Hikmah Ikut Ujian Pembuatan SIM dan Pelajaran Lainnya



Punya pengalaman karena mobil sudah tidak punya dulu pakai mobil orang tua, malas juga perpanjang SIM A nya, eh selang satu tahun punya mobil sendiri SIM nya sudah habis dan harus diperpanjang buat kenyamanan berkendara.

Ada beberapa hal yang menjadi perhatian dan pembelajaran saya dalam proses pembuatan perpanjangan SIM dimana karena sudah habis, aturannya seperti membuat baru lagi.

Nah disini ada hal yang cukup merepotkan saya harus beberapa kali ijin kerja untuk mengurus SIM, karena beberapa kali gagal,(bodoh sekali saya) tapi terdapat hikmah dari proses pembuatan SIM

1. Mengikuti ujian dimana jawabannya betul dan salah, tapi tidak lulus, ujian sampai dua kali baru lulus, ternyata meski sudah tahu mengendarai aturan lalu lintas bisa saja kita lupa, dan terkadang benar itu menurut sendiri tidak mengetahui aturan yang berlaku, seperti misal dalam parkir tidak boleh ditikungan dan lainnya.

2. Tujuan mengikuti ujian Pembuatan SIM tidak lain memahami aturan lalu lintas, sehingga dalam prakteknya berkendara mengikuti aturan yang sudah ada. saya sendiripun sedikit banyak jadi tahu, jadi ikut ujian SIM merasakanlah manfaatnya.

3. Menjadi perhatian saya ketika SIM mau habis, segera membuat perpanjangan, kalau tidak bisa repot nanti mengikuti ujian SIM lagi, sudah tua sudah malas mikir, sebenarnya sih tidak begitu masalah tapi kalau lagi tidak ada kerjaan, kalau bagi seorang karyawan ini bisa jadi masalah, kerjaan menumpuk karena ditinggal mengurus SIM.

Maka dari itu solusi instan dibutuhkan para pemohon SIM, mereka mungkin sebenarnya bukannya tidak mau ribet juga tapi waktu, kemudian malas mikir ikut ujian maka munculah mencari cara membuat SIM tembak, bikin sim C lewat biro jasa, mencari jasa buat SIM, meski harganya lebih mahal dari harga sesuai aturan, tidak menjadi masalah. dari pada ujian gagal bolak-balik ke Kantor Satlantas buat ngurus SIM.

4. Dari sini muncul, dimana disitu ada kesulitan disitu ada peluang, maksudnya adalah disitu ada kesulitan dalam ujian SIM maka ada orang yang tidak mau ikut ujian. kemudian cari cara menggunakan jasa biro. karena siapa sih yang tidak mau praktis.

Saran dan masukan saya tentang pembuatan SIM.

Dari pengalaman kemarin pembuat SIM tahun 2016, aturannya sudah bagus, tetapi saya merasa sulit karena harus beberapa kali ijin kerja untuk mengikuti ujian dan antrian.

Pandangan saya, SIM adalah untuk pengembangan diri, dimana dengan SIM tersebut kita memiliki ketrampilan mengemudi, bisa untuk melamar kerja, dan memberikan rasa nyaman karena tidak kena tilang kalau menemui operasi, bisa dibayangkan jika ada pikiran seperti ini, wah buat SIM susah, malas ah buat SIM, ini buat orang tersebut tidak berkembang, mau mengemudi jadi was-was dan akhirnya ya sudah berdiam diri, padahal ketrampilan mengemudi ini penunjang dibutuhkan.

Kalau melalui ujian saya yakin ada peluang jelek, karena dimana ada kesulitan disitu ada peluang intinya berpeluang ujung-ujungnya duit, jadi sangat sulit sekali untuk bersih, karena tujuan ujian SIM itu agar pengendara memahami aturan lalu lintas kemudian diberikan surat ijin mengemudi, kenapa ujian SIM tidak diganti saja dengan sosialisasi, pemohon SIM diberi brosur aturan berlalu lintas yang benar. intinya agar pemohon SIM jadi paham berlalu lintas.

Ada pertanyaan bagi pemohon SIM baru, kalau tidak melalui tes rentan/ minim pengalaman berkendara berbahaya, sekarang fungsi SIM sepertinya pandangan masyarakat agar tidak ditilang jadi memberikan rasa nyaman, justru kalau tidak punya SIM  was-was, kalau sudah begini berkendaranya juga tidak konsentrasi karena takut ditilang.

Pengendara inginnya selamat dalam perjalanan, mau itu punya SIM ataupun tidak, pastilah tidak mau celaka,

Jadi Kesimpulannya, menurut saya pemohon sim sebagai syarat memiliki SIM wajib ikuti sosialisasi peraturan lalu lintas berkendara terlebih dahulu, baru ikut ujian SIM.

Pemohon SIM Baru belum punya pengalaman berkendara sudah ikut tes, saya rasa akan kesulitan.




Anda sedang tertarik mempelajari bagaimana menghasilkan dollar dari internet, Anda dapat pelajari dipostingan, klik disini Ulasan Lengkap kumpulan peluang menghasilkan dollar dari internet





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Hikmah Ikut Ujian Pembuatan SIM dan Pelajaran Lainnya

0 komentar:

Post a Comment

Mari berdiskusi, tinggalkan komentar , dengan koreksi, saran dan masukan sobat, semoga postingan kali ini lebih bermanfaat untuk pembaca lainnya.