Obeng yang Tepat Bisa Dipilih dengan 4 Tips Cermat Berikut Ini


Bagi seorang tukang tentu nantinya akan sering mempergunakan berbagai peralatan, dan salah satunya adalah obeng. Alat pertukangan satu ini tentu dikenal luas oleh masyarakat sebab selain mewarnai pekerjaan pertukangan kadang juga akrab untuk kegiatan rumah tangga. Pemasangan baut dan lain sebagainya tentu membutuhkan alat kerja jenis ini, supaya semakin mudah, cepat, sekaligus lebih rapi. Memilih alat kerja jenis ini pun baiknya tidak sembarangan sebab pilihan di pasaran ternyata sangatlah banyak.

Selain oleh tukang, alat kerja satu ini juga diperlukan oleh mereka yang membuka bisnis jasa misalnya tukang service elektronik maupun jasa bengkel. Keberadaannya mampu mempermudah proses perbaikan dan pembongkaran berbagai jenis komponen yang menyusun sebuah elektronik. Begitu pula untuk pemasangan guna memastikan semua baut terpasang dengan benar dan kuat supaya tidak mudah lepas, resiko terjadi kerusakan yang serupa pun dipastikan bisa dihindari.

Tips Memilih Pembuka Baut yang Tepat

Dalam memilih alat kerja satu ini juga dianjurkan untuk tidak sembarangan, baik ketika membelinya secara langsung ke toko perkakas. Maupun menimbang membelinya secara online melalui situs belanja online terpercaya yang menjadi langganan Anda berbelanja. Ada banyak tempat yang bisa dituju untuk memenuhi kebutuhan perangkat kerja multifungsi ini, sehingga pilih tempat terbaik dan terpercaya.

Kemudian menentukan pilihan alat kerja obeng ini baiknya memperhatikan beberapa point penting berikut, sehingga tidak merasa kecewa:

Memilih jenis yang pas dengan kebutuhan,
Alat pembuka dan pemasang baut ini sebenarnya hadir dalam berbagai tipe, dilihat dari bentuk ujungnya. Ada jenis obeng plus ada pula yang minus, terdapat pula jenis lain seperti sok dan juga kunci L yang biasanya digunakan untuk membuka dan memasang baut berbentuk segi empat sampai segi enam. Jenis alat pembuka baut yang dipilih baiknya memang disesuaikan kebutuhan sehingga tidak asal beli supaya tidak mubadzir karena tidak bisa dipakai bekerja.

Ukuran yang pas dengan jenis pekerjaan,
Ukuran baut sangat beragam maka jangan heran jika ukuran dari alat pembuka bautnya pun ikut beragam pula. Selain bentuk ujung yang berbeda ukuran diameter dan juga panjang dari alat pembuka baut ini terdapat beberapa pilihan. Ada yang sangat kecil sehingga sangat cocok untuk membuka baut-baut kecil yang terdapat di komponen elektronik. Namun ada pula yang sangat besar untuk baut yang terdapat di sebuah mobil ataupun kendaraan besar lainnya.

Pastikan terbuat dari material yang bagus,
Antara ujung dan bagian pegangan pada alat pembuka baut ini dibuat dari jenis material yang berbeda. Secara umum bagian ujung terbuat dari material logam dan beberapa mengandalkan stainless karena memang tahan lama dan tahan karat. Sementara untuk pegangan mayoritas memakai material plastik yang tebal dan kuat sehingga tampil dengan berbagai pilihan warna. Baiknya teliti jenis materialnya dan pastikan cukup kuat supaya nyaman dipakai sekaligus tahan lama.

Cek kondisinya apakah sempurna atau ada cacat,  Sebelum dibayar di meja kasir pastikan kondisi alat pembuka baut ini sempurna, ujungnya memiliki bentuk yang jelas. Misalnya untuk jenis minus pastikan garis ujung lurus bukannya berbelok untuk memastikan bisa membuka baut dengan mudah tanpa selip. Kondisi perangkat kerja satu ini yang bagus tentu memastikan akan semakin mudah digunakan, resiko baut menjadi aus dan rusak bisa dihindari. Kalaupun membeli obeng di sebuah toko online tanyakan dulu detail kondisinya dan pilih toko terpercaya.

Baca Juga





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Obeng yang Tepat Bisa Dipilih dengan 4 Tips Cermat Berikut Ini

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung