Beberapa Produk yang pernah saya jual online dan Pembelajaran yang Didapatkan

Beberapa Produk yang pernah saya jual online dan Pembelajaran yang Didapatkan
Beberapa Produk yang pernah saya jual online dan Pembelajaran yang Didapatkan

Kali ini akan bercerita lagi dan mudah-mudahan ada manfaatnya, yaitu pengalaman jualan online.

Saya ini terbilang tidak fokus berubah-rubah, sebenarnya inginnya jualan produk satu itu terus tetapi ada kendala yang tak terelakan yang terpaksa harus menyerah, kalau ada nyinyiran "bagaimana mau sukses cara kerjanya seperti itu" cukup dalam hati saya, pendapat saya kesuksesan itu karena bimbingan yang maha kuasa, rezeki yang maha mengatur, kalau Allah berkehendak pasti saya dituntun kejalan menuju sukses dengan cepat, tapi sepertinya saya harus belajar dari banyak kegagalan dulu agar lebih matang. itu ikhtiar didunia maya.

Bukan bermaksud sombong atau Pamer, saya ungkapkan karena mengait diatas, karir didunia nyata saya sebagai manajer, dipercaya oleh bos memimpin sebuah kantor kecil, saya juga heran kalau jadi karyawan bersungguh-sungguh meski gaji kecil tapi Alhamdulillah, kalau duitnya kecil dapat ilmunya. jangan dilihat atau bahas gajinya, kerjanya dimana, tapi yang dibahas kok percaya sama saya itulah kebanggaan saya, sehingga saya pegang tanggungjawab itu.

Itu sebagai pengantar, kembali kejudul beberapa produk yang pernah saya jual online dan Pembelajaran yang didapatkan, jujur saat ini saya dalam beraktivitas blogging tujuan saya ingin memberikan manfaat, menulis pengalaman yang kalau ditulis jadi artikel menurut saya ada manfaatnya, jadi tidak begitu beban, dan sekarang ini tidak menargetkan sesuatu seperti trafik hasil dari blog, kalau nasehat bilang, "yang penting konsisten sudah berusaha sebaik-baiknya hasil berpasrah sama Allah SWT, maka dari itu sejak kemarin-kemarin saya menulis artikel air mengalir saja, tidak riset kata kunci, ngintip hasil pencarian, apalagi rewrite. tidak seperti dulu, main jualan online, buat banyak blog, kemudian mengoptimasi artikel agar view banyak.

Berikut beberapa pengalaman jualan online, dari pemula sampai sekarang ini.

1. Jualan modem 
Ini hanya iseng jualan online pertama kalinya, mempraktekan bacaan artikel jualan online yang saya baca, ternyata berhasil menjual satu biji, yang beli orang bogor, modemnya dari magelang, cara jualan saya sistem dropship, dulu pakai bukalapak kalau ga salah tahun 2014.

Pembelajarannya adalah, waktu itu masih booming internet pakai modem, kebutuhan modem sepertinya banyak, nah jadi pembelajarannya jualan berdasarkan trend yang lagi booming, dan saya sendiri memang suka dunia komputer.

2. Jualan Produk baru bioklin penguras wc tanpa sedot
Awal mendengar ragu, apakah benar produk tersebut, ini adalah produk produksi teman sendiri, malam-malam datang kerumah menawarkan untuk ikut memasarkan, saya berpikir pasarin lewat internet ga pakai biaya, ya sudah saya coba, sebelumnya saya tes dulu produknya saya catat hasilnya, ternyata memang benar, nah dari hasil ujicoba saya buat artikel yang semenarik mungkin kemudian promosikan.

Pembelajaran dari jualan produk ini adalah, menonjolkan manfaat dan kepraktisan kemudian disertai fakta dari pengalaman, dengan kekuatan ini, jualan saya pun laris. namun ditengah jalan ada kendalan dengan bahan baku dan akhirnya tutup.

3. Jualan tas wanita branded
Yang ini bermula dari adik istri saya yang jualan tas lebih dulu, hasilnya bagus, lalu istri saya diberitahu suppliernya, dan saya pun coba mulai jualan, optimasi jualan saya melalui instagram dan optimasi blog, beli domain lalu saya optimasi. hasilnya lumayan kurang lebih hasil bersih 25 juta , tapi yaitu lagi saya sebagai tukang promosinya istri saya csnya, saya kok kurang nyaman sistem dropship harganya pokoknya mahal, barang stok kadang kosong, bikin malas saja, kemudian mulai banyak yang jualan tas, ya sudah berhenti.

Pembelajaran dari jualan tas ini, jualan dangan sasaran orang menengah keatas ini enak, tidak banyak tawar menawar, langsung beli, tapi ya gitu karena menjadi sasaran empuk, optimasi promosi harus lebih kenceng, karena kadang kalah dengan yang bermodal, promosinya berani keluar uang banyak.

4. Jualan produk punya saudara
Saudara ada yang jualan motor roda tiga dan headpiece, saya bantu optimasi dengan membuatkan blog, model saya pemasaran di internet, sampai sekarang dengan teknik membuat artikel review sebanyak-banyaknya. kemudian membuat blog setopik yang membahas berkaitan dengan produk yang saya jual.
Pembelajaran jualan produk ini, kalau produk sendiri ini lebih optimis dalam memasarkan.

5. Jualan kopi lokal
Ini yang baru kemarin saya jalankan, mas djangkaru bumi juga tak kasih gratis buat nyobain kopinya lalu di review diblognya, cara saya pun sama dengan blog topik lalu tebar artikel, diperjalanan eh ada yang beli kopinya habis nunggu panen.
Pembelajarannya, jualan kopi ini jualan manfaat, bubuk murni ini saya tonjolkan manfaatnya sehingga orang tertarik, didasari dari kesukaan juga, saya suka kopi hitam.

Itu yang saya inget sepertinya masih ada lagi, sekarang free ga jualan lagi, sepertinya saya mau jualan lagi kalau produk merk punya sendiri.

Semua diatas saya jalani dengan enjoy, karena saya memang hobby internet, dulu sebelum tahu ngeblog saya suka gali informasi, download ebook saya baca, dari internet saya bisa berpetualang, salah satunya jualan online kemudian menghasilkan uang dari blog, bisa disimak petualangan saya menghasilkan uang dari internet disini.

Itu pengalaman jualan online saya, kalau ada yang punya pengalaman jualan online bagi dong di komentar dibawah, untuk pembelajaran bersama. Terimakasih
Advertisement