BIOKLIN SOLUSI RAMAH LINGKUNGAN

1.    PENDAHULUAN
Aktifitas manusia sering menjadikan alam terganggu keseimbangannya sehingga alam tidak mampu lagi mempertahankan daya dukungnya terhadap lingkungan. Semakin banyak jumlah manusia tentunya semakin banyak permasalahan lingkungan yang ditimbulkan. Mulai dari kotoran, selokan yang mampet (tergenang), penumpukan sampah, sampai pada permasalahan lingkungan yang paling dekat dengan kita yaitu MCK (Mandi Cuci Kakus). Tanpa disadari atau tidak PENCEMARAN LINGKUNGAN berpotensi menimbulkan masalah Kesehatan.

Berbagai masalah bisa ditimbulkan oleh:
• MCK (Mandi Cuci Kakus )
Septic-tank yang penuh/berbau, dapat mengganggu lingkungan dan menurunkan kualitas air sumur. Biasanya diatasi dengan disedot atau penggunaan bahan kimia. Cara ini tidak praktis dan tidak efisien.
Kamar mandi / WC yang berbau mengganggu kenyamanan lingkungan dan menimbulkan polusi udara. Biasanya diatasi dengan penggunaan bahan-bahan antiseptik yang tidak bisa menghilangkan bau, melainkan hanya menyamarkan yang pada batasan waktu tidak lama maka bau tidak sedap akan muncul kembali.

• Tempat Pengolahan Ikan (TPI)
Tempat tersebut berpotensi menimbulkan bau amis yang sangat mengganggu. Biasanya dibiarkan begitu saja karena ketidakpedulian.

• Tempat Pelayanan Kesehatan (RS, Puskesmas, Laboratorium, dll)
Limbah- limbah berupa darah, air seni, faces, air ketuban, sampah operasi, dan lain sebagainya berpotensi menimbulkan bau tidak sedap.

• Peternakan dan kebun binatang
Sisa-sisa dari kotoran hewan ternak / peliharaan biasanya dibiarkan begitu saja sehingga menimbulkan bau bahkan menimbulkan berbagai macam penyakit. Dalam kasus tertentu dapat menimbulkan protes warga di sekitar peternakan.

• TPA (Tempat Pembuangan Akhir)
Semakin banyak kepadatan penduduk maka sampah yang ditimbulkan akan semakin banyak dan membutuhkan perhatian khusus dari seluruh lapisan masyarakat. Sampah-sampah yang tidak ditangani secara khusus dapat menimbulkan bau busuk dan berbagai macam penyakit.

Mikroorganisme menghasilkan enzim yang mempunyai peranan penting di dalam proses biokonversi yaitu mengubah suatu senyawa menjadi senyawa lain yang lebih bermanfaat. Proses ini merupakan dasar dikembangkan dan diterapkannya untuk memenuhi kebutuhan manusia. Misalnya digunakan untuk pengembangan industri, kesehatan, pertanian serta pengelolaan lingkungan hidup untuk menjaga kelestariannya. Pemanfaatan mikroorganisme yang menguntungkan merupakan sebuah jawaban untuk memperoleh kepraktisan dan kemudahan dalam mengatasi limbah-limbah organik yang ada.
Kebersihan sangat penting sebelum timbul masalah yang sudah disebutkan diatas, karena tiap hari kita membutuhkan, bagaimana jadinya kalo hal-hal diatas tersebut kurang terpelihara dengan baik tentunya kita tidak nyaman, untuk itu UD. Berkah Alam Makmur Semarang berinovasi memproduksi produk dengan nama Bioklin yang dipercayakan untuk didistribusilan kepada agfa distributor, dimana dengan bioklin ini merupakan solusi yang lebih hemat biaya, masalah-masalah diatas bisa teratasi dan untuk WC terbebas dari tersumbat penuh dan Bau.

2.    PRODUK

A. Prinsip kerja Bioklin
Bioklin adalah mikroorganisme aktif,
tidak mengandung bahan kimia,
tidak berbahaya bagi kulit dan tubuh,
sebagai penguras wc tanpa sedot,
Bioklin menambah dan mengaktifkan mikroorganisme dalam septic tank sehingga mempercepat proses penguraian kotoran menjadi gas asam organik + karbondioksida(co2) + air(h2o), mengurai kotoran yang mengerak menghilangkan bau karena kotoran tersebut terurai,
membuka pori-pori tanah yang tertutup sehingga air dapat meresap ke tanah dengan mudah, sehingga septic tank yang tadinya penuh bisa menyusut,
menjaga kualitas abt(air bawah tanah) karena yang terserap tanah adalah air yang sudah tidak mengandung bakteri-bakteri merugikan

