Hal-hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum dan Sesudah Olahraga Futsal


Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang, diantaranya adalah melakukan kegiatan-kegiatan yang sudah menjadi hobby. Dengan travelling atau juga olahraga. Sebagian banyak masyarakat memang lebih senang menghabiskan waktu liburnya dengan olahraga. Apalagi untuk mereka yang memiliki serangkaian jadwal padat setiap harinya, sehingga jarang berolahraga. Padahal gaya hidup sehat tetap penting diterapkan agar bisa hidup lebih lama. Sebagian banyak diantara olahraga tersebut juga masuk kategori olahraga berkelompok yang bisa dilakukan bersama-sama, sebut saja diantaranya adalah olahraga futsal.


Futsal ini tak jauh berbeda dibandingkan dengan sepakbola, hanya saja dimainkan dalam lapangan yang lebih kecil dan juga jumlah pemain yang lebih sedikit. Banyak diantara kaum adam yang menggemari olahraga tersebut, karena selain menyenangkan juga bisa membuat mereka lebih akrab dengan sahabat yang lainnya, membentuk kerjasama tim lebih baik dengan anggota atau rekan kerja. Namun sebagaimana olahraga yang lainnya tentu tak akan bisa dapatkan manfaat yang optimal jika tak dilakukan secara benar.

Berikut ini ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan ketika bermain futsal, diantaranya adalah:

1. Makan setidaknya 3 atau 2 jam sebelum bertanding, jenis makanan yang dapat dikonsumsi sendiri juga tak boleh sembarangan. Yaitu beberapa jenis menu makanan yang banyak mengandung karbohidrat, fungsi utamanya adalah sebagai sumber tenaga. Namun pastikan mengkonsumsi dalam jumlah yang proporsional, jangan terlalu berlebihan sehingga menganggu pencernaan Anda ketika bertanding nantinya.

2. Melakukan pemanasan terlebih dahulu, pemanasan ini bertujuan untuk membuat tubuh lebih siap ketika berolahraga. Dengan pemanasan nantinya otot-otot tubuh menjadi lebih lemas, sehingga bisa mengurangi resiko cidera dan juga kram ketika tengah berada di tengah lapangan hijau. Pemanasan bisa dilakukan setidaknya 5 menit sebelum pertandingan dimulai.

3. Jangan mengkonsumsi minuman berenergi, banyak sekali memang produk minuman berenergi yang dijual di pasaran dengan fungsi untuk meningkatkan denyut jantung sehingga tubuh terasa selalu bersemangat, namun hal ini hanya akan membuat Anda menjadi ketergantungan dan juga kurang bagus untuk kesehatan ginjal.

4. Saat tengah berolahraga dan haus, lebih disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi air putih, sebanyak apapun jumlahnya tidak menyebabkan efek samping berbahaya, justru baik dalam mengisi kembali cairan tubuh yang sudah hilang.

5. Selesai futsal tidak dianjurkan untuk langsung mandi, ingat bahwa keringat masih banyak keluar, jika langsung mandi menyebabkan keringat yang sebenarnya masih harus keluar terhambat di dalam tubuh, dampak jangka panjangnya sangat berbahaya bagi kesehatan.

Setidaknya itulah beberapa catatan penting yang harus diperhatikan ketika olahraga futsal. Olahraga yang satu ini bisa dilakukan untuk membentuk kerjasama yang lebih baik dengan teman atau rekan kerja.

Baca Juga





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Hal-hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum dan Sesudah Olahraga Futsal

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung