Eksperimen Fokus Satu Blog

Mengelola banyak blog sudah saya rasakan, kalau kuat mengelolanya, seperti ternak menyenangkan, luar biasa pikirannya ada di online terus terhanyut, menikmati kerja keras, saya hentikan karena membuat keasyikan lupa bahwa yang lain juga membutuhkan perhatian. kemudian rasanya juga badan remuk redam sakit semua, rentan sakit. belum bisa memanejemen waktu dengan baik, apalagi seorang karyawan dan bapak.

Banyak teman yang menyarankan untuk fokus satu blog, ditambah pengalaman proses tadi mengelola banyak blog yang melelahkan dan menyita perhatian, pada awal tahun 2018 ini coba fokus hanya satu blog yaitu agugus.com ada beberapa blog yang sudah saya buat sudah domain berbayar, lebih condong suka namanya agugus.com seperti nama saya agus dimana nama itu sangat populer didunia persilatan, jadi sreg dengan domain ini, kalau sudah sreg coba mengoptimasinya memfokuskannya.

Pada Tahun 2018 ini coba bereksperimen mengelola satu blog, hasilnya seperti apa, saya pertimbangkan, coba memenuhi nasehat teman-teman didunia maya, dan memang kondisi sekarang didunia nyata sedang banyak kegiatan, meski demikian tetap semangat didunia maya karena secara materil ingin sukses dari internet. seperti yang sudah saya tulis pada postingan sebelumnya pencapaian didunia maya Tahun 2017 dan mimpi tahun 2018

Apa saja yang akan dilakukan dalam program Eksperimen Fokus Satu Blog ini berikut diantaranya :

1. Happy blogging 
Lho kok happy blogging iya coba menikmati rasa menulis tanpa menargetkan kata kunci mesin pencari google, menulis bersumber dari pengalaman, menulis apa adanya yang saya tahu baik didunia nyata dan dunia maya. terkadang scrol facebook dapat ide menulis, ngobrol dengan bos teman dapat ide menulis, apa yang terlintas dipikiran dan sepertinya bermanfaat jika ditulis dibagikan saya buat tulisan dan posting di blog agugus.com, dengan cara seperti ini terasa nikmat dan asli merasakan juga tidak hanya materi yang buat pikiran senang ada rasa lain dari cara ini, dari menulis apa adanya happy blogging dirasakan rileksasi otak.

2. Branding Domain
Bertahun-tahun ngeblog saya malu memperkenalkan blog saya ke khalayak, tidak percaya diri, tidak lama saya baru percaya diri membranding domain agugus.com, saya share diakun pribadi whatsapp, promosi di akun media sosial pribadi saya.
Jadi eksperimen fokus satu blog, saya lakukan dengan mencoba melakukan teknik-teknik promosi kearah mengenalkan domain, harapannya populer agar orang menyebut nama saya yang terlintas dipikirannya nama domain saya.

3. Silahturahmi dunia online
Langkah berikutnya dalam rangka ekperimen fokus satu blog adalah lebih sering silahturahmi online yaitu blogwalking membaca postingan blog lalu meninggalkan komentar interaktif, ternyata proses ini cukup menyenangkan, dulu pikirannya untuk backlink sekarang tidak, blogwalking sekarang ke arah silahturahmi, arah tujuannya ya branding juga, kalau sering ngobrol kan jadi akrab tuh ya. blog saya pun mulai dikenal, ini membutuhkan proses maka dari itu selama satu tahun optimasi fokus satu blog saya hanya mengandalkan blogwalking dan update rutin, lagian sekarang sudah mudah ada hp android, aktivitas blogging bisa langsung lewat blog dimana berada, tidak harus buka laptop login akun, di hp bisa cepat.

Bagaimana target penghasilan dari blog ? kan butuh pemasukan !!!!
 
Kebetulan kerja keras sebelumnya sedikit-dikit memberikan pemasukan, kemudian domain agugus.com ini juga saya optimalkan, masih sama kerja keras juga tapi sebatas dijalani, dinikmati, disyukuri, tidak ngoyo banget, selanjutnya saya pasrahkan yang Maha Mengatur Rezeki Allah SWT semoga sobat semua juga dilancarkan dicukupkan rezekinya. amin

Sepertinya saya cukupkan dulu, menulis hari ini dengan ulasan ekperimen fokus satu blog, kalau ada yang menambahkan memberi nasehat, saya berbahagia sekali. jika tulisannya menginspirasi bermanfaat, menjadi kebanggaan dan menambah semangat diri, terimakasih sudah membaca sampai selesai.
Berbelanja online Perlengkapan Atribut Palang Merah Remaha kunjungi website kami di www.tokofaiz.com klik disini www.tokofaiz.com



Baca Juga

Comments

  1. Saat ini saya pun begitu pak agus... ingin fokus ke 1 blog... aja...

    Niatnya sudah bulet....

    Dan akan share yang saya bisa aja ...

    Soalnya kalau saya shere yang gak saya kuasainn.... takut gak bisa tanggung jawab....


    Lumayan ya pak agus... sudah dapat penghasilan.....

    ReplyDelete
  2. wah asik.. semangat fokus satu blognya mas. saya aja cuma punya 1 aja susah niat ngisinya. hahaha. smoga terwujud ketiga targetnya ditahun ini. :D Salam

    ReplyDelete
  3. Yak betul, semua butuh perjuangan. Kalaupun bisa ternak blog, kudu bisa ngerawatnya juga. kalau fokus satu blog, itu juga sangat bagus, meningkatkan kualitas. Jangan lupa berdoa..

    Makasih mas atas share-nya, tambah semangat nih ngeblognya

    ReplyDelete
  4. wah betul itu, jangan lupa berdoa

    ReplyDelete
  5. sama mas Agus saya juga lagi fokus sama satu blog aja, niat pingin ternak blog ternyata masih kendala sama manajemen waktu yang belum bisa teratur.

    akhirnya blog ternakan kurang perhatian dan miskin artikel.

    ikutan semangat deh... saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas semoga dengan mengelola satu blog lebih optimal

      Delete
  6. blog ini sudah cukup bagus DA PA nya, sudah tinggi kalau dibandingkan deng blog asik pedia milik saya.

    itu artinya blog ini sudah mateng dan senior. Salut dah...

    tapi tulisannya yg lumayan kecil membuat mata saya sedikit kurang nyaman klu dilihat via dekstop komputer saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih masukannya, akan coba saya edit besarkan tulisannya

      Delete
  7. Semangat fokus satu blog mas, biar brandingnya lebih mantap hihi

    ReplyDelete
  8. Dari dulu saya selalu menyarankan kepada para blogger yang baru berkecimpung, untuk focus satu blog saja, seandainya harus punya lebih cukup dua, itu pun ke dua hanya untuk mendukung SEO, artikelnya tetap atau lebih banyak dari copas artikel blog utama.
    Terlalu banyak blog, tenaga akan terkuras, dan itupun tidak bagus buat kesehatan mata. Cepat lelah pastinya.
    Jangan tergiur denga apa itu yang namanya google adsense.
    soal kata kunci, jika sering menulis dan membaca nanti akan dengan sendirinya menguasai kata kunci.
    Soal pemasukan, jika tidak berhasil di dunia maya, berarti rezekinya di dunia nyata. Blog hanya sebagai mempromosikan diri.

    ReplyDelete
  9. Saya sih cuma punya satu blog, saya tidak ingin terbebani dengan urusan SEO, jadi blog adalah hiburan saya dan ajang menambah wawasan
    enjoy aja nulis
    yang saya share semoga ada manfaatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan mba, nanti bikin hidup tambah pusing he...happy blogging saja.

      Delete
    2. pusing kenapa? Iya saya happy blogging aja
      tuh kan mampir lagi hehe

      Delete
    3. pusing banyak blog makannya banyak, makannya blog disini artikelnya, perhatiannya keblog terus nanti didemo he...he...

      Delete
  10. saya kebanyakan blog malah ga keurus mas hahaha akhirnya males

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu banyak nganggur jadi menyibukan diri dengan membuat banyak blog he....

      Delete
  11. Satu atau banyak blog, kembali kepada sang blogger itu sendiri.

    Saya juga punya banyak blog. Tapi saat ini hanya satu blog yg rutin diupdate. Mungkin karena kemampuan saat ini hanya sebatas itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba tergantung kemampuan blogger itu sendiri

      Delete
  12. sayapun sekarang mengurus satu blog saja mas Agus
    sbelumnya da beberapa blog dan itu benr2 melelahkan
    akhirnya saya putuskan untuk fokus di satu blog yang niche nya sesuai dengan apa yang saya inginkan
    tidak terlalu memusingkan kata kunci sperti mas agus bilang di atas
    saya sekarang lebih fokus menulis sesuai keinginan saya sendiri yg memang saya pahami
    soal hasil itu akan mengikuti, bagaimana usaha kita saja..

    ReplyDelete
  13. Wiiih, semoga istiqomah dlm mengurus satu blog ya.. Hhh
    Aku mah apa, yg cm blog satu doang jg nggak begitu ke urus, cm buat have fun aja sih. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mba semoga istiqomah, soalnya ngeblog juga banyak godaannya

      Delete
  14. Paling males mikirin kata kunci kalau nulis. Saya nulis yang saya pengin atau lagi resah aja. Nggak mau terbebani sama SEO atau apalah itu. Soal rezeki, ya nggak harus dari blog. Ada yang nawarin kerja sama syukur, nggak ada juga santai saja. Ehe. :)

    ReplyDelete
  15. Blog satu aja nggak habis2 mas agus 😂
    Kadang artikel mandek nggak ada yg baru. Tapi sekarang lumayan lah,diusahakan seminggu 1 artikel 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ga habis mba, blognya minta makan, makannya artikel, kalau lama ga post beban juga he..he..

      Delete
  16. Sebenarnya saya punya 3 blog mas Agus, tapi sepertinya lagi fokus ke 1 blog dulu deh (blogmashendra.com). Soalnya kewalahan juga kalo ngurus lebih dari 1 blog, yang penting rutin update artikel aja deh. Soalnya saya juga terbentur dengan aktivitas pekerjaan...

    ReplyDelete
  17. Mantap mas agus. Sukses buat rencananya. Toh rejeki nda bakal ketukar yah. Positif beud saya, habis ngebaca no 1, happy blogging.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, terima kasih happy blogging semangat

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung