4 Hal yang Perlu dilakukan Ketika Musim Penghujan

Musim penghujan tiba, masuk ke grup Whatsapp siaga bencana sering mendapatkan informasi dari BMKG lalu sering mendapatkan informasi bencana alam yang terjadi seperti longsor, banjir, angin puting beliung diberbagai wilayah yang berbeda, membuat saya tergugah untuk menulis artikel mengulas hal yang perlu dilakukan ketika kusim penghujan tiba. Bencana ini memang tidak bisa dicegah kapan terjadinya, hanya bisa antisipasi melakukan hal-hal pencegahan kemudian Siaga bencana, memperdalam pegetahuan pertolongan diri ketika menghadapi bencana. berikut ini beberapa hal yang menurut saya perlu dilakukan antara lain.

1. Berdoa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga hujan ini keberkahan, dijauhkan dari Bencana
Ketika sedang hujan lebat berhari-hari mereka petugas Dinas / Instansi, organisasi kemanusian yang tupoksi di bencana dan tentunya masyarakat umum berdoa agar aman terkendali tidak ada bencana.

2. Menanam Pohon Tanaman, ini memanfaatkan air hujan ngalap berkah, tinggal tanam disirami air hujan, mudah-mudahan tumbuh subur dan saat musim kemarau berbuah bisa memanen hasilnya, manfaatkan pekarangan rumah, halaman rumah bisa dengan pot, polibag, botol-botol yang tidak terpakai.
Ini juga saya lakukan dengan menanam pohon jambu dan pepaya, menanamnya pada saat musim hujan, waktu musim kemarau tiga pohon pepaya saya berbuah. tanaman lain menggunakan polibag dan botol, berupa tanaman cabe, tomat. sempat saya foto buah pepaya yang sudah berbuah, bisa dilihat pada postingan pelajaran dari menanam dan merawat tanaman

nanam cabe dipolibag
3. Menjaga Kebersihan / Saluran Air, ini yang membuat rawan banjir karena kesadaran yang kurang, seperti menjaga kelancaran saluran air, lalu membuang sampah sembarangan disungai, ingat lho ya kalau banjir itu kesusahan jadi ingat pula menjaga kebersihan saluran air got, kali, sungai.

4. Memelihara Ikan, ini sepertinya sepele tapi penting juga dilakukan dimusim penghujan, karena ketika musim penghujan tiba, mulai muncul nyamuk bertelur dibak mandi dan genangan lain, dengan memelihara iklan bila perlu masukan dibak mandi biar memakan jentik nyamuk, dengan cara ini memutus populasi nyamuk, beda dengan obat nyamuk kadang cuma mabok hidup lagi, cuma terusir sementara nanti datang lagi menelurkan jentik nyamuk dimana-mana, populasi semakin bertambah. saya sendiri melakukan hal ini dengan menaruh ikan yang murah dipasaran beli 4 ribu dapat dua saya taruh dibak mandi, awalnya terlihat jentik nyamuk sekarang habis, bak mandi bersih dari jentik nyamuk.

Baca Juga





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 4 Hal yang Perlu dilakukan Ketika Musim Penghujan

2 komentar:

  1. Menjaga kesehatan juga mas
    karena biasanta musim penghujan gini rentan kena flue d

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya benar mas, terimakasih sudah mengingatkan.

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung