Bingung Memilih antara Beli TV LED atau TV Oled?


 Akhir-akhir ini memang banyak konsumen yang lebih memilih TV LED dibanding Tv LCD. Hal tersebut tidak lepas dari sejumlah kelebihan yang dimiliki LED TV seperti kemampuan menghasilkan tingkat kontras yang lebih tinggi, juga lebih ramah lingkungan, dan daya listrik lebih rendah.

Namun selain itu, juga muncul jenis tv OLED (Organic Light-Emitting Diode). TV OLED adalah TV yang pancarannya menggunakan lapisan elecroluminuscent. Memang varian televisi ini merupakan jenis yang lebih baru dibanding TV LED. Jadi, mungkin di sebagian masyarakat belum familiar.

Kalau misalnya Anda dihadapkan antara memilih beli TV LED atau TV OLED, manakah yang akan Anda pilih?

Sebelum memutuskan lebih baiknya kita pertimbangkan terlebih dulu keunggulan dari TV OLED dan TV LED tersebut. Berikut ini ulasannya.

Kelebihan dari TV OLED:

- Ukurannya sangat tipis karena setiap pixel (dot) merupakan sumber cahaya sendiri. Karena itulah tidak diperlukan adanya backlighting. Bahkan kalau Anda pertama kali melihatnya mungkin akan bergumam,"wah tipis sekali tv ini!". Jika dibandingkan dengan TV LED, TV OLED ini lebih tipis.

- Rasio kontras yang lebih lebih tinggi. Akibatnya tingkat kecemerlangan gambar juga lebih tinggi.

- TV OLED jauh lebih hemat energi.

Beberapa keunggulan TV LED:

- Memiliki tingkat kontras yang lebih bagus dibandingkan dengan TV LCD.

- Layar lebih terang, dengan variasi warna yang lebih kaya dan hidup.

- Ukurannya tipis dan cukup ringan, sehingga jenis TV ini mudah untuk dipasang di dinding.

- Ramah lingkungan karena konsumsi listrik yang lebih sedikit.

Jika disajikan keunggulan kedua jenis TV ini mungkin Anda akan bingung memilih yang mana. Mungkin Anda juga sudah melakukan survei ke tempat jual tv led. Kalau kemudian yang Anda pertimbangkan adalah harga, maka TV LED lebih murah dibandingkan dengan TV OLED.

Tapi kalau secara kualitas, jelas TV OLED itu lebih unggul dibanding TV LED. Maklum, teknologinya juga lebih baru sehingga memang lebih canggih.

Namun dengan harga TV led murah menjadikannya tetap lebih laris dibanding dengan TV OLED. Bahkan sejumlah pabrik televisi masih mengandalkannya sebagai produk andalan.

Jika melihat data dimana penjualan TV LED terjual sekitar 600 ribu sampai 700 ribu unit di tahun 2016, hal itu memang menyajikan kenyataan bahwa harga yang murah menjadikan produk ini tetap digemari.

Tidak saja pembeli TV LED itu datang langsung ke toko TV, tapi banyak juga yang memilih untuk membeli online seperti melalui situs JD.ID. Untuk tahun 2017 ini diramalkan penjualan televisi melalui internet akan mencapai 5 persen. Angka tersebut diprediksi meningkat dari sebelumnya yang hanya 1 persen.

Optimisme ini sangat beralasan. Sebab adanya program pengadaan 1 juta rumah, akan ikut mendongkrak penjualan televisi. Terlebih lagi dengan kemudahan untuk membeli tv secara online, membuat penjualannya lewat internet akan mengalami peningkatan.

Mengenai penjualan online di Indonesia memang terus mengalami kenaikan. Di tahun 2014 lalu peningkatannya mencapai 145 persen, kemudian di tahun 2015 meningkat menjadi 137 persen, dan di tahun 2016 terjadi peningkatan sebanyak 126 persen. Diperkirakan di tahun 2017 ini peningkatan penjualan via internet akan mencapai 122 persen.

Dan kemungkinan besar, hal juga akan berimbas pada penjualan televisi lewat internet. Meski makin banyak pilihan merek maupun tipe pesawat televisi, namun konsumen akan mudah untuk memilihnya lewat internet dari tempat duduk bisa mencari toko online yang jual TV Murah. Dengan kekuatan internet ini pula, siapapun akan mudah membeli tipe merek apapun meski TV tersebut awalnya tersedia di daerah lainnya.





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bingung Memilih antara Beli TV LED atau TV Oled?

0 komentar:

Post a Comment

Mari berdiskusi, tinggalkan komentar , dengan koreksi, saran dan masukan sobat, semoga postingan kali ini lebih bermanfaat untuk pembaca lainnya.