Pengalaman Berbisnis Toko Online Jual Produk Branded





Mudahnya berjualan online sepertinya membuat penjual online terus tumbuh sehingga persaingan semakin bertambah ketat, bagaimana tidak mudah dari depan komputer ataupun smartphone bisa dikerjakan dari rumah jangkaunnya lebih luas jika dibandingkan dengan bisnis offline.

Cuman dalam realitanya karena keterbatasan pengetahuan dan modal karena keberhasilan juga ditentukan dengan strategi promosi yang dijalankan, keberhasilan para pebisnis toko online ini diraih berbeda-beda caranya, ada yang menyerah berhenti putus asa karena belum berhasil menjual satu pun, ada yang terus asyik jualan online karena tiap hari closing, dapat order uang masuk, kirim paket, lebih enaknya lagi tinggal telephone akspedisi, petugas datang dari rumah.



Saya punya pengalaman jualan online, pada kesempatan kali ini akan saya share mudah-mudahan ada hal-hal yang bermanfaat yang bisa diambil pelajaran, simak ulasannya berikut ini

Ini sebuah opini, meski sebenarnya dari pengalaman, jangan dijadikan patokan, pernah jualan produk branded ternyata cukup bagus. kenapa saya sebut opini karena dalam berbisnis toko online cara yang sama hasilnya tidak sama. Jadi saya lakukan seperti ini berhasil belum tentu orang lain melakukan hal yang sama berhasil.

Kalau diera sebelum internet tumbuh seperti sekarang ini, produk branded seperti tas pria branded, tas wanita branded, baju dewasa anak branded hanya bisa ditemui di mal-mal yang hanya ada di kota kota besar.

Sekarang seiring pertumbuhan meningkatnya pengguna internet dan munculnya toko online besar di Indonesia, produk branded dengan mudah bisa didapatkan.

Mau tinggal di daerah pedalaman sekalipun bisa memiliki produk branded dengan mudah, asal ada koneksi internet orang tinggal pilih produk branded yang disukainya melalui handphone android, ada suka lanjut order, transfer dan barang dikirim sampai kerumah.

Baca juga : Tas Branded Online shop lebih murah

Majunya teknologi internet ini pun terus dikembangkan hingga reputasi jualan online meningkat, calon pembeli online dibuatnya nyaman, sehingga tidak khawatir lagi pesanannya tidak sampai kerumah, sepertinya misalnya ordernya online pembayarannya bisa bayar ditempat pada saat barang sampai.

Tentang produk branded, Kenapa memilih produk branded untuk jualan online padahal terkesan mahal, kemudian calon pembeli online ini sepertinya hanya kalangan tertentu dan calon pembeli produk branded belum lihat produknya secara langsung.

Berikut alasan kenapa memilih produk branded untuk jualan online, diantaranya :

1. Targetnya kalangan menengah keatas.

Ilustrasinya  orang punya duit cari info di internet tidak sekedar cari tahu saja habis itu selesai, tetapi orang punya duit ada yang disukainya di beli, toko online yang jual tas pria branded, kemudian menemukan toko online ada yang suka berpeluang tidak lama karena ada duitnya jadi ya banyak belinya.

Pernah saya ikut-ikutan jualan produk branded, melihat kesuksesan adik, saya tanya suppliernya kemudian saya kontak langsung memberitahu kalau mau jualan mau jadi resseler, saya coba buka toko online dan ternyata berhasil kurang lebih bisa menjual tas dengan harga antara 500 sampai 1,5 juta sebanyak lebih dari 100 pcs, sebelumnya sempat berpikiran pesimis juga harga mahal apa ada yang beli, ternyata ada juga, ngobrol-ngobrol sebentar deal, uang ditransfer. bahkan pernah menemui ada yang beli 5 tas sekaligus.

2. Karakter Calon Pembeli

Calon pembeli produk branded ini sepertinya kaum intelek yang berpendidikan, jadi tidak begitu kesulitan, artinya dalam komunikasi ini cepat nyambung.

3. Produk Branded seringkali hanya ada dikota kota besar.

Dari pertimbangan tersebut itulah kenapa memilih produk branded untuk  jualan online. Karena kalau berbisnis offline  tiap daerah memiliki prospek yang berbeda-beda. misalnya didaerah kecil supplier produk branded mempertimbangkan untuk membuka outlet di kota kecil karena peminatnya kecil.

Dari sinilah meski kota kecil sebagian orang didaerah tersebut juga membutuhkan produk branded untuk kebutuhan gaya hidupnya, misalnya para pejabat dipemerintahan, para pengusaha sukses untuk penunjang penampilannya membutuhkan tas pria branded misalnya, karena dikotanya tidak ada yang jual, belinya diluar kota, sekarang ini lebih mudah bisa membeli secara online. Jadi begitulah kelebihan menjual secara online produk branded.

Berikut sekilas cerita pengalaman saya jualan online produk branded, saya urutkan dari awal dan proses bagaimana saya menjalankan toko online

1. Mendengarkan cerita adik yang sukses jualan produk branded

2. Saya pelajari konsep jualan onlinenya

3. Saya cari tahu suppliernya

4. Saya ikuti cara adik saya memulai dengan membuat akun instagram, memulainya follow sebanyak-banyaknya harapannya ada followback, bagi yang sudah berhasil, mereka menyisihkan anggaran untuk membayar jasa tambah follower sehingga tambah maju, sedangkan saya hanya mengandalkan gratisan saja.
Dengan cara gratisan saja waktu itu tidak begitu lama, sudah berhasil menjual beberapa tas, pernah dalam sehari bisa dua sampai tiga.

Artikel lainnya : Cara Jualan di Instagram Lebih Power Full Sebuah Terobosan Baru

5. Jualan instagram sasarannya hanya pengguna instagram, saya kembangkan cara jualnnya dengan membuat website, tujuannya agar mendapatkan calon pembeli yang berasal dari mesin pencari google, saya optimasi dan lumayan kata kunci tertentu berhasil masuk, mendapatkan pengunjung dari mesin pencari google, sehari dapat kunjungan 100 - 200 dari mesin pencari google.

Artikel lain : Hasil Ketika Artikel Bisnis mendapatkan posisi dihalaman pertama google

6. Konsisten update stok produk dan membuat artikel review ke website toko online dan share dimedia sosial

Akan tetapi usaha tidak selalu berjalan lancar, ada kendala, seperti persaingan kian hari makin banyak yang jualan produk branded sejenis, kemudian istri sebagai customer service admin kurang fokus, dan saya sebagai tenaga teknis pengelolaan website dan akun instagram juga punya pekerjaan lain, akhirnya berhenti.

Demikian sharing pengalaman hari ini, mudah-mudahan bermanfaat





Cicipi Kopi dari Pertanian Lereng Gunung Slamet, Kopi Gunungsari, 100% Kopi Bubuk Murni diolah secara tradisional dari biji kopi pilihan untuk menciptakan rasa kopi yang lebih alami pesan sekarang klik disini Kopi bubuk Murni Gunungsari Harga 25ribu Pemesanan Kopi Gunungsari Telp/sms : 0896 7299 7768 WA : 0856 4093 0969



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengalaman Berbisnis Toko Online Jual Produk Branded

0 komentar:

Post a Comment

Mari berdiskusi, tinggalkan komentar , dengan koreksi, saran dan masukan sobat, semoga postingan kali ini lebih bermanfaat untuk pembaca lainnya.