B. Kegunaan Bioklin
1.  sebagai penghilang bau sampah organik,wc,dll
bau yang ada biasanyadisebabkan oleh limbah-limbah organik yang tidak sempurna pembusukannya.
dengan Bioklin proses pembusukan limbah tersebut dipercepat sehingga dalam waktu yang singkat bau akan lenyap.
Pada proses berikutnya limbah tersebut diurai menjadi senyawa yang tidak menimbulkan bau dan tidak berbahaya bagi manusia.
Proses inilah yang tidak dapat dilakukan oleh penghilang bau selain bioklin,karena penghilang bau yang lain pada umumnya menggunakan bahan kimia yang hanya menumpuk atau menyamarkan bau limbah yang ada,bahkan masih berpotensi menimbulkan penyakit

2.   menghilangkan bau melalui proses penguraian oleh mikroorganisme sbb :
- mikroorganisme amilolitik untuk mengurai karbohidrat
- mikroorganisme selulotik untuk mengurai karbohidrat rantai  panjang (serat kasar)
- mikroorganisme proteolitik untuk mengurai protein
- mikroorganisme fiksasi n untuk mengikat zat-zat beracun
dari proses tersebut yang dihasilkan adalah gas karbondioksida,gas asam organik dan air yang tidak menimbulkan bau serta tdak beracun


Kegunaan Lainnya
1. Menguraikan lemak tinja yang mengerak di dinding septic-tank
2. Membuka penyumbatan saluran dan pori-pori resapan, sehingga normal kembali
3. Menghilangkan bau tak sedap
4. Septic-tank tidak mudah penuh karena sistem resapan yang lancar
5. Menghindari berkembangnya Bakteri Pathogen dalam septic-tank sehingga kualitas air sumur terjaga

C. Cara Pemakaian Bioklin

1. Untuk penguras wc tanpa sedot
Untuk Lebih Optimal sebaiknya dilakukan malam hari, masukkan Bioklin kedalam septic tank melalui closet.
Dengan kecepatan yang fantastis (3-7 hari) Bioklin akan mengurai kotoran yang ada di dalam septic tank.
Adanya cara yang praktis,murah,mudah,efisien tersebut maka tidak perlu lagi untuk menyedot,bongkar pasang septic tank sehingga menghemat biaya ,hemat waktu,hemat tenaga,dan tidak menimbulkan bau bagi lingkungan sekitar.
Bioklin menjaga keseimbangan kehidupan mikroorganisme yang menguntungkan didalam septic tank dan menekan mikroorgansme yang merugikan sehigga Bioklin akan membuat septic tank tidak akan mudah penuh serta tidak berbau.

2.  Untuk penghilang bau
Dengan Bioklin siramkan pada tempat yang berbau (sampah/wc/dll).
Agar penggunaan bisa lebih efisien,misalnya untuk sampah dalam jumlah banyak atau kotoran hewan,campurkan 1 liter Bioklin dengan 15 liter air,kemudian biarkan sekitar 10 jam agar homogen dan mengendap.
Selanjutnya ambil larutan Bioklin tersebut dan semprotkan secara merata menggunakan hand sprayer/tank sprayer.
dijamin dalam waktu singkat bau tidak sedap pasti hilang!!!

Saran dari Kami
Jangan Tunggu Septitank penuh dan menimbulkan Bau dan pencemaran. Untuk Pemeliharaan agar terhindar bau, tersumbat dan penuh gunakan setiap 4-6 bulan sekali, 1 liter Bioklin masukkan ke septitank melalui kloset. Dalam 3-7 hari volume septitank akan susut dan terkuras otomatis.

D. Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan :

Jangan biarkan bau limbah organik yang bisa menimbulkan penyakit dan mencemari lingkungan
Hindari penggunaan bahan-bahan kimia atau anti septic pada septic-tank karena dapat mematikan mikroorganisme yang menguntungkan. ( penyebab terkadang bioklin tidak bisa bekerja optimal sehingga WC tetap seperti biasanya)
Jangan memasukkan sampah bukan organik misal: plastik, karet, pembalut wanita, dll) ke dalam closet karena tidak bisa diuraikan oleh mikroorganisme. ( penyebab terkadang bioklin tidak bisa bekerja optimal sehingga WC tetap seperti biasanya)
Jangan menunggu septic-tank penuh dan berbau, gunakan Bioklin sekarang juga untuk perawatan septic-tank.
Septic-tank yang benar:
Lantai resapan terdiri dari pasir, kerikil, ijuk, dan tanah.
Mempunyai pipa udara untuk pertukaran gas
Alam merupakan ekosistem yang terdiri dari rangkaian rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan dimana alam mampu menjaga kelestariannya sendiri tanpa campur tangan manusia.

Namun sekarang ini produk bikolin tersebut tidak beredar dipasaran karena sudah berhenti produksi, anda bisa menggunakan produk sejenis yang memiliki kandungan yang sama berikut referensinya baca pada formula penguras wc tanpa sedot










Berbelanja online Perlengkapan Atribut Palang Merah Remaha kunjungi website kami di www.tokofaiz.com klik disini www.tokofaiz.com



Baca Juga