Peralatan Snorkeling Lebih Baik Beli Daripada Sewa, Apa Alasannya?

Peralatan Snorkeling Lebih Baik Beli Daripada Sewa, Apa Alasannya?

Baru-baru ini snorkeling di Indonesia mulai banyak diminati oleh para pelancong. Hal ini tak lepas dari keindahan bawah laut yang dimiliki perairan Indonesia. Biasanya di wilayah perairan Indonesia seperti pantai maupun mata air disediakan perlengkapan untuk menyelam. Namun sebaiknya bagi para penggemar snorkeling atau aktivitas menyelam di bawah laut memang sudah sepantasnya memiliki sendiri peralatan snorkeling pribadi. Ini dia alasannya:

- Kita tidak tahu atau sulit untuk menebak seperti apa kualitas peralatan yang disewakan di tempat tujuan.

- Belum tentu ada tipe atau ukuran yang cocok untuk kita.

- Tempat penyewaan seringkali kehabisan stock sewaan di musim-musim liburan.

- Tour guide mungkin saja kelupaan menyewakan peralatan untuk Anda.

- Lebih ekonomis membeli sendiri karena dapat dipakai berkali-kali.

- Lebih nyaman dan lebih terjamin perawatannya.

- Sudah tersedia dimanapun, termasuk toko atau situs jual beli online.

Sebelum membahas lebih lanjut bagaimana cara perawatan perlengkapan snorkeling. Berikut ini adalah beberapa macam perlengkapan yang harus Anda pakai ketika Anda melakukan kegiatan snorkeling:

1. Masker.
Masker memiliki fungsi untuk melindungi bagian wajah terutama mata agar tidak perih ketika terkena air laut. Masker ini tidak beda jauh dengan kacamata renang (googles), hanya saja lebih lebar dan lebih rapat sehingga Anda dapat melihat obyek biota laut dengan mudah dan jelas. Pada bagian sisi masker terdapat lubang yang berfungsi untuk memasang snorkel (alat bantu pernafasan). Saat menggunakan masker, penyelam hanya diperbolehkan bernafas melalui mulut saja karena jika bernafas dengan hidung maka masker akan berembun.

2. Snorkel.
Snorkel merupakan peralatan snorkeling yang utama. Snorkel ini berbentuk pipa sederhana yang berfungsi sebagai alat bantu pernafasan Anda selama berada di bawah air. Dengan bantuan alat ini, Anda bisa berada di bawah air lebih lama daripada dengan menahan nafas saja. Snorkel memiliki dua bagian yaitu pelindung mulut dan selang udara. Sebaiknya pilih selang yang tidak terlalu panjang agar penyelam tidak menghirup kembali karbondioksida yang tertahan pada selang.

3. Kaki katak.
Kaki katak merupakan sejenis alas kaki yang dipakai untuk mempermudah kegiatan menyelam dalam air. Sesuai dengan namanya, alas kaki ini memiliki bentuk seperti kaki katak. Sistem kerjanya adalah untuk menambah daya dorong kaki saat menyelam sehingga Anda lebih mudah meluncur di dalam air. Pastikan jika membeli kaki katak, ukurannya disesuaikan dengan kaki Anda karena jika tidak maka akan terasa tidak nyaman.

Karena air laut bersifat korosif, maka peralatan snorkeling harus dibersihkan dan dirawat dengan baik agar nantinya tidak mudah rusak dan tetap awet. Setelah selesai menggunakan peralatan tersebut untuk snorkeling segera bersihkan dengan air tawar yang mengalir dari kran selama beberapa saat. Hal ini bertujuan untuk menetralkan kadar natrium yang menempel pada peralatan. Selain itu membersihkan dengan air mengalir juga berguna agar peralatan terbebas dari pasir.

Jika akan disimpan dalam waktu yang lama atau tidak dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama sebaiknya peralatan snorkeling dibersihkan terlebih dahulu sebelum disimpan atau saat akan dipakai kembali. Untuk mencuci peralatan tersebut bisa dengan cairan khusus, air cuka misalnya. Namun dengan menggunakan air hangat dan sabun mandi cair juga sudah cukup membersihkan. Pastikan untuk memeriksa semua bagian peralatan untuk snorkeling, setelah itu jemur dengan cara diangin-anginkan saja tidak perlu dijemur di bawah terik matahari.




Cari Tool Internet Marketing, Tool Facebook, Tool Instagram, Tool Youtuber dan Informasi Produk Digital Indonesia Terbaru Lainnya Selengkapnya disini Blog Review Produk Digital Indonesia



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Peralatan Snorkeling Lebih Baik Beli Daripada Sewa, Apa Alasannya?

4 komentar:

  1. waktu pergi ke Raja Ampat, maksain beli semua peralatan snorkeling setahun lalu, sekarang mau dijual malah udah seminggu diiklanin di toko online malah belum ada yang minat deh tuh

    ReplyDelete
  2. pangsa pasarnya mungkin mas, coba dijual dikomunitas pecinta snorkeling mas

    ReplyDelete
  3. tapi kalo beli kan mahal, trus pakai nya jarang. rugi gak sih? hehe..

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung