanya, semoga dengan kesadarannya sendiri bergabung menjadi anggota PMR.

Selanjutnya Silakan tambahkan atau koreksi dikolom komentar, terimakasih




4 komentar

Click here for komentar
2/11/18, 5:36 PM ×

Sepakat banget.. Sayang di sekolahku blm ada ekstra PMR, karena masih jenjang sekolah dasar kali ya

Balas
avatar
admin
2/11/18, 6:17 PM ×

harusnya jenjang sekolah dasar sudah yaitu pmr mula, tapi memang masih belum begitu aktif di SD

Balas
avatar
admin
2/15/18, 1:26 AM ×

Saya semasa SMA pernah bergabung jd anggota PMR
Tp..karna saya mungil jarang dijadikan petugas saat upacara :D

Balas
avatar
admin
3/2/18, 5:45 PM ×

meski tidak jadi petugas upacara bisa bermanfaat untuk dirinya sendiri mba punya pengetahuan tentang apa yang diajarkan pada saat mengikuti ektrakurikuler PMR

Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar